---
Oleh: I Gede Sugata Yadnya Manuaba
πΈ TRANSLITERASI
Berikut adalah transliterasi dalam Latin (ejaan dimurnikan tanpa mengubah makna lirik):
---
π️ Bagian 1 (Atas)
// Dira \\ Dira Manungsa yaiku saka endhoge
Saka banyune lan getihe saka banyune lan getihe
Dumadine manungsa iku saka banyune banyu putih
Banyune putih wujude banyu banyu suci banyu langit banyu banyu
Banyu banyu banyu banyu banyu banyu banyu
Dumadine manungsa iku saka banyune banyu banyu
---
π Bagian 2 (Tengah)
// Dira \\ Dira Manungsa saka banyune banyu banyu banyu
Wujude banyu banyu putih banyu langit banyu banyu
---
π Bagian 3 (Bawah)
// Dira \\ Dira Manungsa saka banyune banyu banyu
Banyu banyu banyu banyu
Banyu banyu banyu suci banyu
---
πΈ MAKNA TEOLOGIS DAN MISTIS
Tulisan ini merupakan puisi mistik (suluk) dengan tema asal-usul spiritual manusia dari unsur “banyu” (air) — simbol dari:
π 1. Air Sebagai Asal-Usul Kehidupan
Kata "banyu" diulang-ulang, menunjukkan pentingnya elemen air sebagai inti penciptaan dalam spiritualitas Jawa.
Dalam Hindu, air (apah) adalah salah satu dari paΓ±camahΔbhΕ«ta (lima elemen agung) yang membentuk semesta dan tubuh manusia.
π 2. Banyu Putih – Banyu Langit – Banyu Suci
Banyu putih melambangkan kesucian sperma atau sari hidup yang bersih.
Banyu langit merupakan simbol air spiritual dari alam tinggi (kosmis), seperti soma dalam Weda — cairan keabadian.
Banyu suci mengarah pada air pembersih rohani, sejajar dengan tirtha (tirta) dalam tradisi Hindu-Bali.
𧬠3. Manungsa Saka Endhog lan Getih (Telur dan Darah)
Merujuk pada proses penciptaan biologis dan spiritual:
Endhog (telur) = benih asal mula.
Getih (darah) = simbol vitalitas dan ikatan kehidupan.
π§♂️ 4. Simbol Dira
Awalan "// Dira \" menunjukkan identitas spiritual — "Dira" dapat ditafsirkan sebagai jiwa, roh, kesadaran diri (Atma).
Dalam teologi Hindu, sepadan dengan Δtman — inti diri yang tak lahir dan tak mati, yang membedakan manusia dari sekadar tubuh jasmani.
---
πΈ KESIMPULAN MAKNA
Teks ini adalah bentuk pengingat spiritual yang mengandung ajaran:
Kesadaran akan asal-muasal ruhani manusia, bukan hanya dari tubuh fisik tetapi juga dari substansi suci (air langit, air suci).
Pengulangan “banyu” adalah mantra simbolik untuk menyucikan, menguatkan kesadaran spiritual dan meneguhkan asal-usul ilahi manusia.
Mengajarkan kesadaran tentang kesucian asal, sehingga manusia tidak lalai dari fitrah sucinya dan selalu kembali ke “pancer” (pusat jiwa).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar