Sabtu, 19 April 2025

Bhakti dan Bhisama Ida Bhatara Hyang Sinuhun Siwa Putra Parama Daksa Manuaba

Bhakti dan Bhisama Ida Bhatara Hyang Sinuhun Siwa Putra Parama Daksa Manuaba: Pelestari Tunggil Kawitan dan Spiritualitas Dharma Smṛti dalam Tradisi Hindu Bali

Oleh: I Gede Sugata Yadnya Manuaba

Abstrak:
Dalam kepercayaan Hindu Bali, keberadaan tokoh spiritual seperti Ida Bhatara Hyang Sinuhun Siwa Putra Parama Daksa Manuaba memiliki peran penting dalam penguatan identitas spiritual dan kekerabatan leluhur. Beliau dipandang sebagai pelopor tunggil kawitan bagi pretisentana Panca Rsi, serta inisiator berdirinya Pura Panataran Agung Catur Parhyangan Ratu Pasek di Pundukdawa, yang merupakan tempat suci linggih Ida Bhatara Mpu Gana. Artikel ini menelaah kontribusi beliau secara filosofis dan historis dalam konteks pembangunan spiritual masyarakat Bali, khususnya melalui Pura Kahyangan Dharma Smṛti sebagai pusat pemujaan utama beliau.

Pendahuluan:
Dalam tatanan spiritual masyarakat Bali, tokoh leluhur atau Dewa Hyang memainkan peran sentral sebagai jembatan antara manusia dan Tuhan. Salah satu tokoh yang memiliki pengaruh besar adalah Ida Bhatara Hyang Sinuhun Siwa Putra Parama Daksa Manuaba dari Griya Agung Bangkasa. Beliau bukan hanya disucikan sebagai roh agung, tetapi juga dikenang atas dharma bhakti dan bhisama (amanat suci) yang menyatukan warih pretisentana Panca Rsi melalui pemujaan kolektif di Pura Panataran Agung Catur Parhyangan Ratu Pasek Linggih Ida Bhatara Mpu Gana di Pundukdawa. 

Sebagai bentuk penghormatan dan pemuliaan, dibangunlah Pura Kahyangan Dharma Smṛti sebagai tempat pemujaan utama untuk beliau (Ida Bhatara Hyang Sinuhun Siwa Putra Parama Daksa Manuaba). Dalam konteks ini, pelestarian nilai spiritual melalui simbol-simbol suci dan ruang sakral menjadi bentuk konkret dari spiritualitas turun-temurun yang hidup dalam masyarakat Hindu Bali.

Kutipan Sloka:
Sanskerta:
“न मृत्युरासीदमृतं न तर्हि न रात्र्या अह्न आसीत्प्रकेतः।
आनीदवातं स्वधया तदेकं तस्माद्धान्यन्न परः किं चनास॥”

Transliterasi:
“Na mṛtyurāsīdamṛtaṁ na tarhi na rātryā ahna āsītpraketaḥ।
Ānīdavātaṁ svadhayā tadekaṁ tasmāddhānyanna paraḥ kiṁ canāsa॥”

Makna:
“Pada awalnya tidak ada kematian ataupun keabadian, tidak ada siang ataupun malam. Hanya ada satu nafas tanpa udara yang ada dengan kekuatan-Nya sendiri. Selain itu tidak ada apa pun.”
— Ṛgveda X.129.2 (Nāṣadīya Sūkta)

Sloka ini menjelaskan eksistensi awal dari semesta dan kehadiran kekuatan tunggal yang berdiri sendiri — konsep yang sejajar dengan kepercayaan akan Ida Bhatara Hyang sebagai manifestasi kekuatan spiritual yang menyatukan leluhur dalam satu kesadaran ilahi.

Pembahasan:
Ida Bhatara Hyang Sinuhun Siwa Putra Parama Daksa Manuaba dikenang bukan hanya sebagai leluhur suci, namun sebagai simbol persatuan spiritual. Dengan menyatukan pretisentana dari Panca Rsi, beliau menghadirkan rasa tunggil kawitan (persatuan leluhur) yang menjadi dasar harmoni dan identitas spiritual masyarakat Pasek.

Pendirian Pura Panataran Agung Catur Parhyangan Ratu Pasek di Pundukdawa sebagai linggih Ida Bhatara Mpu Gana merupakan wujud dari manifestasi spiritual kolektif yang memperkuat akar kepercayaan kawitan. Sementara itu, Pura Kahyangan Dharma Smṛti menjadi pusat utama pemujaan kepada beliau, sebagai bentuk pelestarian nilai bhakti dan dharma dalam kehidupan umat Hindu di Bali.

Dalam perspektif ajaran Hindu, membangun pemujaan kepada Dewa Hyang adalah bagian dari proses menyatu kembali dengan Sang Pencipta. Hal ini ditegaskan dalam berbagai lontar seperti Gayatri, Linggajati, hingga Siwa Tattwa, yang menjelaskan bahwa roh yang telah disucikan melalui upacara ngaben, memukur, dan ngelinggihang akan mencapai alam Swah Loka dan menjadi satu dengan keagungan Brahman.


Penutup:
Tokoh spiritual seperti Ida Bhatara Hyang Sinuhun Siwa Putra Parama Daksa Manuaba menjadi simbol nyata dari pengabdian dan spiritualitas suci yang mengakar dalam masyarakat Bali. Melalui dedikasi beliau dalam menyatukan warih leluhur, serta pembentukan tempat suci seperti Pura Panataran Agung Catur Parhyangan Ratu Pasek Linggih Ida Bhatara Mpu Gana di Pundukdawa, maka dibangunlah Pura Kahyangan Dharma Smṛti sebagai warisan nilai dharma, bhakti, dan rasa tunggil kawitan tetap hidup dan berkembang lintas generasi.


Berikut adalah puisi :

Bhakti lan Bhisama Ida Bhatara Hyang Sinuhun Siwa Putra Parama Daksa Manuaba Pelestari Tunggil Kawitan lan Spiritualitas Dharma Smṛti

Oleh: I Gede Sugata Yadnya Manuaba

Angin niskala ngusap tulus rasa
Dina munggaran puniki, tityang nyastra atma
Ngatur bhakti, ngidang makta
Ring Ida Bhatara Hyang Sinuhun, si Dewa Lelana,
Wisesaning kawitan, pamanah suci Panca Rsi sané wisesa.

Saking Griya Agung Bangkasa,
Mawat wangun ring jagat spiritual
Siwa Putra, Parama Daksa —
Patemon niskala ring rasa tunggil kawitan
Waris ring warih, palemahan ring yadnya.

Pundukdawa tan wenten sesampun
Tan wisesa ri tatwa kawitan
Ngadeg Pura Panataran Catur Parhyangan Ratu Pasek
Linggih Ida Bhatara Mpu Gana
Tan kelingan: suarana makna, punapi sane kadarmaang.

Na mṛtyurāsīdamṛtaṁ na tarhi
Na rātryā ahna āsītpraketaḥ
Ānīdavātaṁ svadhayā tadekaṁ
Tasmāddhānyanna paraḥ kiṁ canāsa

Saking sunyane asal muasal,
Nyublang angin swadaya,
Ida Bhatara nedunang citta:
Sangkan paraning urip,
Rahayu kawitan sane kawastanin tunggil.

Pura Kahyangan Dharma Smṛti,
Tukad suci ring tengah atma
Linggih Ida Hyang Sinuhun ring manah suci
Saksi pangidering bhakti
Saksi pujawali ring rasa paling agung.

Darma sane sujati,
Bhisama sane kadarmaang
Wetu ring nyama, ring sang lingsir, ring yowana
Makemit jnana ring kidung Swah Loka
Pangider kawitan, ring pangider rasa.

Bhatara…
Sira sampun nyujur jagat ring pamargin dharma
Waringin niskala ring kawitan pasek
Saking Pundukdawa megalang rahayu
Manunggal rasa tunggil ring sedosan pretisentana.

Ring pamedalan waktu,
Iye tan wenten sesenggakan
Panutup ring catur weda,
Pramana ring tattwa kawitan
Pangwisesa ring kawijilan putra putu Bali.

Bhisama Ida kadadosang padaging kawitan
Tan sekadar pamargin upacara
Nanging rasa, jiwatma, lan suksmaning bhakti
Sané nyarengin ring adnyana
Ngadeg ring Pura, ngadeg ring ati, ngadeg ring rasa.

Kaler ring Dharma Smṛti
Kidul ring panugrahan atma
Kangin ring rasa tunggil
Kauh ring kearifan leluhur
Nenten wenten pisan sane lingsir, punapi sane wisesa.

Saking punika,
Tityang madudonan mantram
Ngastiti bakti ring Hyang Sinuhun
Tan paturut jagat, tan paturut kala
Ananging paturut atma sane prasida tunggil.

Om Śānti, Śānti, Śāntiḥ

Berikut adalah versi bahasa Indonesia dari puisi panjang tersebut:

Bhakti dan Bhisama Ida Bhatara Hyang Sinuhun Siwa Putra Parama Daksa Manuaba Pelestari Tunggil Kawitan dan Spiritualitas Dharma Smṛti


Oleh: I Gede Sugata Yadnya Manuaba

Angin niskala menyentuh tulusnya jiwa
Pada hari suci ini, hamba menyusun kata jiwa
Memanjatkan bhakti, mengucap sujud
Kepada Ida Bhatara Hyang Sinuhun, Sang Pengelana Dewa,
Yang menata kawitan, panah suci Panca Rsi nan mulia.

Dari Griya Agung Bangkasa bersinar
Mengukir bentuk di jagat spiritual
Siwa Putra, Parama Daksa —
Pemersatu niskala dalam rasa kawitan
Warisan leluhur, pemuliaan melalui yadnya yang abadi.

Pundukdawa bukan sekadar tempat
Namun pusat tatwa kawitan
Tempat berdirinya Pura Panataran Catur Parhyangan Ratu Pasek
Linggih Ida Bhatara Mpu Gana
Tak lekang oleh waktu: pesan dan makna tersimpan dalam dharma.

> “Na mṛtyurāsīdamṛtaṁ na tarhi
Na rātryā ahna āsītpraketaḥ
Ānīdavātaṁ svadhayā tadekaṁ
Tasmāddhānyanna paraḥ kiṁ canāsa”



Dari sunyi mula penciptaan,
Tersiar nafas suci dalam kehampaan,
Ida Bhatara membawa kesadaran:
Asal dan tujuan hidup,
Cahaya kawitan dalam kesatuan suci.

Pura Kahyangan Dharma Smṛti,
Sungai suci di tengah jiwa
Linggih Ida Hyang Sinuhun di tahta kesucian
Saksi persembahan bhakti
Saksi pujawali dalam ketulusan jiwa.

Dharma yang luhur,
Bhisama yang diwariskan
Tertanam dalam anak, tetua, dan generasi muda
Menjadi kidung pengetahuan
Menuju Swah Loka,
Melintasi warisan kawitan dan rasa yang bersatu.

Bhatara…
Engkau telah menembus jagat dalam dharma
Menjadi pohon spiritual kawitan Pasek
Dari Pundukdawa menebarkan rahayu
Menyatukan rasa dalam sanubari semua keturunan suci.

Dalam lorong waktu,
Tiada yang dapat menutup warisanmu
Engkau adalah penggenap Catur Weda
Penuntun dalam tatwa kawitan
Pemimpin kelahiran spiritual putra-putri Bali.

Bhisama-Mu menjadi daging dan darah leluhur
Bukan hanya sekadar upacara
Namun jiwa, roh, dan rasa bhakti
Yang mengiringi kesadaran
Membangun pura, membangun hati, membangun rasa.

Utara adalah Dharma Smṛti
Selatan adalah anugerah roh
Timur adalah rasa persatuan
Barat adalah kebijaksanaan leluhur
Tiada yang pudar, tiada yang punah, semua kekal adanya.

Oleh sebab itu,
Hamba melantunkan mantra-mantra
Menyerahkan bakti kepada Hyang Sinuhun
Tak tunduk pada dunia, tak tunduk pada waktu
Namun berserah pada jiwa yang mampu menyatu.

Om Śānti, Śānti, Śāntiḥ


Tidak ada komentar:

Posting Komentar