Ketentuan umum :
1. Penugasan mandiri pembuatan esai dalam rangka perbaikan nilai KKN Nusantara IV hanya
diperkenankan bagi peserta yang memperoleh nilai C dan D;
2. Tema esai :
a. Pengalaman positif selama KKN.
Jawaban:
Pengalaman positif selama KKN UHN I Gusti Bagus Sugriwa, Denpasar, di Desa Kukuh Marga Tabanan bisa mencakup berbagai aspek yang memperkaya mahasiswa secara akademik, sosial, dan pribadi. Berikut beberapa poin yang bisa menggambarkan pengalaman tersebut:
1). Interaksi dengan Masyarakat Lokal
Belajar budaya Bali: Mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk mendalami kearifan lokal, adat istiadat, dan tradisi masyarakat Bali, seperti ritual keagamaan, tarian, dan seni ukir.
Sambutan hangat masyarakat: Hubungan yang terjalin erat dengan masyarakat menciptakan suasana kerja yang menyenangkan dan mendukung.
2). Pelaksanaan Program Kerja
Edukasi lingkungan: Program seperti penghijauan, pengelolaan sampah, atau kampanye lingkungan di kawasan Denpasar menjadi kontribusi nyata dalam menjaga ekosistem setempat.
Pengembangan ekonomi kreatif: Membantu masyarakat mengembangkan UMKM, seperti kerajinan tangan atau kuliner lokal, menjadi pengalaman yang berharga.
3). Pengalaman Multikultural
Tinggal di daerah dengan keberagaman agama dan budaya mengajarkan toleransi dan menghormati perbedaan.
Kesempatan mengikuti upacara keagamaan Hindu memberikan wawasan baru tentang harmoni dalam keragaman.
4). Pengembangan Diri
Kemampuan adaptasi: Belajar beradaptasi dengan lingkungan baru, gaya hidup masyarakat lokal, dan tantangan yang ada.
Peningkatan kepemimpinan: Banyak mahasiswa berkesempatan memimpin program atau kegiatan, mengasah jiwa kepemimpinan mereka.
5). Kontribusi Nyata pada Masyarakat
Melalui program kesehatan, seperti penyuluhan gizi atau pemeriksaan kesehatan gratis, mahasiswa memberikan dampak langsung pada masyarakat.
b. Dampak KKN terhadap pembaruan di lokasi KKN.
Jawaban :
Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Hindu Negeri (UHN) I Gusti Bagus Sugriwa memiliki dampak signifikan terhadap pembaruan di lokasi KKN, baik dari segi sosial, ekonomi, budaya, maupun lingkungan. Berikut adalah beberapa dampak yang dapat dirasakan oleh masyarakat setempat:
1). Peningkatan Kesadaran Sosial dan Pendidikan
Edukasi masyarakat: Program KKN sering kali berfokus pada penyuluhan kesehatan, pendidikan, dan pelatihan keterampilan, yang memberikan pemahaman baru kepada masyarakat.
Penguatan pendidikan informal: Kehadiran mahasiswa membantu dalam mendukung pendidikan anak-anak melalui bimbingan belajar atau program literasi.
2). Penguatan Ekonomi Lokal
Pelatihan UMKM: Mahasiswa sering memberikan pelatihan kepada masyarakat dalam mengembangkan usaha kecil, seperti teknik pemasaran, manajemen keuangan, atau digitalisasi usaha.
Peningkatan keterampilan: Program keterampilan, seperti kerajinan tangan atau pengolahan hasil bumi, membantu masyarakat menciptakan produk yang memiliki nilai jual lebih tinggi.
3). Konservasi Lingkungan dan Infrastruktur
Program penghijauan: Kegiatan seperti penanaman pohon, pelatihan pengelolaan sampah, dan kampanye kebersihan lingkungan memberikan dampak positif pada ekosistem setempat.
Pembangunan infrastruktur: Mahasiswa sering membantu memperbaiki fasilitas umum, seperti jalan, balai desa, atau fasilitas ibadah, yang berdampak langsung pada kesejahteraan masyarakat.
4). Revitalisasi Budaya Lokal
Pelestarian tradisi: Mahasiswa turut membantu dalam mendokumentasikan tradisi lokal atau menyelenggarakan kegiatan yang memperkuat identitas budaya masyarakat.
Peningkatan partisipasi generasi muda: Kehadiran mahasiswa menginspirasi anak muda untuk lebih aktif menjaga dan melestarikan tradisi mereka.
5). Penguatan Modal Sosial
Kolaborasi dengan masyarakat: Program kerja yang melibatkan masyarakat menciptakan rasa kebersamaan dan memperkuat solidaritas komunitas.
Transfer pengetahuan: Ilmu yang dibagikan mahasiswa, seperti teknologi sederhana atau solusi inovatif, memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat.
6). Dampak Psikologis dan Motivasi
Peningkatan rasa percaya diri masyarakat: Dukungan mahasiswa meningkatkan optimisme masyarakat terhadap potensi daerah mereka.
Motivasi untuk perubahan: Kehadiran mahasiswa sering memotivasi masyarakat untuk berinisiatif mengembangkan desa secara mandiri.
Dengan program yang dirancang sesuai kebutuhan setempat, KKN mahasiswa UHN I Gusti Bagus Sugriwa berkontribusi nyata dalam pembaruan sosial dan ekonomi di lokasi KKN, menciptakan dampak yang berkelanjutan bagi masyarakat.
3. Peserta yang mendapat nilai D membuat 2 (dua) esai dengan tema di atas (saat pengumpulan, kedua esai dijadikan/dimuat dalam 1 file PDF);
4. Peserta yang mendapat nilai C membuat 1 (satu) esai dengan memilih salah satu dari tema di atas;
5. Esai diunggah berupa file PDF dengan format nama file : Esai_Nama Penulis_Nama Desa
Lokasi KKN;
6. Esai diunggah paling lambat 21 Desember 2024 pada link : https://bit.ly/esaikkn
Ketentuan khusus :
Essay atau esai adalah sebuah karangan berbentuk tulisan yang berisi opini seseorang terhadap
suatu pembahasan atau hal yang terjadi di masyarakat lokal hingga dunia. Penulisan esai bersifat
subjektif sehingga akan sangat tergantung dari sudut pandang penulisnya dalam memandang
sebuah topik tulisan. Esai tetap memerlukan fakta, teori, serta data pendukung lainnya agar bisa
menampilkan opini yang baik.
Esai disusun dengan kriteria:
Judul : ditentukan sendiri, namun tetap mengacu pada tema.
Ukuran : A4
Jenis font : Lucida Sans
Ukuran font : 10
Spasi : 1,5
Margin : kanan, kiri, atas, bawah 2,5 cm.
Jumlah kata : 700-900 kata
Template :
JUDUL ESAI
Nama Penulis
NIM/Prodi
Nama Desa Lokasi KKN
Pendahuluan
Berikan pengantar singkat tentang topik yang dibahas.
Sebutkan latar belakang, pentingnya isu ini, dan garis besar poin-poin utama yang akan dibahas dalam esai.
Isi
1. Argumen atau Poin Pertama
Jelaskan argumen atau poin pertama. Berikan bukti, contoh, dan analisis untuk mendukung
poin ini.
2. Argumen atau Poin Kedua
Diskusikan argumen atau poin kedua. Sertakan bukti, contoh, dan analisis yang relevan.
3. Argumen atau Poin Ketiga (Opsional)
Jika diperlukan, diskusikan poin ketiga atau counter-argument dan berikan bukti untuk mendukung pendapat Anda.
Kesimpulan
Ringkas poin-poin utama yang telah dibahas dalam esai. Berikan pernyataan penutup yang menekankan pentingnya topik dan analisis.
Daftar Pustaka
Cantumkan semua sumber yang dikutip dalam esai ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar