Minggu, 30 Juni 2024

Yoga Menggulung Lidah

Khecarī mudrā (Sansekerta, खेचरी मुद्रा) adalah hatha yogayang dilakukan dengan cara menggulung kembali ujung lidah ke dalam mulut hingga mencapai di ataslangit-langit lunak dan masuk ke dalam rongga hidung. 

Lidah dibuat cukup panjang untuk melakukan hal ini dengan peregangan lidah setiap hari selama berbulan-bulan dan, dalam beberapa versi praktik, dengan memotong frenulum lidah dengan alat tajam selama beberapa bulan.

Empat tahap Khecarī mudrā. Lidah (merah) diregangkan secara progresif, dan frenulum lidah (tidak diperlihatkan) cukup dipotong, selama beberapa bulan, hingga dapat diputar kembali sehingga mencapai bagian dalam rongga hidung, dan diduga memanipulasi aliran bindu.

Tujuannya adalah untuk mencapai pembebasan dalam tubuh, dengan menyegel energi bindu di kepala agar tidak hilang.

Satyananda 
Cara saya mempelajari Khecari mudra dari Swami Janakananda, dan dia juga dari Satyananda adalah dengan melipat lidah ke belakang dan menyandarkan ujung lidah pada bagian lunak langit-langit mulut. Begitulah cara hampir semua instruktur yoga saat ini mengajarkan Khecari, dan ini cukup menantang bagi kebanyakan pemula. Saat pertama kali mencobanya, rasanya janggal, dan saya tidak bisa melakukannya karena lidah saya tidak bisa menjangkau cukup jauh. 

Jika Anda meletakkan lidah tepat di belakang gigi rahang atas, Anda akan merasakan bahwa selaput lendir yang melapisi bagian dalam mulut Anda berada di tulang tengkorak dan bersifat keras. Geser lidah sedikit ke belakang, dan Anda akan merasakan kemiringan ke atas saat Anda masuk ke belakang struktur tulang yang menahan gigi. Setelah miring, langit-langit mulut menjadi rata dan menjadi lunak. Langit-langit lunak membentang ke belakang searah tenggorokan dan diakhiri dengan uvula. 

Meskipun instruksi paling umum adalah meletakkan lidah di langit-langit lunak, beberapa guru akan mendorong Anda untuk mencoba meraih uvula. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar