Minggu, 30 Juni 2024

MRELINA DAN NUNTUN

MRELINA SUMUR DAN NUNTUN IDA BHATARA WISWAKARMA DI SMP NEGERI 4 ABIANSEMAL
Senin, 1Juli 2024, 10.00 witta
 
Sumur merupakan linggih Ida Bhatara Wisnu. Ketika sumur sudah dibuat, pantang untuk ditutup (diurug). Berbagai kejadian tidak enak menimpa masyarakat yang nekat menutup sumur karena berbagai alasan, seperti tidak difungsikannya lagi sumur tersebut mengingat sudah ada PAM, alasan lainnya karena sumur tersebut mengganggu pembuatan gedung/ruangan kelas pada lokasi sumur tersebut. Ada juga yang tidak berani menutup sumur tapi tetap memaksakan membangun di areal yang menyebabkan sumur berada di dalam ruangan rumah. 

Semua alasan tersebut akhirnya menyebabkan pemilik rumah atau lokasi mengalami kesakitan, kesusahan, ditimpa permasalahan yang tiada putus. Setelah ditanyakan pada orang pintar (paranormal-red) barulah diketahui penyebabnya adalah sumur yang ngrubeda, Linggih Bhatara Wisnu diperlakukan dengan tidak sewajarnya.

Oleh sebab itulah bapak I Made Antara, S.Pd sebagai kepala SMP Negeri 4 Abiansemal, mengambil keputusan untuk melakukan  penutupan sumur (ngematiang semer) dilakukan sesuai prosedur yang benar untuk menghindari kesakitan ataupun musibah yang tidak diinginkan agar tidak akan menimpa.

Sumur dibuat melalui upacara dan upakara, jika hendak ditutup tentu harus melalui upacara dan upakara pula. Banten mrelina sumur dipuput oleh seorang walaka/pemangku yang benar-benar memahami hal tersebut, serta menggunakan mantra khusus.

PROSESI MRELINA SUMUR

1. Matur Uning ring Padmasana, pelinggih Dalem Karang dan pelinggih Durgha Maya serta patung Ganesa sebelum sumur ditutup.

2. Prosesi Pecaruan ayam selem. 

3. Memasukkan (dasar/pancer) batu, bata, pengraksa yang dibungkus dengan kain rinajah

Tata caranya sebagai berikut :

Nanceb sanggah surya, munggah Pras daksina. Upakara Caru ayam selem, dan runtutannya bisa diletakkan di depan walaka/pemangku muput. 

Tebasan prelina, nasi kepela  barak 9 kepel, segehan, dupa 9 katih. Malih maruntutan penyeneng, elis, pengulapan, pengruak, pangresikan, prayascita, biokaonan, durmangala, penastan, cecepan, tetabuh arak berem, nasi kojong 2, kwangen, segehan nasi cacah atanding meulam bawang jahe. 

Dane jro mangku/Walaka griya, melaksanakan tata lungguh ngemargiyang pengresikan ke Pelinggih, upakara, kesarana prelina, ke dasar/pancer, ke pecaruan, dan ke semer. 
Setelah pangastawan dilanjutkan ke prosesi pecaruan, setelah itu proses prelina sumur. 

Sarana ngurug semer (mrelina sumur) : dasar/ pancer (batu, bata dan pengraksa yang di bungkus dengan kain rinajah. 
Diletakkan pada sumur yang akan ditutup. Ritatkala ngurug patut tuntun dumun Ida Bhatara Wisnu manut banten penuntun kadi inucap ring sor puniki : serana payuk pere anyar medaging sasat anggen wadah/tempat air 💦🚰 sumurnya. Raris maduluran banten pateh sekadi ring arep, kewanten nenten medaging nasi kojong dan kewangen. 
Tetandingan Banten untuk upacara menimbun sumur sebagaimana disebutkan dalam hal pemanes karang, yang terdiri dari : sebuah daksina 
 
Mantra :
Om Nini Pamali Wates, Kaki Pamali Wates, tan hana jurang pangkung, Aku Ibu Pretiwi, anglebur sakalwiring hala. Om Sudha sih, Kala sih, Dewa Teka purna Om Sa Ba Ta A I, Na Ma Si Wa Ya, Ang Ung Mang, Ang Ah.

Setelah selesai upacara prelina sumur dilanjutkan dengan upacara nuntun Ida Bhatara Siswakarma





Tidak ada komentar:

Posting Komentar