Minggu, 04 Agustus 2024

Pembawa Pesan Kebajikan & Kebenaran

Tuhan Di Alam Nyata (Widhi Sekala)

Om Swastyastu
Sambil ngoprek buku ehhh ketemu tulisan tangan jaman jadul semasa masih ngayah ngaturang Bhakti Peneduh Jagat, ngiring Para Pengelingsir lan Pemangku Kahyangan Jagat Bali. Tulisan tangan tersebut diwejangkan Olih Dane Gusti Aji Mangku Kubayan Arjawa (Salah Satu Pengelingsir Pura Agung Besakih), saat kami berada di kaki Gunung Merbabu tahun 1995

Disela-sela kami ngayah mekarya Upakara, beliau seperti biasa menemani kami hingga larut malam, sambil memberikan motivasi, dan tak ketinggalan kami polih “A SERINTINGAN”, suatu istilah untuk menikmati 1 sloki racikan arak karangasem yang sudah diracik dengan madu…buatannya.

Satu pesan itu berbunyi demikian:
“Siosan ken Widhi, Dewa Bhatara, Leluhur, wenten Malih sane nyandang lan patut bhaktinin;
Ping siki: Meme
Ping kalih: Bapa
Ping tiga: Tamiu
Ping pat: Guru, Nabe
Ping lima: Anak sane kekirangan
Meme, Bapa, Tamiu, Guru utawi Nabe, lan Anak sane kekirangan niki kanikayang satmaka Widhi Sekala.

Nto mekrana I Raga patut bhakti ring Rerama, Ngajiang tamiu sane rawuh, ngaturang penyembrama kadi patut. Bhakti ring guru lan nabe sane sampun mapaica kaweruhan, lan mapitulung urip ring semeton sane kekirangan.

Nasihat ini kemudian mengajarkan saya pribadi dan teman-tema pengayah lainnya untuk saling menghargai, menghormati siapapun yang memang patut menerimanya. Karena mereka-merekalah yang sejatinya telah menjadikan hidup kita di kehidupan ini semakin bermakna.

Rupanya piteket itu sejalan dengan ungkapan Tatwa Weda kita:
“Matr dewa bhawa,
Pitr dewa bhawa,
Athiti dewa bhawa,
Acarya dewa bhawa,
Daridra dewa bhawa”.
Artinya:
Ibu adalah perwujudan Tuhan
Ayah adalah perwujuda Tuhan
Tamu adalah perwujudan Tuhan
Guru adalah perwujudan Tuhan
Fakir miskin adalah perwujudan Tuhan

Rupanya ini pula yang mendasari Umat Hindu melaksanakan UPACARA SUNGKEMAN kepada Orang tuanya, kepada Gurunya. Dan memperlakukan Tamu yang beranjangsana ke rumah dengan perlakuan istimewa. Dan mengajak umat Hindu untuk peduli sesama.

Terima kasih Hyang Widhi, Guru….yang telah mengantarkan kembali menu makan malam hari ini sedemikian damainya bagi jiwa dan raga saya. Manggalamastu.

Om Santih Santih Santih Om

Tidak ada komentar:

Posting Komentar