Kamis, 23 Mei 2024

Sloka Adalah Guru Atau Nabe

Dokumen ini berisi beberapa bagian tentang kualitas yang sama dan pentingnya seorang NABE (lanang ataupun istri) dari kitab suci dan tradisi Hindu. 

Ini menggambarkan eksistensi seorang NABE sebagai wakil Brahma, Wisnu dan Siwa yang dapat membimbing muridnya menuju pengetahuan tertinggi dan realisasi diri. 

Seorang Nabe sejati dikatakan melampaui kualitas seperti kelahiran dan kematian, perwujudan kebijaksanaan, dan pemberi moksha atau pembebasan dari siklus kelahiran kembali. 

HARI GURU PURNIMA disebutkan sebagai hari penting bagi para murid untuk mengungkapkan rasa terima kasih kepada Nabe mereka.

Gurupūrṇimā adalah festival keagamaan yang didedikasikan untuk memberikan rasa hormat kepada semua guru spiritual (NABE) dan akademisi.

Hari Gurupurnima ini dirayakan sebagai festival di Griya Agung Bangkasa. Festival ini secara tradisional dirayakan untuk menghormati guru atau NABE sebagai pemimpin spiritual pilihan seseorang. 

Hal ini diperingati pada hari bulan purnama ( Purnima ) di bulan Ashadha (Juni – Juli) menurut Kalender Hindu . Festival ini dihidupkan kembali untuk memberikan penghormatan kepada guru spiritual (NABE)


 
SLOKA ADALAH GURU 
 
Guru Stotra 
 
Guru Brahma Guru Wisnu 
 
Guru Devo Maheshwar a 
 
Guru Saakshat Para Brahma 
 
Tasmai Sree Gurave Namaha 

Artinya:
Guru sesungguhnya adalah wakil dariBrahma, Wisnu dan Siwa. Dia menciptakan,menopang ilmu pengetahuan dan menghancurkan rumput-rumput kebodohan. Saya salut kepada Guru yang demikian.

BayiMandalaaka aram 
 
Vyaaptam yenam charaacharam 
 
Tatpadam Darshitam Yena 
 
Tasmai Sri Gurave Namaha.

Artinya: 
Guru dapat membimbing kita menuju pengetahuan tertinggi tentang ITU yang meliputi segalanyamakhluk hidup dan tak hidup di seluruh Alam Semesta (yaitu Brahman). Saya salut kepada Guru yang demikian.

Agnyaana Timiraandhasya 
 
Gnyaana Anjana Shalaakayaa 
 
Chakshuhu Unmeelitam Yenam 
 
Tasmai Sri Gurave Namaha.

Artinya: 
Seorang Guru dapat menyelamatkan kita dari kepedihan kebodohan (kegelapan) dengan menerapkan pada diri kitabalsem pengetahuan atau kesadaran akan Yang Maha Kuasa, saya salut kepada Guru yang demikian.
 
Sthaavaram Jangamam Vyaaptam 
 
Yatkinchit Saharaa Charam 
 
Tatpadam darshitam yena 
 
Tasmai Sri Gurave Namaha.

Artinya: 
Guru itu yang dapat mencerahkan kita tentang segala kesadaran yang ada di dalamnyaketiga dunia ataunegara bagian (Jaagrath, Swapna dan Sushupti... aktivitas, mimpi dan kedalamankeadaan tidur), saya salut kepada Guru yang demikian.

Chinmayam Vyaapi Yatsarvam 
 
Trailokya Saharaa Charam 
 
Tatpadam darshitam yena 
 
Tasmai Sri Gurave Namaha.
 
Artinya: 
Guru yang terhormat itumengarahkan perhatian saya pada SATU keilahian yang ada dalam diri semua orangyaitu inert (tidak bergerak) sebagaiserta yang aktif (mobile), Isalut kepada Guru yang demikian.

Sarva Sruti Shiroratna 
 
Viraajita Padambujaha 
 
Vedantaambuja Sooryo Yah 
 
Tasmai Sri Gurave Namaha.

Artinya : 
Guru itu yang merupakan samudra Sruti (Weda), Matahari ilmu pengetahuan (yang bisahancurkan ketidaktahuan kita dengan sinar ini), saya salut kepada Guru yang demikian.

Chaitanya Shaashwatah Shaantho 
 
Vyomaateeto Niranjanaha 
 
Bindu Naada Kalaateetaha 
 
Tasmai Sri Gurave Namaha.

Artinya: Guru itu yang merupakan wakil dari sesuatu yang tidak dapat diubah, selalu hadir, damairoh, yang satu runcingdan melampaui wilayah tersebutruang dan waktu, yang visinya selalumempesona, saya salut kepada Guru yang demikian.

Gnyaana Shakti Samaaroodah 
 
Tatwa Maalaa Vibhooshitaha 
 
Bhukti MuktiPradaaneyn a 
 
Tasmai sri Gurave Namaha.

Artinya : 
Yang menjadi samudra ilmu, yang selalu dalam Yoga (bersama WenganTuhan) yang dihiasi ilmu tentang prinsip Ketuhanan, Yang Maha Esa bisa membebaskan kita dari keberadaan duniawi ini, saya memberi hormat kepada Guru yang demikian.

Aneka Janma Sampraapta 
 
Karma Bandha Vidaahine 
 
Atma Gnyaana Pradaaneyna 
 
Tasmai Sri Gurave Namaha.

Artinya: 
Yang dapat membantu kita terbebas dari rantai karma yang bertumpuk-tumpukhidup, dengan mengajarkan kita pengetahuan tentangdiri (Atma Gnyaana), saya salut seperti itu Guru.



Shoshanam Bhava Sindhoscha 
 
Gnyaapanam Sarasampadah a 
 
Guror Padodakam Samyak 
 
Tasmai Sri Gurave Namaha.

Artinya : 
Yang mampu menolong kita mengarungi lautan kehidupan ini, yang mampu revbaik bagi kamiYang Ilahi, saya memuja Paadukaa-nya (berpegangan pada kakinya), saya salut kepada Guru yang demikian.

Saya Seorang Guror Adhikam Tatwam 
 
Na Guror Adhikam Tapaha 
 
Tatwa Gnyaanaat Param Naasti 
 
Tasmai Sri Gurave Namaha.

Artinya: 
Tidak ada prinsip yang lebih agung daripada Guru; tidak ada penebusan dosa yang lebih besar dari padaGuru; Tidak ada pengetahuan yang lebih besar daripada meditasi pada Guru seperti itu. Saya salut kepada Guru yang demikian.


Mannaathah Sri Jagannatho 
 
Madguruhu Sri Jagad Guruhu 
 
Madh Atma Sarva Bhootaatma 
 
Tasmai Sri Gurave Namaha.

Artinya: Penguasa dunia adalah Tuhanku dan Guru Dunia adalah Guruku, DIRI dalam diriku adalah sama yang hadir dalam semua (keilahian yang sama yang melekat pada semua makhluk). Saya salutseorang Guru yang demikian (yang memberi saya wawasan ini).

Guroraadi Anaadischa 
 
Guruh Param Daivatam 
 
Guruh Parataram Naasti 
 
Tasmai Sri Gurave Namaha.

Artinya: Guru tidak mempunyai awal dan akhir; Guru adalah Tuhan yang tertinggi (dalambentuk terlihat). Tidak ada yang melebihi prinsip Guru ini, dan saya salut kepada Guru yang demikian.

Dhyaanamoolam Gurur Moorthihi 
 
Poojamoolam Guroh Padam 
 
Mantramoolam Guror Vaakyam 
 
Moksha Moolam Guru Krupa.

Artinya: 
Wujud Guru adalah yang terbaik untuk direnungkan; kaki Guru adalah yang terbaik
memuja; kata-kata Guru adalah mantra; Rahmat Guru adalah akar dari pembebasan.

 
 
Brahmaanandham Parama Sukhadam 
 
Kevalam Jnaana Murthim 
 
Dhvandhvaa Theetham Gagana Sadhrisham 
 
Tathvam Asyaadi Lakshyam 
 
Ekam Nithyam Vimalam Achalam 
 
Sarvadhee Saakshi Bhutham 
 
Bhavaatheetha mThriguna Rahitham 
 
Sadhgurum Tham Naamami.

Artinya: 
Sloka ini mencoba menggambarkan sifat-sifat seorang Guru sejati. Seorang Guru sejati memilikinyakualitas berikut. 

Dia mengalami yang tertinggi Kebahagiaan Brahmaananda (transedental kebahagiaan ilahi). Dia menikmati dan menganugerahkan kebahagiaan tertinggi yang tidak berubah. Dia melampaui ruang angkasa dan waktu (tidak ada yang lebih tinggi darinya). Diaadalah perwujudan kebijaksanaan yang merupakandasar bagi semua jenis pengetahuan. Diamelampaui pasangan yang berlawanan (seperti kebahagiaan dan kesedihan, untung dan rugi). Dia lebih Mahahadir dibandingkan ruang itu sendiri. Dialah yang palingperwujudan prinsip Ketuhanan, yang merupakan makna batin dari empat besarPengucapan Prajnaanam Brahma, Aham Brahmasmi, Thath Thvam Asidan AyamAathma Brahma. Dia adalah Yang Esa tanpa yang kedua (ekam). Dia tidak pernah berubah dalam keadaan apa punkeadaan (nithyam). Dia tanpa kenajisan apa pun (vimalam). Dia mantap dantidak bergerak (achalam). Dialah saksi segalanya. Dia melampaui mentalpemahaman dan penjelasan verbal. Dia melampaui tiga guna (sathva, rajas dan
 
Thamas). Saya menyampaikan salam saya yang rendah hati kepada orang seperti ituGuru yang memilikisemua kualitas ini.
 
[Makna Sloka ini dibahas di grmakan detail di GuruWacana Poornimadisampaikan oleh Bhagawan Baba pada tanggal 14 Juli 1992]
Tentang Tuan Dakshinamoorthy
 
 
Gurave Sarva Lokaanaam 
 
Bhishaje Bhava Roginaam 
 
Nidhaye Sarva Vidyaanaam 
 
Dakshina Moorthaye Namaha 

Artinya: 
Saya salut kepada Dewa Dakshina Moorthy (Siwa dalam wujud Guru) yang merupakan Guru segalanyadunia, Yang Esa yang menyembuhkan penyakit duniawi dan yang menjadi kekayaan bagi semuanyapengetahuan.
Tentang Guru Shankaracharya
 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar