Kamis, 30 Mei 2024

DOA PELEPASAN
PESERTA DIDIK KELAS IX 
TAHUN PELAJARAN 2023-2024
SMP NEGERI 4 ABIANSEMAL
Oleh: I Gede Sugata Yadnya Manuaba, S.S., M.Pd
......, 12 Juni 2024

Om Swastiastu. 
Om Awignamastu Namo Sidam. 
Om Anobadrah Krtavo Yantu Visvatah. 
Semoga pikiran yang baik dan jernih datang dari segala penjuru arah.

Bapak Ibu, Ayah Bunda serta anak-anak yang kami banggakan…
Marilah kita rendahkan hati dan pikiran kita untuk memohon kepada Ida Sanghyang Widhi Wasa, Tuhan Hyang Maha Esa, karena sungguh hanya dengan kerendahan hati dan pikiran yang bersujud, Ida Sanghyang Widhi Wasa akan mengabulkan do’a-do’a kita.

Om Varkatunda Mahakaya Suryakotisamaprabha. Nirwignam Kuru Me Dewa Subha Karyesu Sarvada. 
Oh Dewa Yang Bersinar Dengan Gading Yang Melengkung. Dengan Tubuh Yang Besar. Dengan Kemilauan Jutaan Cahaya Matahari, Buatlah Usahaku. Dan Semua Kegiatanku Bebas Dari Segala Rintangan.

Om Ida Sanghyang Widhi Wasa 
Ya Tuhan Kami
Segala puja dan puji hanyalah milik-Mu, wahai pencipta alam semesta dan manusia. Kami bersyukur atas segala nikmat dan karunia yang engkau limpahkan kepada kami. Waranugrahmu hadir, Om Ida Sanghyang Widhi Wasa dalam setiap degupan jantung kami, dalam setiap pancaran darah kami, dalam setiap hembusan nafas kami, dan dalam setiap ayunan tangan dan gerak langkah kami. 

Tak sanggup kami untuk menghitungnya. Sungguh, kami tidak mampu untuk menghitung seluruh anugrahmu itu. Berikanlah kami kekuatan untuk senantiasa mensyukuri nikmat yang telah engkau anugerahkan kepada kami, orangtua kami, guru-guru kami, siswa siswi kami dan sekolah kami SMP Negeri 4 Abiansemal. Berikanlah kami kekuatan untuk mengerjakan segala perintahmu dan berikanlah kami kekuatan untuk selalu menjauhi larangan-laranganmu. Masukkanlah kami ke dalam golongan hambamu yang bertakwa dan pandai bersyukur akan segala anugrah-Mu.

Om Ida Sanghyang Widhi Wasa
Kini kami hadir di majelis yang mulia ini, prosesi pelepasan peserta didik kelas IX angkatan tahun 2023-2024. Kami datang kepadamu bersamaan dengan momentum yang sangat bersejarah ini, sekalipun tertatih-tatih, kami berupaya mendekatkan diri kepadamu, berharap kasih sayangmu. Dengan rasa harap dan cemas, kini kami mengetuk-ngetuk pintu karunia dan rahmatmu, menadahkan tangan kecil ini, memohon belas kasih sayangmu Om Ida Sanghyang Widhi Wasa. Jangan engkau tepiskan tangan yang bergelimang dosa dan kotoran kehidupan dunia. Jangan engkau usir kami karena kelalaian dan kealpaan kami.

Om Ida Sanghyang Widhi Wasa
Berkat simbahan darah ibu yang telah melahirkan kami, berkat cucuran keringat kerja keras ayah kami, kami yang hadir diruangan ini berhasil menggapai apa yang kami citakan khususnya anak-anak kami, siswa siswi kami menjadi alumni SMP Negeri 4 Abiansemal. Kami memohon kepadamu Ida Hyang Widhi, ditengah cemas dan harap, sayangi ibu kami, sayangi ayah kami tercinta, sayangi mereka, tempatkan mereka keduanya dalam rahmatmu, ampunilah dosa-dosa mereka. Jadikanlah kami anak-anak yang mampu memuliakan mereka hingga maut menjemput.

Om Ida Sanghyang Widhi Wasa
Sayangilah guru-guru kami, limpahkanlah keberkahan atas kehidupan mereka. Berikanlah mereka kekuatan untuk menjalankan amanah dan jabatan dengan jujur, ikhlas dan dengan sebaik-baiknya. Limpahkanlah keberkahan atas sekolah kami ya Hyang Widhi, agar mampu memberikan sumbangsih terbaiknya bagi kemajuan agama dan bangsa Indonesia.
Tautkan jiwa dan hati kami
Kokohkan ikatan persaudaraan diantara kami
Damaikan perselisihan dan pertikaian diantara kami. 
Jangan engkau cerai-beraikan kami dengan kepentingan-kepentingan personal duniawi
Jadikanlah semua kerja kami sebagai wujud Yadnya dan bhakti kehadapan-Mu adalah tujuan kami. 

Om Ida Sanghyang Widhi Wasa
Langkah kami sebagai guru bagi anak-anak kami mungkin terbatas sampai hari ini. Untuk itu, kami titipkan anak-anak kami kepada-Mu ya Hyang Widhi, jalan panjang masih terbentang di hadapan anak-anak kami, meski kami tidak tahu seberapa jauh mereka akan melangkah, namun sungguh kami mengharap cintamu. Bimbinglah mereka senantiasa berjalan lurus di jalanmu, mudahkanlah langkah mereka, lapangkanlah kehidupan ini bagi mereka. Tiada harta yang kami berikan kepada mereka, hanya setitik ilmu yang kami sampaikan dari-Mu kepada mereka. Maka jadikanlah ilmu yang mereka peroleh sebagai cahaya yang menerangi jalan mereka, ilmu yang akan mengantarkan mereka kepada kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Jadikanlah mereka anak-anak yang berbhakti, susila dan berbudiperkerti luhur sebagai generasi penerus yang lebih baik, menjadi pemimpin-pemimpin masa depan yang diidam-idamkan seluruh bangsa Indonesia.

Om Ida Sanghyang Widhi Wasa 
Perlihatkanlah kepada kami yang benar adalah benar dan berikan kami kemampuan untuk mengikutinya. Dan perlihatkanlah kepada kami yang salah adalah salah dan berikan kami kekuatan untuk menjauhinya.

Jika engkau berikan kami kesuksesan maka berikanlah kami bersamanya sikap rendah hati, tidak sombong, 
Jika engkau berikan kami kegagalan maka berikanlah kami bersamanya kesabaran dan kekuatan untuk bangkit
Jika engkau berikan kami kesehatan maka berikanlah kami bersamanya kekuatan dan kemauan untuk berbhakti dan ber Yadnya, 
Jika engkau berikan kami penyakit maka berikanlah kami bersamanya kesabaran dan kesembuhan
Jika engkau berikan kami kemudahan dan kelapangan rejeki maka berikanlah kami bersamanya anugrah atasnya dan kelapangan hati untuk berbagi
Jika engkau berikan kami kesulitan maka berikanlah kami bersamanya kemudahan dan jalan keluar
Jika engkau berikan kami jabatan dan amanah maka berikanlah kami bersamanya kejujuran dan usaha untuk selalu menjaga perbuatan baik di jalan-Mu secara konsisten dan tidak berubah. 

Anugerahkanlah kami hati yang ikhlas, jiwa yang tenang dan bersih, otak dan fikiran yang cerdas, sikap yang lembut kepada kebenaran dan keras kepada kebathilan

Om utedanim bhagawantah syamota prapitwa uta mandhye ahnam utodita maghawanta suryasya mayam dewanam sumantau syama.

Om Ksantavyah kayiko dosah, ksantavyo vacika mama, ksantavyo manaso dosah tat pramadat ksamamsva mam. 
Om santih, santih, santih, Om

Tidak ada komentar:

Posting Komentar