Kamis, 02 November 2023

Para Guru Jangan Jadi Objek Berita...Harus Jadi Pembuat Beri

Di abad informasi saat ini, guru jangan hanya jadi objek berita, tapi harus jadi pembuat berita. Sosok guru melebihi warga negara biasa. Guru subjek pembuat berita.

Guru harus jadi insan-insan terdidik yang sudah tidak mudah terprovokasi oleh berita-berita di media masa yang kadang tidak jelas niat dan siapa dibalik pembuat berita. 

Tidak ada berita yang dibuat tanpa kepentingan si pembuatnya. Para pembuat berita mereka dibekali oleh sudut pandang dan punya tujuan-tujuan dalam hidupnya. 

Guru sebagai insan terdidik tidak mudah terprovokasi dengan berita-berita yang bernarasi pesemis atau provokatif. Semua berita disikapi dengan verifikasi, konfirmasi, dan diskusi.

Abad 21 yang banyak diwarnai oleh perkembangan teknologi informasi punya karakter sendiri. Karakter abad 21 adalah masyarakat dengan kemampuan literasi tinggi. 

Masyarakat dengan literasi tinggi, tidak mengkonsumsi informasi dengan akhir pesimis atau negatif. Masyarakat literasi pandai memilih bagaimana cara menyikapi sebuah informasi. 

Dunia pendidikan adalah milik guru. Tidak ada yang lebih paham dari dunia pendidikan selain dari guru itu sendiri, karena guru pelaku dan pemikir di dunia pendidikan. 

Guru harus menguasai dunia pendidikan dengan cara membuat berita-berita dunia pendidikan dari sudut pandang guru. Guru berkualitas tinggi nasibnya ditentukan oleh dirinya sendiri. 

Apapun yang diingkan guru tentang dunia pendidikan, guru punya hak untuk membuat gagasan dan menarasikannya ke publik. Guru memahami masalah-masalah fundamental dunia pendidikan.

Bukan publik yang mengendalikan berita tentang dunia pendidikan, tetapi gurulah yang mengendalikan berita dunia pendidikan. 

Guru di abad teknologi informasi ini, punya masalah besar, dan masalah besar pendidikan adalah masalah guru itu sendiri. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar