Sabtu, 24 Juni 2023

Pawintenan Wiwa

PROSES PAWINTENAN WIWA
1. Tahapan awal melaksanakan puja wali ring pura panataran merajan agung dalem tangsub griya agung bangkasa yang dipimpin olih sang sulinggih Ida Nabe Siwa Putri Parama Daksa Manuaba

2. Ida Sinuhun Siwa Putri Prama Daksa Manuaba ngaturang puja pakeling pawintenan, nglukat bhusana pawintenan, ponjen, gentha dan sirowista serta kalpika yang akan digunakan oleh sang wininten wiwa. 

3. Dilakukan panglukatan oleh para Guru Nabe, tahap pembersihan awal dengan puja mantra panglukatan kabeh kepada sang wininten wiwa. 

4. Melaksanakan rangkaian upacara pabersihan mabiakaonan, durmangala, prayascita, dan pangulapan yang dilakukan di bangunan pintu masuk griya bertempat di Bale delod

5. Ganti pakaian dengan bhusana pawintenan wiwa

6. Prosesi pasuk wetuning aksara swayambu/rerajahan ring buana alit (angga sariraning sang wininten wiwa) 

7. Memasuki areal jeroan pura panataran merajan agung dalem tangsub dan menghadap sang pamuput atau guru nabe nunas Panglukatan pajayan-jayan. 

8. Nganggen sirowista dan kalpika
 
9. Nunas padudusan, lis gde, pungu-pungu dan natab pancawara. 

10.  Ngaturang pamuspan

11. Setelah itu diberikan rurub pawintenan wiwa

12. Kapica ponjen (tempat sebagai wadah segala ilmu, pawisik maupun anugrah yang diberikan oleh Ida Bhatara Hyang Sinuhun melalui guru nabe) 

13. Yoga nindra (memakai rurub) 

14. Mendengarkan pawisik wiwa yang di tuduhkan oleh para guru nabe, sambil memegang ponjen di depan dada / ngrogo sukma/ngranasika.

15. Katapak antuk prelingga Ida Bhatara Hyang Sinuhun Siwa Putra Prama Daksa Manuaba. 

16. Rurub dibuka langsung menggunakan semayut. 

17. Nunas sad rasa/ngelungsur pedambel

18. Natab tebasan pawintenan /ngurus ayu piodalan

19. Menghadap kembali didepan sang guru nabe memakai rurub dikepala sebagai restart untuk yang lanang dan rurub yang istri di selempangkan di leher serta nunas tirta upasaksi pawintenan. 

20. Melaksanakan proses tata lungguh magegentan 

21. Panugrahan ilikita / piagam pawintenan pinaka cihna sekala niskala sampun dados pinandita wiwa nganter panca yadnya dengan tetap ngelungsur panugrahan guru nabe. Beliau saat itu juga sudah bergelar sebagai jro mangku gde/pinandita wiwa.

22. Setelah itu peserta diarahkan Kembali kerumah masing-masing serta membawa ponjen pulang untuk ditempatkan pada pelangkiran rumah dan melaksanakan tapa brata mamutih selama 3 hari.

23. Setalah 3 hari melaksanakan tapa brata Kembali menghadap ida nabe untuk melaksanakan paleburan pawintenan dan peserta dinyatakan selesai melaksanakan tapa brata. 


24. Proses selanjutnya melanjutkan pemantapan diklat pemblajaran (aguron-guron) hingga 8 kali pertemuan lagi yang sebelumnya sudah dilakukan sebelum melaksanakan pawintenan sebanyak 10 kali pertemuan.   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar