Selasa, 27 Juni 2023

Iti, ngaran Sukertha Pratingkahing Pinandita Wiwa

Iti, ngaran Sukertha Pratingkahing Pinandita Wiwa

Ling ning Ida Bhatara Sinuhun;
‘Yan hana wwang kengin kumaweruha ri kahananing Sang Hyang Aji Aksara, yogya ngupadhayaya awak sarisanya rumuhun, lumaksana tan kaharuning letuh, lamakana weruh ri jatining manusa, wenang sira mawinten wiwa rumuhun, mwang katapak denira Sang Guru Nabe, apan sira Sang Guru Nabe bipraya angupadhayaya, mwang nuntun sang sisya kayeng kawekas. Mawastu mijil saking aksara ngaranya’.
‘Yan hana wwang kengin kawruha ri kahananing sang hyang aji, tan mangupadhayaya, tan maupakara, tan matapak mwah tanpa guru nabe, papa ikang wwong, yan mangkana Babinjat wwang ika ngaranya, apan mijil tanpa guru nabe, tan mangaskara dening niwedya, kweh prabedanya wwang mangkana, papnehnya bawak, polahnya mumpang laku, wahya kadi sato, juga kahidepannya, ri pademnya dlaha, atmanya wwang mangkana kadanda dening watek Kingkara Bala manadi entiping kawah Tambra Gohmuka, yan mangjadma mwah, matemahan ta sira sarwa Triyak Yoni, amangguhaken kasangsaran’.


‘Mne hana piteketku, yan hana wwang durung angelaraken pawintenan Wiwa, durung amet panugran de sang adhiksa Dwijati, haywa wehana gumelaraken Sodasa Mudra, kopedrawa ta sira denira Sang Hyang Asta Dewata, kewala amusti juga kawenang rikang wwang durung amet panugrahan de sang adhiksa Dwijati, ri sang arep anembah Dewa Hamreyoga aken Sang Hyang ri dalemning sarira. Mangkana piteketku ri wwang kabeh, hayma marlupa, hila hila dahat’.

"Yan hana pemangku durung adhiksa widhi muang katapak de sang Pandita Putus, tan kawenangan mabebajran, amada-mada sira mangku sang kulputih, tinemah pwa sira denira sang kulputih. Jahtasmat tan manadi jadma mwah, tan mangku ngaku mangku, yan sampun adhiksa widhi angelaraken pawintenan Wiwa katapak dening Sang Pandita Putus, wenang sang pemangku wiwa mabebajran mwah mapetanganan astra mantra jangkep, maka walining yajna, wenang pemangku wiwa nyirating sawangsa ring pakraman. Sang mangku Wiwa wenang ngawalinin yajna manut panugrahan saking Sang Guru Nabe, ngaran pinandita wiwa".

Iki uttamaning pinandita wiwa, dane jro mangku gde ngaranya, wenang masuci purnama mwang tilem, nganggehang brata, tapa yoga, samadhi, satya ring tingkahing kadharman, mangkana tingkahing pinandita wiwa’.

‘Yan nora pageh ngalaksanayang kadharman, mangku sira mangku sorbet ngaran, kawenangan sira lumaku ring sor, tan kawenangan sira ngangge pustaka, kawenangan sira kabasa mangku, cantule sira nampi, dudu weruh ngaku weruh, tuhu sira dusun, salah tampen’.
‘Iki panganggen nira sang pinandita wiwa, kawenangan pinaka nyuci adnyana nirmala, ngaran nare pinaka raga, sangku pinaka sirah, sirah madaging tirtha, ring selaning lelata, Ongkara sumungsang pinaka candana, citta nirmala pinaka bija, sucining awak pinaka dipa, nitra manis pinaka dupa, ujar tuwi rahayu mangenakin pangrengenta, Agni ring Nabi, pinaka sekar tunjung, kucuping tangan kalih pinaka gentha, tutuknya pinaka hyang ngaran, saika tingkahing amuja, samangkana sang pinandita wiwa’.

‘Iki kaweruhaken tingkahing dadi pinandita wiwa, wenang sor wenang luhur, sira mangku, kaya iki sira mangku kaweruhung aji, angganing sapta jati, sapta ngaran pitu, pitu ngaran pitutur, pitu ngaran putus, tus ngaran tas, tas ngaran tatas, ring daging raga sariranta’.
Kunang yang ring bhuana agung pinandita wiwa ngaran mangku gde, hana sunya maha rata, tan hana paran paran, paran ikang kabeh, kabeh nora hana, hana windu suwung, ika mayoga mijil ikang padma nglayang, ikang padma masarira Taya, ngaran madya asana, sang hyang malengis ngaran, sanghyang ananta wisesa ngaran Sanghyang Murtining luwih ngaran, kami nimitaning hyang kabeh, guruning hyang guru ngaran, lwirnya alit tan hana alitan, luhur tan hana luhuran, maraga bhatara Suci Suksmaning Hyang, hyang ning hyang ngaran, sakalwiring hyang kabeh sami kawengku dening Sanghyang Murtining luwih.
Anghing haywawera, bwat apadrawa denya, hana pawekasing bhatara ring pinandita wiwa, yan rawuh patatoyan Ida Bhatara ring madyapada, raris angicen bajra patatoyan, maka wruh ikang pinandita wiwa, kawit kretaning pemangku gde nora angagem bajra, nora wruh ring kapamangkuan, angaru-ara sira dadi pemangku, angiya-ngiya sira ngaran, kena sapaning bhatara hyang sinuhun, meh tumbuh edan, karogan-rogan, anyolong angedih-edih ring pisaga.
Yan ngastawa Bhatara aseha-seha nora turun Ida Bathara, apan sira tan eling kawit kandaning pamangku, angganggo lobha angkara, undura cara kita, kalinganya tan menget ring agamaning bhatara, tuhu sira dusun angger, Ida Pamongmong ngaran.
Iki wenang tegesing tingkahe angagem kapemangkuan, ngaran pinandita wiwa, kunang yajna sregep angangge pustaka iki, tirunen sira mangku gde’.

'Mawah yan hana kahyangan panyiwian sang ratu, yaduam prasadha‘ ring kahyangan ika, masanding umahnia maparek, tan pabelat marga ri tekaning kapatian de mangku hageakna prateka haywa ngaliwat salek suwenya. Yan hana halangan bhumi bhaya kinwande sang ratu dohaken anyekah wangke ika, yan prahimba marep juga same anyekah wangke, yan anti amreteka, wenang mulih ring dunungania nguni, haywa nyekeh sawa ring dunungan de mangku sasuwe-suwenia lemah ikang parhyangan sang ratu, palania sang ratu gering, reh de mangku angungku cemer. Yan doh anyekeh wangke selat marga rurung, limang dina de mangku kacuntakan dadi de mangku ulah ulih ring kahyangan, ngaturang pasucian. Yan de mangku nyekeh wangke ring umahe, salawase tankawasa de mangku ka kahyangan sapuputan sawa ika mabhasmi luwar cuntakania’.

Yan sampun madeg pamangku wiwa, tan kawenangan cemer, yan wenten pamangku wiwa malih ngambil rabi, ri wusnia mapawarangan, wenang sira mangku wiwa malih manyepuh, pawintenan nguni, mwah ngaturang pasapuh ring naben'ta, mwah wadonne punika wenang nyepuh. Apan tan kari karaketan letuh, yan marabi saking paican nabe, mwang guru wisesa, kalih saking pakramane, ngaturin marabi, punika dados ngaturang pangrebu alit, ring pura-pura nente ja masasap, wenang nglungsur pajaya-jayan ring guru nabenta’.
'Yan hana mangku widhi sampun putus madiksa widhi bilih-bikih mawinten wiwa, mapahayu agung, ikanang antaka away pinendem, tan wenang ila-ila dahat, ikang bhumi kena upadrawa ikang panenggeking bhumi’.

 ‘Aja sira pati pikul-pikulan, aja sira kaungkulan ring warung banijakarma, aja sira munggah ring soring tatarub camarayudha, saluwiring pajudian, mwang aja sira parek saluwiring naya dusta’.
‘Yan pamangku mawaywahara, tan wenang kita anayub cor teka wenang adewa saksi’.

  ‘Samaliha tingkahing pamangku wiwa, tan keneng kasebelan, kacuntakan wwang len sira pamangku wiwa, yan hana wwang namping babatang kawenangan sira mangku wiwa marika, nanghing tan kawasa amukti drewening wwang namping babatang’.

  ‘Samaliha yan sampun madeg pamangku wiwa tan wenang ngambil banteng, mikul tenggala mwang lampit, tan palangkahin sawa, sarwa sato, salwiring sane kinucap cemer’.

‘Iki Sang Hyang Aji Panusangan, ngaran, pangeleburan letuhing sarira, palania tan keneng sebelan, salwiring mageleh ring prajamandala, wenang sakama-kama apan sang hyang mantra utama, yan tasak dening ngarangsukan mantra iki, saksat mawinten ping telu, gelaraken siang latri’.
Mantra:
“Idep aku anganggo Aji Kotamah, amangsa-amungsung aku tan pabersihan, aku pawaking sera, suka kang akasa, suka kang perthiwi, tan ana aku keneng sebelan, apan aku teka ameresihin awak sariranku (teka bersih-bersih-bersih)”. 3X
‘Nihan haji kretta ngaran, tingkahe mamangku, asuci purnama tilem, ika maka wenang adenging abrata, kawasa mangan sekul, kacang-kacang garam, aywa mangan ulam bawi lonia satahun, malih abrata mangan sekul iwaknia tasik lonia solas dina, malih abrata amangan sekul iwaknia sarwa sekar lonia tiga dina, nihan brata amurti wisnu ngaran, kawasa mangan sekul iwaknia sambeda, aywa nginum toya solas dina lonia, brataning abrata ngaran’.

Mangkana pratingkah sesananing pinandita wiwa, Rangdilangit, Teguhwana, Bangkasa, ayuwa wera. Samapta.

Sabtu, 24 Juni 2023

Pawintenan Wiwa

PROSES PAWINTENAN WIWA
1. Tahapan awal melaksanakan puja wali ring pura panataran merajan agung dalem tangsub griya agung bangkasa yang dipimpin olih sang sulinggih Ida Nabe Siwa Putri Parama Daksa Manuaba

2. Ida Sinuhun Siwa Putri Prama Daksa Manuaba ngaturang puja pakeling pawintenan, nglukat bhusana pawintenan, ponjen, gentha dan sirowista serta kalpika yang akan digunakan oleh sang wininten wiwa. 

3. Dilakukan panglukatan oleh para Guru Nabe, tahap pembersihan awal dengan puja mantra panglukatan kabeh kepada sang wininten wiwa. 

4. Melaksanakan rangkaian upacara pabersihan mabiakaonan, durmangala, prayascita, dan pangulapan yang dilakukan di bangunan pintu masuk griya bertempat di Bale delod

5. Ganti pakaian dengan bhusana pawintenan wiwa

6. Prosesi pasuk wetuning aksara swayambu/rerajahan ring buana alit (angga sariraning sang wininten wiwa) 

7. Memasuki areal jeroan pura panataran merajan agung dalem tangsub dan menghadap sang pamuput atau guru nabe nunas Panglukatan pajayan-jayan. 

8. Nganggen sirowista dan kalpika
 
9. Nunas padudusan, lis gde, pungu-pungu dan natab pancawara. 

10.  Ngaturang pamuspan

11. Setelah itu diberikan rurub pawintenan wiwa

12. Kapica ponjen (tempat sebagai wadah segala ilmu, pawisik maupun anugrah yang diberikan oleh Ida Bhatara Hyang Sinuhun melalui guru nabe) 

13. Yoga nindra (memakai rurub) 

14. Mendengarkan pawisik wiwa yang di tuduhkan oleh para guru nabe, sambil memegang ponjen di depan dada / ngrogo sukma/ngranasika.

15. Katapak antuk prelingga Ida Bhatara Hyang Sinuhun Siwa Putra Prama Daksa Manuaba. 

16. Rurub dibuka langsung menggunakan semayut. 

17. Nunas sad rasa/ngelungsur pedambel

18. Natab tebasan pawintenan /ngurus ayu piodalan

19. Menghadap kembali didepan sang guru nabe memakai rurub dikepala sebagai restart untuk yang lanang dan rurub yang istri di selempangkan di leher serta nunas tirta upasaksi pawintenan. 

20. Melaksanakan proses tata lungguh magegentan 

21. Panugrahan ilikita / piagam pawintenan pinaka cihna sekala niskala sampun dados pinandita wiwa nganter panca yadnya dengan tetap ngelungsur panugrahan guru nabe. Beliau saat itu juga sudah bergelar sebagai jro mangku gde/pinandita wiwa.

22. Setelah itu peserta diarahkan Kembali kerumah masing-masing serta membawa ponjen pulang untuk ditempatkan pada pelangkiran rumah dan melaksanakan tapa brata mamutih selama 3 hari.

23. Setalah 3 hari melaksanakan tapa brata Kembali menghadap ida nabe untuk melaksanakan paleburan pawintenan dan peserta dinyatakan selesai melaksanakan tapa brata. 


24. Proses selanjutnya melanjutkan pemantapan diklat pemblajaran (aguron-guron) hingga 8 kali pertemuan lagi yang sebelumnya sudah dilakukan sebelum melaksanakan pawintenan sebanyak 10 kali pertemuan.   


Kamis, 22 Juni 2023

Aji Maya Sandi

Nafas (Prana) dalam Aji Maya Sandi
Ketika tiada apa-apa, yang ada hanyalah Tuhan Paramasiwa atau Nirguna Brahma,

yang berwujud sunyi sepi, kosong dan hampa,

kemudian Tuhan Paramasiwa / Nirguna Brahma

menjadikan diri-Nya Sadasiwa / Saguna Brahma

berbadan Purusa dan Prakerti.

 

Ya Tuhan, Anugrahkanlah hamba pengetahuan sejati untuk dapat hamba jadikan jalan menuju penyatuan kepada-MU. Jadikanlah badan hamba mampu memangku segala ajaran rahasia-MU, semoga ajaran kesucian yang ENGKAU anugrahkan, dapat membuat suci hidup hamba dalam dunia ini, sampai ketikanya nanti hamba kembali pada-MU.

Om prano dewi saraswati, wajebir wajiniwati dhinam awinyawantu.

Om awighnam astu namo sidham

“Mudah-mudahan tiada mendapat halangan”.

Inilah Beliau Hyang Maya Sandhi yang mewejangkan beberapa ajaran kepada para murid Beliau, menguraikan tentang permulaan terjadinya dunia ini. Adapun isi pembicaraan Beliau adalah sebagai berikut: Duhai ananda para muridku, dengarkanlah kata-kataku yang menguraikan tentang kelengkapan suatu ajaran dan janganah kalian tiada menaruh kepercayaan, karena ini adalah anugrah dari Hyang Ajiswara yang wajar kalian laksanakan semasih hidup hingga mati, dan tiba saatnya pada penjelmaan kalian nanti. Pada saat dunia baru saja tercipta/diciptakan, menyerupai PULAU CANDANI dan disebut pula Gedong Kesuma. Adapun keterangannya: Gedong adalah Kundi manik, dan Kesuma berarti Amertha, dan arti keseluruhannya adalah Kundi manik yang berisi Amertha. Terdapat empat jenis KAMA diantaranya: 1. KAMA MERAH, 2. KAMA PUTIH, 3. KAMA DADU, 4. KAMA HITAM, Kama Merah dalam penjelmaannya menjadi seorang Perempuan, Kama Putih dalam penjelmaannya menjadi seorang Laki-laki, Kama Dadu dalam penjelmaannya menjadi seorang yang tak dapat disebut Laki-laki atau Perempuan serta Kedi (Sulit mencapai umur Dewasa), sedangkan Kama Hitam menjelma menjadi seseorang yang berwajah Tampan, penuh dengan akal budi, hidup penuh dengan kemewahan dan dihormati oleh orang banyak. Jika Kama Hitam itu menjelma sebagai seorang wanita (perempuan) memiliki wajah yang ayu, banyak menurunkan putra-putri, disayangi oleh suami, penuh dengan kesopanan segala gerak-geriknya.

Adapun nama-nama dari keempat Kama itu adalah: Kama Merah ialah SANG HYANG CANDRAKANTA, Kama Putih adalah SANG HYANG SURYAKANTA, Kama Dadu adalah SANG HYANG GREHEKERTA, dan Kama Hitam adalah SANG HYANG LENGLENGMANGA. Sedangkan jalannya keluar keempat Kama tersebut selama berada dalam Kundi Manik ialah: Kama Putih melalui Paha Sebelah Kanan, Kama Merah melalui Paha sebelah Kiri, Kama Dadu melalui di Tengah-tengah kedua buah Alis, sedangkan Kama Hitam tiada dibolehkan menyebutkan kemana jalan keluarnya, hanya dirasakan dalam Badan/Tubuh dalam Sekala Niskala, karena tiada boleh diketahui orang banyak. Tiada yang menyamai keutamaannya Kama Hitam itu, dan tak terbandingkan keistimewaannya. Kama Hitamlah yang senantiasa ikut serta dalam Hidup ini hingga Mati. Dan wajar disembah, dijunjung, karena Kama itulah memberikan kesejahteraan, keselamatan, yang didapat selama berada di dunia ini, serta memberikan petunjuk jalan ke Sorga, dan untuk menjelma kembali, mendapatkan keterangan pada saat menjelang kematian, yang sangat diikat oleh rasa kasih sayang, nah itulah sebabnya tak ada yang menyamai keutamaannya Kama Hitam tersebut.

Pada saat masih berada dalam Pulau Candani (Perut Wanita), Kama Hitam itu bercampur dengan Sang Hyang Kama, yang bernama: KAMAJAYA KAMARATIH. Adapun yang membuat suatu pembuahan (akan menjadi anak) adalah Sang Hyang MELENG dan SANG HYANG SELENG atas perintah dari SANGHYANG SIWATANAYA. Pada saat telah berbentuk manusia yang membuatnya bernama Sang Gama Loding. Ketika ananda telah menjadi empat bagian diantaranya; Si Mah, Si Wah, Si Ih, dan Si Uh Sah, yang keterangan lengkapnya adalah sebagai berikut: Si Mah adalah Yeh Nyom, Si Wah adalah Banah (Tali Pusar), Si Ih adalah Getih (Darah), dan Si Uh Sah adalah Ari-Ari. Pada saat menjelma disebut Sang Rare Kula, adapun Beliau yang bergelar Sang Hyang Siwa Jati lah yang memberikan ketentuan Batas tentang lamanya ananda berada di dalam Gedong Kusuma (Perut Ibu). Setelah ananda berumur 7 bulan ananda bernama Sang Gana Geni Molah, pada saat ananda Lahir ananda bernama Sng Kunjara Dewa. Siapakah diantara kalian yang dapat mengetahui ketika masih berada dalam Gedong Kusuma (Rahim/Perut Ibu), yang penuh kegelapan itu.

Apakah Kalian bermaksud hendak mengetahui semasih dalam perut ibumu, ananda akan mengingat pula semasih berada dalam Pulau Candani dan jika ananda bermaksud mengetahuinya, lihatlah gambar ini:

Maka gambar itu diperlihatkan oleh Sang Hyang Maya Sandhi, lalu diperhatikan oleh keempat murid beliau, membuat mereka sangat kagum akan keluhurannya , serasa telah benar-benar mengenal Siwa Bhwana, setelah melihat gambar yang terdapat pada perut Sang Hyang Maya Sandhi itu.

Maka dengan serempak keempat para murid beliau itu berdatang sembah, kemudian berkata: setelah hamba melihatnya, serta telah menaruh keyakinan dan kepercayaan maka tuluskanlah anugrah terhadap diri hamba ini. Dimana mungkin hamba dapat memahami apa yang disebut Kamoksan, atau Kelepasan, apabila tiada Hyang Guru memberikan wejangan, tiada mungkin hamba dapat mengetahui apa yang harus diperbuat semasih berada dalam dunia ini, hingga dating waktu kematian. Demikianlah hatur keempat murid Hyang Maya Sandhi. Maka kembali Hyang Maya Sandhi bersabda: duhai para muridku, ketika ananda keluar dari gedong kusuma (perut ibu) ananda disongsong oleh Ibu Awa dan Bapak Adam, keduanya itulah yang mengetahui tentang kehidupanmu, tahu tentang apa yang disebut baik dan buruk, tahutentang Papa-Neraka dan kebahagiannmu.

Kedua beliau itulah yang seharusnya dihormati dan dijunjung selama di dunia ini. Pada saat ananda bepergian kemanapun, tujukanlah dan tempatkanlah ibu Awa dan bapak Adam pada pikiranmu ada pada badanmu, segala yang berniat jahat tidak akan berani terhadapmu, segala yang bernyawa yang dapat bergerak takut penuh kengerian melihatmu, sebab anandalah guru dari segala yang bernyawa dan yang dapat bergerak.

Ku sebutkan dimana kedudukan kedua beliau itu, yaitu: Ibu Awa berkedudukan pada Kuit Kepala dengan gerakan berputar tempat permandiannya adalah pada Tengkuk, dimana terdapat air kehidupan (Tirtha Amertha) yang datang dari Ampru (empedu). Bapak Adam berkedudukan pada ujung rambut dengan gerakan berputar, jika ia turun ke bawah maka ia bertemu dengan Ibu Awa tempat pertemuan keduanya (Ibu Awa dan Bapak Adam) adalah pada Garis-Garis Tulang Kepala, sedangkan tempat permandianya adalah pada ubun-ubun, disanalah terdapat Amertha yang mengalir dari Telaga Murdha merupakan percikan dari kesejukannya ONGKARASUMUNGSANG. Itulah yang dilakukan dalam bepergian, tiga syarat yang harus kalian perhatikan seperti /misalnya: ANG, UNG, MANG, setiap yang deras jelas merupakan jalan Purusa dan yang lamban /lambat merupakan jalan Predana, dengan menunjukan tanda pada kedua lobang Hidung dan lakukan dengan setepat-tepatnya.

Jika deras keluarnya dari lubang hidung sebelah kanan, anggaplah Bapak Adam berada dibagian kanan Jalan itulah disebut Ang, anggaplah Ibu Awa di kiri jalan. Jika deras keluarnya dari bagian kiri itulah yang disebut Ung, ibu Awa berkedudukan disebelah kanan, Bapak Adam di kiri jalan, jika seimbang derasnya anggaplah Bapak Adam ada pada Pikiran dan Ibu Awa ada di belakanynya dan itulah yang disebut Mang. Lakukanlah dengan setepat-tepatnya, sehingga segalanya tak akan berani akan kekuasaanmu yang kalian dapatkan itu.


Raja Marga Yoga


Hakikat Raja Marga

1. Pendahuluan. 
Dalam ajaran Agama Hindu, Catur Marga adalah sebuah konsep ajaran yang termasuk bagian dari aspek Tattwa dalam kerangka dasar agama Hindu. Catur Marga berasal dari kata "catur" yang berarti empat dan "marga" yang berarti jalan. Catur Marga juga sering dikenal dengan sebutan Catur Marga Yoga. Catur Marga umumnya didefinisikan sebagai empat jalan untuk mencapai moksa dan membangun jagaddhita. Catur Marga adalah empat tahapan berjenjang dalam mencapai pemahaman akan hakikat Tuhan, hakikat kesemestaan, hakikat bertingkah laku, ritual, dan pemahaman-pemahaman tentang pengetahuan hakiki lainnya.

Bagian-Bagian Catur Marga Yoga
Catur Marga terdiri dari empat bagian, yakni:"
1. Bhakti Marga Yoga
2. Karma Marga Yoga
3. Jnana Marga Yoga
4. Raja Marga Yoga

Raja Marga Yoga adalah jalan atau usaha tertinggi untuk menghubungkan diri dengan Tuhan melalui jalan melakukan Yoga. Raja Marga memerlukan pengendalian diri, disiplin diri, pengekangan dan penyangkalan terhadap hal-hal yang bersifat keduniawian. Raja Marga Yoga adalah suatu jalan mistik (rohani) untuk mencapai kelepasan atau moksa. Melalui jalan ini seseorang akan lebih cepat mencapai moksa, tetapi tantangan yang dihadapinya pun lebih berat, orang yang mencapai moksa dengan jalan ini diwajibkan mempunyai seorang guru kerohanian yang sempurna untuk dapat menuntun dirinya ke arah tersebut.

2. Pembahasan
Jalan Mistik (Raja Marga) merupakan lelakon yang sifatnya mencari kebenaran lebih jauh tentang keberadaan Tuhan Yang Maha Rahasia dan berusaha dengan ilmu pengetahuan (Jnana) yang dimiliki untuk menguak tabir misteri dari Sang Maha Misteri. Dalam Karma dan Bhakti Marga, kegiatannya masih lebih banyak memakai jasmani, maka dalam Raja Marga yang bekerja lebih banyak hati dan pikiran. Melaksanakan upacara, beryadnya, dharma yatra dan sebagainya, adalah merupakan ruang lingkup dari jalan kerja (Karma) dan jalan Bhakti yang merupakan perwujudan dari sedikit Jnana yang dikuasai. Ketika manusia memperdalam ilmu pengetahuannya tentang hakekat ketuhanan, hakekat kehidupan, berpikir jauh tentang keberadaan alam kelanggengan yaitu alam kehidupan setelah kematian yang serba tidak kasat mata (gaib), maka yang banyak berperan adalah hati dan pikiran. Pikiran sangatlah berperan dalam menentukan arah dari perjalanan kehidupan manusia dan pikiran sangatlah sulit untuk dikendalikan. Kitab Saracamuscaya Sloka 80 mengatakan :
Apan ikang manah ngaranya,

ya ika witning indriya,
maprawati ta ya ring cubhacubhakarma,
matangnyan ikang manah juga prihen kahrtanya sakareng.
Terjemahannya :
Sebab yang disebut pikiran itu, adalah sumbernya nafsu, ialah yang menggerakkan perbuatan yang baik ataupun yang buruk; oleh karena itu, pikiranlah yang segera patut diusahakan pengekangannya/pengendaliannya.

Dalam kehidupan sehari-hari, pikiran akan selalu dipengaruhi oleh nafsu yaitu nafsu untuk berbuat baik (satwam), nafsu marah (amarah), nafsu birahi (kama), nafsu loba (lobha) dan nafsu iri hati (matsarya). Kelima nafsu ini, akan selalu menimbulkan dualisme (rwa bineda) dalam kehidupan manusia.

Dalam Bhagawad Gita Bab VII Sloka (27) dikatakan :
ichchhadvesha samutthena
dvandvamohena bharata
sarvabhutani sammoham
sarge yanti paramtapa

Artinya : 
semua mahkluk sejak lahir, oh Barata telah disesatkan oleh dualisme pertentangan yang lahir dari hawanafsu (birahi), ketamakan, amarah dan dengaki, wahai Parantapa. 
Sloka ini mengandung makna yang sangat dalam apabila dilengkapi lagi dengan nafsu berbuat baik. Karena di dalam diri setiap manusia apapun agamanya, apapun warna kulitnya, apapun suku bangsanya, kelima sifat ini sudah ada sejak lahir. 

Dalam perjalanan hidupnya kedepan, masing-masing orang akan tampak jelas sifat mana yang lebih dominan dalam kesehariannya. Musuh manusia yang paling utama adalah nafsu itu sendiri yang memang sudah disatukan oleh sang Maha Pencipta di dalam diri manusia. Maka dari itu, mengalahkan diri sendiri tidak lain adalah menekan hawanafsu sampai mati, setelah itu barulah dihidupkan, akan tetapi hawanafsu tersebut sudah dalam kendali intelek manusia.

Dalam Bab III Sloka (38) kitab Bhagawad Gita dikatakan :
dhumena ’vriyate vahnir
yatha ’darso malena cha
yatho ‘lbena ‘vrito garbhas
tatha tene ‘dam avritam

Artinya: 
bagaikan api diselubungi asap, bagaikan cermin diliputi debu, bagaikan bayi dibungkus dalam kandungan, demikian pula Dia diselimuti olehnya (nafsu).

Perumpamaan di atas menjelaskan kepada kita, bahwa bila ingin melihat api, maka asap haruslah dihilangkan, bila ingin melihat cermin, maka debu haruslah disapu bersih, bila ingin melihat bayi, maka kandungannya harus pecah (lahir) dan apabila ingin melihat Dia (Atman) maka segala nafsu haruslah dilenyapkan. Hawa nafsu dapat menyebabkan seseorang yang sudah memiliki ilmu pengetahuan, arif bijaksana menjadi gelap dalam bertindak manakala mereka lengah terhadap pertehanan dirinya yaitu eling lan waspodo (selalu ingat kepada Tuhan dan waspada terhadap godaan setan). Memang, untuk mengalahkan hawanafsu bukanlah persoalan mudah bagi manusia yang hidup di dalam dunia yang penuh dengan kenikmatan akan tetapi semuanya semu.

Selanjutnya Bab III sloka (41) mengatakan :
tasmat tvam indriyany adau
niyamya bharatarshabha
papmanam prajahi hy enam
jnana vijnana nasanam

Artinya : 
dari itu, oh Barata yang terbaik, kendalikanlah pancaidriamu pertama dan basmilah nafsu yang penuh dosa, perusak segala ilmu pengetahuan dan kebajikan.


Jadi tugas kita yang pertama adalah mengendalikan panca indria. Yang dimaksud adalah mengendalikan pikiran dari nafsu berbuat baik akan tetapi tidak ihklas (masih mengharapkan pahala), mengendalikan telinga (niatnya supaya tidak mudah tersinggung dan marah), mengendalikan mulut (niatnya supaya tidak menjadi orang yang mendewakan sifat loba), mengendalikan mata (niatnya supaya tidak menjadi orang yang mengumbar nafsu birahi), mengendalikan hidung (niatnya supaya tidak menjadi orang yang sirik kepaada orang lain). Setelah panca indria terkendali dan pikiran sudah terbebas dari pengaruhnya, maka secara otomatis pengaruh nafsu juga akan musnah dan terkendali. Untuk mencapai keadaan seperti ini, maka kita harus sering melakukan introspeksi kedalam diri, sering melakukan perenungan atau mengheningkan pikiran dan hati, sehingga antara pikiran dan hati selalu terjadi dialog tentang kebenaran yang hakiki yaitu Tuhan Yang Mahabenar. Hal ini dijelaskan dalam Bab VI Kitab Bhagawad Gita yang mengajarkan tentang Dhyana Yoga.

Dalam sloka (11), (12), (13), dan (14) disebutkan :
suchau dese pratishthapya
sthiram asanam atmanah
na ’tyuchchhritam na ’tinicham
chaila jina kusottaram
tatrai ’kagram manah kritva

yata chittendriya kriyah
upavisya ‘sane yunjyad
yogam atma visuddhaye
samam kayasirogrivam

dharayann achalam sthirah
samprekshya nasikagram svam
disas cha ‘navalokayan
prasantatma vigatabhir

brahmacharivrate sthitah
manah samyamya machchitto
yukta asita matparah

Artinya :
dengan teguh duduk di tempat yang bersih, tidak tinggi dan juga tidak rendah, ditumbuhi oleh rumput suci kosa, di atasnya kulit rusa dan kain silih bertindih.
Disana, dengan menyatupasukan hatinya, mengendalikan pikiran dan gerak pancaindria, ia bersila di atas tempat duduknya, melaksanakan yoga, menyucikan jiwa.
Dengan badan, kepala dan leher tegak, duduk diam tiada bergerak-gerak, tetap memandang ke ujung hidungnya, dan tanpa menoleh-noleh sekitarnya.
Dengan tenteram damai tiada gentar, teguh sebagai cantrik, menaklukkan hatinya dengan harmonis memikirkan Aku belaka, biarlah ia duduk, Aku jadi tujuannya.

Demikianlah Bhagawad Gita mengajarkan kita tentang konsep dasar dalam melakukan perenungan atau lebih dikenal dengan semadhi. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan semadhi antara lain : 

Tempat yang nyaman, kalau di luar sebaiknya yang ada rumputnya dan di atasnya diletakkan suatu alas duduk yang empuk dan tidak tembus air, supaya duduknya nyaman, kalau di dalam kamar suci, sebaiknya pakai alas karpet dan bantalan dari busa yang empuk. 
Suhu udara tidak panas atau terlalu dingin. 
Posisi badan ketika semadhi tegak kokoh, mata setengah memejam memandang ke ujung hidung dengan muka tetap menghadap kedepan. 
Pikiran harus dikendalikan dengan selalu memikirkan Tuhan yang ada di dalam diri kita. 

Dengan pikiran kita melakukan dharma yatra ke tempat yang paling rahasia yang ada di dalam diri kita yaitu singgasananya Sang Saksi Agung atau Roh yang menghidupi kita.

Ditegaskan dalam Bab VI sloka (20), (21) berbunyi :
yatro ‘paramate chittam

niruddham yogasevaya
yatra chai ‘va ‘tmana ‘tmanam
pasyam atmani tushyati
sukham atyantikam yat tad

buddhigrahyam atindriyam
vetti yatra na chai ‘va ‘yam
sthitas chalati tattvatah

artinya:
disana dimana pikiran telah tenteram terkendalikan oleh konsentrasi yoga, menyaksikan Jiwa dengan jiwa, dan jiwa merasa dalam bahagia.
Dimana dijumpai kebahagiaan terrtinggi dengan intelek di luar kemampuan pancaidria, disana ia mencapai tujuan dan tiada lagi jatuh dari kebenaran.
Dalam sloka di atas, merupakan gambaran dari seseorang yang telah berhasil mencapai tingkatan seorang yogi, dimana dia sudah mempertemukan antara jiwa pribadinya (kawula) dengan Jiwa yang agung (Gusti) atau dengan kata lain "manunggaling kawula lan Gusti". Orang yang sudah mencapai tingkat kesadaran seperti ini, sudah terbebas dari hukum reinkarnasi, kecuali Tuhan menghendaki dia harus turun lagi kedunia dengan membawa misi tertentu.

Dalam Bab VIII sloka (10), (12) dan (13) kitab Bhagawad Gita dikatakan :
prayanakale manasa ‘chalena
bhaktya yukto yogabalena chai ‘va
bhruvor madhye pranam avesya samyak
sa tam param purusham upaiti divyam
sarvadvarani samyamya

mano hridi nirudhya cha
murdhny adhaya ‘tmanah pranam
asthito yogadharanam
aum ity ekaksharambrahma

vyaharan mam anusmaram
yah prayati tyajan deham
sa yati paranam gatim

artinya:
Dengan bermeditasi pada saat ajal tiba, pikiran tenang, tetap berbakti dengan kekuatan yoga dan nafas hidup tepat ada diantara kedua kening, ia mencapai Dia Yang Maha Suci.
Semua pintu gerbang dikuasai, pikiran dibatasi oleh hati, nafas hidup di kepala, tegak dalam konsentrasi yoga.
Dia yang mengucapkan aksara tunggal AUM yaitu Brahman, dan mengenangkan Aku sewaktu ajal telah memanggil kembali meninggalkan jasmani, pergi ke tujuan tertinggi.

Oleh karena Raja Marga atau jalan mistik lebih banyak mempergunakan sarana pikiran dan hati dalam tujuan berkomunikasi dengan alam gaib yang sifatnya halus, maka mereka yang menempuh jalan ini haruslah senantiasa berusaha membersihkan pikiran dan hati dengan sesering mungkin melakukan japa, melepaskan keterikatan nafsu terhadap duniawi yang semu dan cendrung menjebak serta membebani pikiran manusia untuk kembali ke sangkan paraning dumadi. Dunia gaib adalah dunia halus, semakin keatas semakin halus. Dengan tekad yang kuat, teguh iman dalam menghadapi godaan dan cobaan dengan mengunci pikiran agar setiap saat menuju kepada Tuhan, sehingga ketika kita berbicara dan bekerja, semata-mata hanya karena Dia. Semua nafsu pribadi (ego) dilenyapkan, bebaskan pikiran dari dualisme baik dan tidak baik, benar dan tidak benar, kaya dan miskin, panas dan dingin, berdiri tegak dalam kebijaksanaan Tuhan, serahkan semuanya kepada Yang Maha Pencipta (Iswara prani dhana), maka atas restu-Nya, tujuan tertinggi Aham Brahman Asmi akan dapat tercapai. Orang dapat mencapai tingkatan ini adalah betul-betul merupakan manusia pilihan dari sekian banyak manusia yang sudah mencapai kesempurnaan. Diibaratkan, seperti tepung yang sudah halus, masih diayak lagi sehingga keluar yang terhalus. Disini, faktor kehendak yang sangat menentukan, siapa-siapa yang dipilih diantara mereka yang sudah mencapai tingkatan yang sempurna dalam kehidupan.

Bab VII sloka (3) kitab Bhagawad Gita menyebutkan :
manushyanam sahasreshu

kaschid yatai siddhaye
yatatam api siddhanam
kaschin mam vetti tattvatah
Artinya:
Diantara beribu-ribu manusia, hampir tak seorang mengejar kesempurnaan, dan diantara mereka yang berhasil, hampir tak seorang mengenal Aku dalam kebenaran.

Selanjutnya Bab VI sloka (47) mengatakan :
yoginam api sarvesham

madgatena ’ntaratmana
sraddhavan bhajate yo mam
sa me yuktatamo matah

Artinya:
Dan juga diantara semua yogi, dengan penuh kepercayaan menyembah Aku, dengan inti jiwa bersatu pada-Ku, ia adalah yogi terbaik bagi-Ku.

Raja Marga Yoga merupakan Puncak dari Bhakti Marga
Mari kita simak pertanyaan Arjuna kepada Kresna yang ditulis dalam kitab Bhagavad Gita Bab XII sloka (1) yang bunyinya :
Evam satatayukta ye
Bhaktas tvam paryupasate
Ye cha ‘py aksharam avyaktam
Tesham ke yogavittamah

artinya:
Jadi, penganut yang tawakal senantiasa menyembah Engkau, dan yang lain lagi menyembah Yang Abstrak, Yang Kekal abadi. Yang manakah lebih mahir dalam yoga?  
Ada keraguan dalam diri Arjuna tentang cara menyembah Tuhan. Mana yang lebih baik apakah menyembah Tuhan Yang Maha Abstrak yang jauh tak terbatas atau menyembah Kresna sebagai sang awatara Wisnu yang dapat dilihat dan diajak berbicara langsung oleh manusia.
Pertanyaan Arjuna tersebut dijawab oleh Kresna dalam Bhagavad Gita Bab XII sloka (2) yang berbunyi :
Mayy avesya mano ye mam
Nityayukta upasate
Sraddhaya parayo ‘petas
Te me yuktatama matah

Artinya:
Yang menyatukan pikiran berbakti pada-Ku menyembah Aku, dan tawakal selalu, memiliki kepercayaan yang sempurna, merekalah Ku-pandang terbaik dalam yoga.
Bhagavad Gita Bab XII sloka (3) dan (4) yang berbunyi :
Ye tv aksharam anirdesyam
Avyaktam paryupasate
Sarvatragam achintyam cha
Kutastham achalam dhruvam
Samniyamye ‘ndriyagraman
Savatra samabuddhayah
Te prapnuvanti mam eva
Sarvabhutahite ratah

Artinya:
Tetapi mereka yang memuja Yang Kekal Abadi, Yang Tak terumuskan, Yang Tak nyata, Yang Melingkupi segala, Yang Tak terpikirkan, Yang Tak berubah, Yang Tak bergerak, Yang Konstan, dengan menahan pancaindria, hawanafsu selalu seimbang dalam segala situasi, berusaha guna kesejahteraan semua insani, mereka juga datang kepada-Ku.
Dalam medalami makna dari sloka di atas, yang harus dikaji lebih teliti adalah terhadap obyek bhakti dan sembah, yaitu Tuhan Yang Kekal abadi dan Aku. Aku yang dijadikan tujuan dari sembah menurut sloka di atas bukan Sang Kresna yang berwujud manusia. Yang dimaksudkan dengan Aku adalah ATMA (bagian dari Roh Suci Tuhan) yang berdiam dalam diri manusia.

Banyak ayat-ayat weda dan sloka yang menyatakan bahwa Tuhan Yang Maha Esa berdiam di dalam diri manusia, Tuhan ada di dalam dan di luar diri manusia. Oleh karena itu, manusia dalam mencari Tuhan tidaklah perlu jauh-jauh dan tidak perlu melalui perantara makhluk lain, sebab Tuhan itu sangatlah dekat dengan kita. Pemahaman dan keyakinan inilah yang sangat penting untuk ditanamkan kepada diri kita dan generasi umat hindu kedepan, bahwa dalam mencari Tuhan Yang Maha Agung carilah terlebih dahulu bagian dari Roh Tuhan yang ada di dalam diri kita. Apabila kita sudah ketemu dengan Roh yang memberi kehidupan kepada kita, maka kita akan ketemu dengan Tuhan Yang Maha Agung.

Kesukaran pada orang yang pikirannya terpusat pada Yang Tak termanifestasikan jauh lebih besar, dibandingkan dengan yang memusatkan pikirannya kepada bagian Tuhan yang berdiam di jantung hati kita.

Sebagai bakta (orang yang senang berbakti), seharusnya mengerti betul tentang konsep bakti seperti apa yang dikehendaki sesuai dengan ajaran kitab suci. Apakah dengan membuat beraneka ragam sesaji, memotong berbagai macam binatang atau dengan mengasingkan diri ketengah hutan, itukah bakti yang dikehendaki oleh kitab suci?
Mari kita renungkan sloka (17), (18) dan (19) yang tercantum dalam kitab Bhagavad Gita Bab XII berbunyi sebagai berikut :
yo na hrishyati na dveshti
na sochati na kankshati
subhasubha parityagi
bhajtiman yah sa me priyah
samah satrau cha mitre cha
tatha manapamanayoh
sitoshna sukhaduhkheshu
samah sangavivarjitah
tulyanindastutir mauni
amtushto yena kenachit
aniketah sthiramatir
bhaktiman me priyo narah

Artinya:
dia yang tiada bersenang dan membenci, tiada berduka dan bernafsu apa-apa, membebaskan diri dari kebaikan dan kebatilan, penuh dengan kebaktian, dialah yang Ku kasihi. Dia yang sama terhadap kawan dan lawan, juga sama dalam kehormatan dan kecemaran, sama dalam panas dan dingin, suka dan duka, bebas dari belenggu keinginan semua, Sama terhadap puji dan maki, pendiam, prihatin pada apa adanya, tiada tempat tinggal, teguh imannya, yang berbakti begini inilah yang Ku kasihi.

Dari yang tersirat pada sloka-sloka di atas, dapat kita ketahui, bahwa pengertian bakti ternyata sangatlah dalam sekali yaitu menjadikan manusia pada posisi titik nol. Manusia yang sudah mencapai tingkatan nol (mati dalam kehidupan dan hidup dalam kematian), dia akan merasakan antara senang dan duka, kaya dan miskin, bagus dan jelek, tinggi dan rendah, segumpal tanah dan emas, pintar dan bodoh, semuanya sama. Dia sudah bisa melepaskan diri dari sifat dualisme. Inilah kebaktian puncak yang seharusnya dicapai oleh manusia. Namun demikian, untuk mencapai tingkatan bakti seperti yang dimaksudkan di atas bukanlah persoalan mudah, karena diperlukan tekad yang sangat kuat dalam mejalankan tapa, brata, yoga dan semadhi setiap hari. Janganlah konsep tapa, brata, yoga dan semadhi hanya dijadikan sebagai teori dan disimpan dalam otak sebagai perpustakaan maya, digembar-gemborkan ke segala penjuru arah, sebagai pemanis dharma wacana, akan tetapi harus dipraktekan, dilaksanakan, sehingga kita bisa merasakan dan menemukan sendiri hakiki dari tapa, brata, yoga dan semadhi tersebut. Bukan berdasarkan kata orang, kata penceramah atau kata Pendeta/Sulinggih, akan tetapi karena menemukan langsung didalam diri sendiri.

Bagaimana dengan pelaksanaan bakti dari umat hindu yang lebih menonjolkan symbol-simbol keagamaan, aneka ragam sesaji seolah-olah para gaib (bhatara dan dewa) perutnya sama besarnya dengan manusia, memotong hewan korban (caru) karena rasa takut terhadap para bhuta kala? 
Apakah itu bisa dikatakan salah? 
atau tidak sesuai dengan ajaran kitab suci? 
Lalu siapa yang berani mengatakan bahwa hal itu salah atau benar? 

Menjelaskan hal tersebut di atas, orang haruslah bisa seperti lautan yaitu mempunyai wawasan yang sangat luas dan mendalam secara hakiki (jembar nalar jero dalem).

Pelaksanaan bakti yang ada sekarang, dimana orang hindu (umumnya di Bali) cendrung memilih jalan material yang lebih ditonjolkan, tidaklah salah bagi mereka yang tingkatan jnananya baru pada tingkatan agama (sabda) pramana. Artinya, pelaksanaan bakti mereka baru pada tingkat pemahaman sebatas apa yang tersurat dalam kitab suci terutama lontar-lontar purana yang ada atau sebatas apa yang sudah diterima dari para guru, atau leluhur mereka. Apabila ada orang lain yang mengatakan hal tersebut salah, mereka pasti akan membantah dengan perasaan murka. Mereka yang dalam tingkatan ini, menjalankan bakti dan sembahyang masih pada tingkat sembahyang raga.

Lain lagi bagi mereka yang sudah melaksanakan anumana pramana (analisa, pencarian lebih dalam tentang sesuatu), mungkin jawabannya akan lain. Mereka ini sudah berada pada tingkat bakti dan sembahyang rasa dan sudah mendekati pada tingkat sembahyang cipta.
Bagi mereka yang sudah sampai pada tingkatan pratyaksa pramana, juga jawabannya akan sangat berbeda dan bahkan kontradiktif (berlawanan) dengan fakta yang ada, karena mereka sudah menyaksikan langsung kenyataan yang ada di alam gaib. Mereka yang sudah sampai pada tingkatan ini, bakti dan cara sembahyangnya sudah sampai pada tingkatan cipta dan sukma. Mereka menyaksikan bagaimana cara bhatara dan bhuta kala makan sesaji, apa sebenarnya kesukaan dari para gaib. Mereka sudah bisa berkomunikasi langsung dengan gaib dengan memakai bahasa bathin (bahasa rahasia). Pertanyaan yang patut kita jawab,
tidakkah ada niat dari kita untuk meningkatkan derajat kita sebagai manusia di mata Tuhan sehingga Roh kita bisa kembali kepada-Nya?
Bagi yang menjawab “ada niat”, disarankan cepat-cepatlah selesaikan dahulu 3 bagian dari catur Asrama, jadilah Murid yang baik (brahmacari) belajarlah berbagai pengetahuan (Veda), bangunlah keluarga yang bahagia dengan mempraktekan pengetahuan yang sudah dipelajari, selesaikan tugas-tugas sebagai orang tua dan anggota masyarakat (Grahasta) agar tiada lagi yang menggangu/terikat duniawi dan kemudian mulailah bijaksana dalam menjalankan dhrama (Wanaprasta) dan setelah masuklah Sanyasin. dengan memasuki Tahap Sanyasin ini, barulah Jalan Bhakti Murni dapat terlaksana saat itu janganlah menyembah kepada dewa, bhatara dan para leluhur, apalagi kepada bhuta kala. Menyembahlah hanya kepada Yang Maha Absolut yang menciptakan kita dan berada di dalam diri kita. Jangan menyembah selain Dia. Kepada para dewa, bethare, leluhur kita cukup hanya sebatas saling menghormati sesama makhluk ciptaan Tuhan (Tat Twam Asi). Inilah amanat suci dari kitab weda, apabila kita ingin dekat dengan Tuhan yang menciptakan kita.

Konsep pemahaman menyembah Tuhan melalui dewa, bhatara dan leluhur harus dihilangkan dengan alasan bahwa : pertama Tuhan ada di dalam diri kita dan kedua dewa, bhatara dan leluhur belum sampai pada tingkatan mengenal Tuhan yang sebenarnya, atau belum sempurna yang sejati. Sebaliknya, malahan kita yang harus mendoakan para bhatara dan leluhur yang dulunya adalah manusia dan masih membawa dosa ketika pulang ke alam kehidupan, agar segala dosanya diampuni dan dianugrahkan kesempurnaan kepada mereka.

Bagi saudara-saudara yang dalam proses mencari jati diri yang sejati, ini akan merupakan bahan renungan yang dalam ketika sedang berjalan mencari Yang Maha Rahasia. Akan tetapi, bagi saudara-saudara yang masih terkungkung dalam pola pikir sabda pramana, begitu kata lontar, begitu kata orang, anak sube keto dapet uling pidan (sudah begitu diwariskan dari dulu), saran ini akan dianggap racun yang akan merusak tatanan yang sudah ada sejak dulu. Hal demikian itu sangatlah wajar, karena sangat tidak mudah untuk merubah kebiasaan seseorang apalagi sesuatu yang menyangkut keyakinan dan kita semua haruslah sepakat, bahwa dalam hubungan manusia dengan Tuhan yang menciptakannya (vertikal) adalah sangat individu, orang lain tidak bisa ikut campur. Namun demikian, sebagai manusia kita juga tidak baik terlalu egois hanya mementingkan hubungan vertikal saja, akan tetapi jauh lebih penting apabila kita bisa memelihara hubungan yang harmonis berdasarkan kasih diantara sesama manusia. Masyarakat di Bali sangat mencintai ajaran kasih yaitu Tat Twam Asi yang diwujudkan dengan menghaturkan sesaji kepada para bhatara dan bhuta kala. Akan tetapi, dalam mengimplementasikan ajaran kasih terhadap sesama manusia sangat berbeda dibandingkan terhadap para bhatara dan bhuta kala. Sesama manusia masih banyak yang saling iri hati, saling menghina, saling menjelekan, berebut warisan dan sebagainya, merupakan suatu fenomena tentang masih dangkalnya pengetahuan agama yang dimilikinya karena terselimuti rasa ego, sifat merasa bisa, loba, sirik, nafsu dan marah. Dalam perjalanan mencari jati diri yang sejati, hal-hal seperti di atas harus direnungkan secara mendalam. Pusatkanlah sembah dan bhaktimu hanya kepada Tuhan Yang Maha Esa kalau kamu ingin bertemu Tuhan, tanpa perlu perantara siapapun.
Dalam Bab XII sloka (20) kitab Bhagavad Gita ditegaskan :
ye tu dharmyamritam idamyathoktam paryupasatesradhadhana matparamabhaktas te ’tiva me priyah

artinya:
Tetapi mereka yang dengan kepercayaan mengikuti ajaran dharma yang kekal abadi seperti tersebut tadi, dan menjadikan Aku sebagai tujuan mereka tertinggi, penganut yang begini inilah yang paling Ku-kasihi.
Dalam Rgveda X.121.8, dikatakan :
Yasvidapo mahima paryapasyadDiksam dadhana ganayantir yajnam,Yo devesvadhi deva eka asitKasmai devaya havisa vidhema.
Maksudnya:
Dewata yang manakah yang kita puja dengan persembahan ini?
Dewata yang dalam kemuliaan-Nya melihat air, memberikan kekuatan spiritual dan mendorong kita agar melakukan pemujaan, Tuhan Yang Maha Esa di atas para dewata. 

Kalau kita meyakini, bahwa tujuan utama dari ajaran Weda yang merupakan kitab suci bagi umat Hindu yaitu Aham Brahman Asmi, menyatunya roh yang ada di dalam diri kita kepada Roh Yang Agung (Parama Atman), maka ketika kita melakukan sembah, peikiran dan ucapan kita haruslah tertuju langsung kepada Tuhan, tidak lagi melalui perantara siapapun.
ini adalah tingkat Bakti terakhir yang dijalankan oleh umat yang menjalankan tahap kehidupan Sanyasin, yang sudah melepas keduniawian, melupakan keluarga dan materi yang ada.

3. Kesimpulan
Dari sloka-sloka di atas, makna yang terkandung adalah, betapa sulitnya perjalanan manusia dalam usahanya ketemu dengan yang menciptakan dia, yaitu Yang Maha Rahasia dan Maha Misteri, walaupun sudah diturunkan kitab-kitab suci yang dapat dijadikan sebagai penuntun mereka. Yang Maha Misteri tetap misteri bagi ciptaan-Nya.

Sebagai manusia, wajib berusaha untuk bisa merobah kodrat Tuhan, karena Tuhan tidak akan merubah keadaan seseorang tanpa ada usaha yang keras dari yang bersangkutan. demikianlah tentang Raja Marga Yoga. 

Rabu, 21 Juni 2023

Panugrahan Wisnu

Panugrahan ajaran Wisnu adalah sarinya kautamaan. Beliau sebagai Dewatanya kesaktian. Beliau adalah sebagai utamaning kemoksan, dan merupakan keputusan kalepasan. Bila kita bisa mendapatkan panugrahan ini, maka jadilah manusia sakti mawisesa, di dalam alam nyata, menjadi sidhi ngucap, di alam niskala mendapat kebahagiaan. Bila berdosa pada waktu menjelma menjadi manusia, dapat diampuni adanya, oleh panugrahan ini. Jauhlah penderitaan itu, dan juga dapat melepaskan segala penderitaan semua keturunan dan para leluhur semua.

Ini agar dapat diketahui asal usul Beliau Bhatara Wisnu. Sebenarnya Beliau adalah perwujudan Amerta, berbentuk sangkaning paran, tatkala Beliau menyepi berwujud Sangkan Paraning Suci, berstana di tengah lautan disebut Bhatara Wisnu, disini Beliau bergelar Sang Hyang Sunia Merta. Asalnya Agni bersatu dengan angin. Dan Beliau sebenarnya adalah perwujudan toya. Sebagai sarinya amerta. Sebagai sarinya tumuwuh, Beliau juga berada di dasar Bumi. Beliau juga berstana di Gunung Tapsai, mengendarai Padma Nglayang, kemudian Beliau disebut Sang Hyang Sunia Amerta. Beliau juga berstana di Puncak Ulun Suwi, berwujud Amerta Sanjiwani. Selain itu, Beliau juga berstana di Gunung Batur, dan juga di Puncak Pangelengan, berwujud Gni tanpa leteh.

Pasuk Wetuning Aksara Kanda Swara

Iti ngaran pasuk wetuning aksara ah ih uh eh oh
1b.Om Awighnà pamastu namasidem.

Iwastu satàwayanya, pangaringkes aksara kanda swara, kawruhakna pasuk wetunya, yan sira wruha ring kalingan iki, tlas papa naraka bapabunta, tekang (sa)riranta, iki kamulaning panulak satru, mwang sarwa wisesa, sami pada kasor denya, anghing haywa wera ring wong lyan, apan dahating uttama aksara iki, rasamangkanak palanya, patemuning tastra : kanda Swara luwirnia eh oh, dadi ong kara ngadeg, magenah ring udel, pan tastraning tastra: ah  dadi Ah, magenah ring telapang tangan tengen, ih uh dadi Ang, magenah ring telapak tangan kiwa. -/-

2a.Ang lawa(n) Ah, masalin rupa, marupa Ong-kara, matemu ring ati, raris kapukuhing lidahe dadi ardhacandra, windu, nada. Ardacandra ring gidat genahnya, windu ring gentil irung genahnya, nada tungtunging irung genahnya. Wus samangkana mawak siwa, sadasiwa, Paramasiwa. Tejanya aketi abara inget, telas.

Iti panulak sarwa baya mancana sarwa krura, sarwa galak, sarwa aeng, palanya mari ya mamigrain. Sa, sakarepta, wenang. Ma, :

Om pritiwem apah teja bayu akasa, nga, -/-

2b.haeng haeng tan mandi, mari sang sdahan, Im hejoh hetpet. 3x, aku Sang Hyang Panca Maha Bhuta, terus ring luhur, kasaktian ku Sang Hyang Licin, sarwa satru pat swaha.

Iti mantra anggen mangraksa raganta, nanging mantrakna sari-sari, ring kalaning wengi, yan hana wong paksa angleyakin, mwang anesti, aneluh anerangjana, salwiring makarya hala ring raganta, palanya balik ya agring meh katekan mati wong mangkana, yanya tan mati meh buduh ya mwang agring, mangkana pwaranya, mantra iki -/-

3a. nanghing pingitakna nganggen mantra iki, apan dahating kawibaran mantra iki, nga, Durggha Redana, ma, : Om nama Bagawati, warntadhaga, kala sahiri, mahetpananyam, karetu sarwe sam, satrunam bawantu, siddhirastu tatastu rastu swaha, telas.

Hyang Bagawati magenah ring madyaning lidah, I Kalika magenah ring tungtunging lidah, regepakna, haywa wera ring wong len.

Nyan kaputusan Sang Hyang Prawatek dewata Nawasangha, kawruhakna ring bwana alit, ring sariranta, ndya ta unggwanya ring bwana sariranta -/-

3b. Iti Sang Hyang Aksara Kanda Swara, nga, sira angadakaken Sang Hyang Tastra saider bwana, mungguh Sang Hyang Pranawa :

Ah kangin magenah ring papusuh,

Ih kelod magenah ring ati,

Uh kauh magenah ring babuahan,

Eh kaja magenah ring nyali,

Oh, magenah ring madya,

magenahakna ring pagantunganing ati.

Iti Sang Hyang Ong-kara, Sang Hyang kapatyan, anggawe tatsra asiya lwire -/-

4a.Ah Ih Uh Eh Oh, ngaran Ong, mwang anggawe tiga, ndya ta tastra tiga, lwire : Ang Ung Mang. Mwang anggawe Sang Hyang Tastra Rwabhineda, lwire Ang Ah. Yan wus samangkana denta angwruha, hawya wera, simpenakna denta apang pened, pamulihakna Sang Hyang Aksara Kanda Swara iki, pasakna denta apang jati, lwirnya :

Ih mulih ring Uh,

Eh mulih ring Oh,

Ah mulih ring A,

Ah Ih Uh Eh Oh mulih ring Sang Hyang -/-

4b. Tastra Pasupati Ong-kara, Sang Hyang Tastra Pasupati Ong-kara mulih ring Sang Hyang Tiga, A, U, Ma, Sang Hyang Tiga mulih ring Rwabhineda, Ang Ah, Sang Hyang Rwabhineda mulih ring Ardacandra, ‚, Ardacandra mulih ring windu,Ο, Windu mulih ring nada, Δ , telas, haywa wera, utama dahat, aksara iki, apa gagelaran pati lawan urip, wenang gelarakna apang sing i papa klesa ring sariranta, mwah wenang anggen pangalah satru wisesa, mangkana gni kunda rahasya utama, ya ika mageng tan polah, mawisesa hana iti.

5a. Telas aksara iti.dadi api

5b. Iti unggwaning Ardacandra mwang Windu Nada, nga, mwang Rwabhineda, nga. Mwang Ong-kara Sumungsang, nga, unggwanya Sang Hyang Tiga, nga, Brahma Wisnu Iswara,

Sang Hyang kalih, munggu ring nabi genahnya, Ang. Ne luhuring siwadwara magenah, Ah. Ongkara mungguh ring pala kiwa tengen, Ong, Sang Hyang Tiga, metu ardacandra windu nada, unggwanya, ardacandra ring ulu arsa, windu ring udel, nada ring tungtunging purusya, anerus ring telenging ati, mwah anerus ring tengahing ampru, anerus ring pagantunganing idep -/-

6a. Mwah akumpul ring cacupu inten, ika citta, mulih maring pucuk tiga, ulenganing tingal, tungtunganing nggarung, pucukaning pusa, paunggwaning Sang Hyang Tiga, makumpul dadi ika, yan sira harep anglekas, pepek de nira halanggi mwang haturu, pujanira ring teneng, marukse suku kiwa, tanganta ring kiwa, gamelana sunduk den apageh, pelengakna pucuk tiga, haywa kumdep.

Pasuk wetunya Aksara Kanda Swara mwang iki : Ah Ih Uh Eh Oh¸.

rumuhun iki dadi Ong-kara sumungsang. -/-

6b. metu parek dening Sang Hyang Rwabhineda, unggwanya ring dada, ring siksikan, haywa wera, tan siddhi palanya, mulih ring sariranta makumpul lungguh.

7a.ApiYeh

7b. Iti Suksmaning Kanda Pat, nga, ginawa maka kakudung urip, dahat wisesa sira. Kawruhakna haranya kabeh. Lwire, : yeh nyome madan I Anggapati, putih rupanya, ring pupusuh genahnya, ring cangkem pasuk-wetunya, ring engkok-engkokan genahnya. Getihe madan I Mrajapati, abang rupanya, ring ati unggwanya, ring irung pasuk wetunya, ring bawu tengen genahnya. Ari-ari ngaran I Banaspati, ireng rupanya, ring nyali genahnya, ring netra pasuk-wetunya -/-

8a. ring bawu kiwa genahnya.

Tahi langlang ngaran, I Banaspati Raja, kuning rupanya, ring ungsilan genahnya, ring karna pasuk-wetunya, ring pungkuring pamanggehan genahnya, telas.

Yan sira wruh samangkana, ika parama sakti dahat. Yan merentah sowang-sowang, awehakna sanakta kabeh, swaranya ka yeki japanya, : Uh swaranya I Anggapati, eling sira asanak -/-

8b. ring ingsun, ingsun tan lali asanak ring sira. Raksanen ingsun, yan hana sanjata lalandep, pe sanjata tumpaking awak sarinan ingsun, ampihang haja lali, poma, 3x.

Ah swaranya I Prajapati eling sira asanak ring ingsun, ingsun tan lali asanak ring sira, raksanen ingsun, yan hana sanjata lalandepe, sanjata tumampaking awak sariran ingsun ampihang haja lali lah poma, 3x.

Eh swarane I Banaspati, eling sira asanak ring ingsun -/-

9a. ingsun tan lali asanak ring sira, raksanen ingsun, yan hana sanjata lalandepe, sanjata tumampeking awak sariran ingsun, ampihang haja lali lah poma, 3x.

Ih swarane I Banaspati Raja, eling sira asanak ring ingsun, ingsun tan lali asanak ring sira, raksanen ingsun, yan hana sanjata lalandepe, sanjata tummampeking awak sariran ingsun, ampihang haja lali lah poma, 3x. Telas.

Rehnya mawas kiwa tengen, -/-

9b. mwang ring arep ring pungkur, pepetakna bayunta, kayanga mijilaken sanaknya, den kadi wong yanak-hanak, tan lyanan sake rika, tan mijil sanaknya, wus mangkana, yang hadres hirungnya kiwa, sukune kiwa tindakang dumun. Yan hadres hirungnya ring tengen, sukune tengen tindakang dumun, yan pada dresnya, metu ring irung mahancogan lumaku. Haywa sangsaya sira ring dalan, tan ngmasi sira ring dalam, mwah saparaning mintar, leya, -/-

10a. ndesti, teluh trangjana, durggha durjana, mawdi ngeb, salwir ing wisesa sami pada wdi mundur ajrih, telas.

Haywa wera uttama dahat iki yan sira wruha ring tutur iki, Yan wera geng hetung halanya, den singid ring hatinta juga, aja hima-hima.

Marganya, : Ang ring irung tengen, Ung ring irung kiwa, Mang ring tengahing irung.

10b. Unggwanya : Ang ring idep, Ung ring bayu, Mang ring sabda.

Mwah hana Tri Padanà, nga, : surya, bulan, bintang. Sabdanya : Ing Yang Mang, matunggalan, Ang Ing hapti, nga. Ung Ang upti, nga. Ong Mang, pralina, nga. Iti jatining Dasaksara, nga, pratastraning nabi, kaslahan dening Ing-kara dadi Panca Brahma. Ring luhur kaslahan dening Yang-kara, dadi Pancaksara. Ika kawruhakna apang jati. Kinemit dening sobdanya catur. Kayeki rerajahannya kawruhakna, -/-

11a. Huyuh angin, purusya Idep Bayu Sabda Pangaringkesan Aksara Kanda Swara, sampun mabungkulan pragat..... (rusak) 

12a. Panlasanya iki glarakna, .....(rusak) 

12b. Angen ngeseng satru, anggen angeseng salwiring lara roga wighna, salwiring papa ptaka, salwiring hala hala, leyak desti pada geseng, salwiring karyya pada geseng, anggen angurip wenang, anggen ngeseng wenang, kawibaran Sang Hyang Aksara Kanda Swara iki, haywa cawuh cawuh, ring prayogan Sang Hyang Aksara Kanda Swara. Haywa romon ring aksara puniki. Yan nguncarang mabresih dumun, mahening hening ring raganta, poma pingit akna ring adnyana pranawa. -/-

13a. Iti prayascitaning sarira, ngilangaken salwiring wighnaning sarira, mwang papa klesametu saking sarira, makadi bancana teka saking durggha wisesa, leyak desti teluh trangjana, mwang sangaraning sarira hala, ta geseng de nira sanghyang mantra, prayogakna, Sang Hyang ika Mantra, Sang Hyang Dasabayu sariraken ring raganta, sa, tirta mawadah payuk anyar, 1, daksina, l, den agenep, arta, 8.000, canang, 10 tanding raka sakawenang, pinuja ring sanggar rikala purnama, -/-

13b. tilem, asep den awangi, haywa wera, karungu dening wong len, ri wusnya mayoga, tirtanen raganta, kadi akrama, wehin anak rabinta tirta ika.

Phalannya wedi ikang kala durggha, doh ikang gring, sarwa lara wighna, utama dahat iki, druwe sang ratu, mwang brahmana, wenang angangge iki. Mantrannya:

Om idepa Sang Hyang Om-kara mungguh ring tungtunging rambut maraga Sang Hyang Siwa Nibana Wisesa.

Iti mantranya: -/-

14a.Om Sang Hyang Siwa Nirbana Wisesa mungguh ring agraning rambut ku, matapakan padmànglayang, sira anita(ha) ken salwiring lara roga papa pataka, wighnaning awak sariranku, angundurakan sarwa durga kala kabeh, Om Sang Hyang Sri we namo namah swaha.

I ring siwa dwara mungguh, idep Bhatara Siwa malungguh maring raga ika, ma, :

Ong Sang Hyang Siwa Murti Jati, malungguh ring siwadwaranku, matapakan padma bhwana, angleburaken lara wighna papa petakaning awak sariranku, amu -/-

14b. nahaken sapakriya hala, sarwa durga kala kabeh, Om sriya we namo namah swaha.

A, ring lalata, idep Bhatara Sadasiwa maraga, Om Sang Hyang Sadasiwa Murti, malungguh ring padmasana ratna, sira anganyutakena lara loga papa pataka wighnaning awak sariranku, angunduraken sarwa roga kabeh, Om Sriya we namo namah swaha.

Ka, ring rahi, idep Bhatara Suryya Candra mungguh ika, ma, :

Om Sang Hyang Siwaditya -/-

15a.malungguh ring padmànglayang, sira anuluhin saparaning durúana, asing akaryya hala ring awak sariranku wastu kita punah sarwa gunna wisesanta kabeh, mwah angilangakena lara roga wighnaning papa patakaning awak sariranku, Om Sriyya we namo namah swaha.

Sa, ring muka mungguh, ring idep Sang Hyang Maya Murti, ma :

Om Ang Sang Hyang Maya Sakti, malungguh ring padma nada, sira angemitaken awak sariranku, amrangakna salwiring awak sariranku, sakwehing desti teluh tarangjana -/-

15b.gegendu gentawang wastu sira punah teka geseng de Bhatara Maya Sakti, Om Sriya we namo namah swaha.

Ma, ring awakta, idep raga Sang Hyang Bayu mungguh ika, ma: Om Sang Hyang Prana Bayu Wisesa, malungguh ring padma cakra, mider amepeking awak sariranku, sira amagehaken sarwa wisya kabeh, sarwa lara roga wighnaning awak sariranku, mwah sapa karya lara kabeh, tan tumamah ring ring awak sariranku, Om Sriya we namo namah awaha.

Ra, mungguh ring wredaya / –

16a. idep maraga Adnyana Wisesa, ring tungtungin ati, ma, :

Om Sang Hyang Adnyana Wisesa, sira anglukat hanganyut mala papa petaka, lara roga wighnaning awak sariranku, mwah mwah amunahaken dasamala wikara pramala danda upadrawa ring awak sariranku, sakwehing akarya hala dusta durjana sira angunduraken, Om Sriya we namo namah swaha.

La, uderan, idep Bhatara Saddha Rudra, mungguh ring weteng ma,: Om Ang Sang Hyang -/-

16b.Sadha Rudra Murti, anggesengakna lara roga papa petaka lebur punah dadi hawu, anggesengkna salwiring papasangan, rarajahan, papendeman ring awak sariranku, asing kapangan-kinum teke geseng mwah sarwa durgatala kabeh, asing akarya hala ring awak sariranku, wastu geseng dadi awu, Om Sriya we namo namah swaha.

Wa, ring nabi lungguhnira, idep Bhatara Agni murub ring awak ku metu saking nabi, ma, : Om Ang Ang Sang Hyang Agni Ludra -/-

17a.Murti murub ring awakku, terus ring akasa mawak, anggeseng leyak kabeh, teluh trangjana kabeh, mwah papa klesaning awak sariranku, wastu geseng punah dadi awu, Om Sriya we namo namah swaha.

Ya, ring guya, idep Bhatara Semara, mungguh ring parama guhya, : Om Asmara Dewa Murti ring awak sariranku anglebur sakwehing papa ptaka, lara roga wighna, doh wikara pramala danda upadrawa -/-

17b. ning sarwa we, wastu punah hilang, Om Sriya we namo namah swaha.

Ung, ring padma wredaya, idepang Sang Hyang Ananta Bhoga, ma : Om Sang Hyang Ananta Bhoga, sira angruwataken salwiring mala wighna, wastu punah sakwehing mala ring awak sariranku, Om Sriya we namo namah swaha. Telas.

Iti Panulak Satru muang Sarwa Leyak, gering wisye katulak de nira, úa, : lontar gawa juga ring petpet wenang pangraksa jiwanta, ma, : Om idep aku Sang Hyang Anungku -/-

18a.Rat angraksa jiwa, Sang Hyang Taya angraksa bayu, Sang Hyang Parama Wisesa angraksa idep, Sang Hyang Acintya angraksa sabda, siapa wani hala paksane ring aku, buta kabeh manusa nembah, dewa asih, aku Sang Hyang Anungku Rat, mangraksa jiwa, sakti aku licin, gering wisya punah, sing teka pada punah, lah malarem, jeng poma, poma, poma, ang ah.

Iki ratuning Pangraksa Jiwa, nagaran Sang Hyang Ingkup Bhwana, sa, lontar gawa juga -/-

18b. sakti kita maya-maya, ma, : Om idep aku Sang Hyang Ingkup Bhuwana, Bhuta Wilis, ya waluya maya, raksa, úimaya, beta pimaya, ngudngen remaya, sambu ludra maya, yudistira maya, bima maya, partha maya, nakula maya, sadewa maya tumut sawangsanira, raksanen, duluring lampah laku japanku, lunga aku sakti, 3x. jeng, telas.

Nyan Sang Hyang Wisnu Murti, nga, sakti dahat, haywa wera, uttama temen, ngaran Pragolan, -/-

19a. suksma pakedepannya iki, salwiring leyak desti teluh terangjana, buta kala dengen, salwiring halabancana wedi ngeb, turakna ri talapake wehaning satru, ma, : Om Sang Hyang Brahma Loka, Hyang Wisnu Loka, sumurup ring Iswara Loka, anerus ring tungtunging adnyana sandhi, mwah ring tinghal kalih, kaweruhakena wetuning sanakta, Iswara ring papusuhan, Brahma ring hati, Mahadewa ring babuahan, Wisnu ring ampru, Idep bayu sabda. -/-

19b.angregep tak kodar sabda. Yan ngareping satru, ma. : Idep aku Bhatara Brahma maring tengen, Bhatara Wisnu ring kiwa, ring arep Bhatara Guru, ring pungkur Bhatara Mahadewa, Bhuta Saliwah, awak Bhuta Kakawah ngemit ring tengah, Bhuta Ari-Ari lawan Bhuta Rudira ngemit ring kiwa, Banaspati ngemit ring arep, Ih Bhatara Guru ring cangkem, Bhatara Wisnu ring irung, Bhatara Brahma ring tinghal, Bhatara Mahadewa ring karna, Bhatara Siwa ring padmaron, 100, -/-

20a. Paramasiwa ring padma pron, 20, Sadasiwa ring padmamron, 10, iti genep pangawkasan Bhatara Siwa, I hi ya ingsung Sang Hyang Tiga Maya, mangko insun Sang Hyang Mula Sweta, mangko iya manon, aranku Sang Hyang Gurudeya, mangko reh asing langgana. Marep purwa megeng bayunta, tan kodar sabda, tlas.

Iti Sang Hyang Siwàgni, nga, pangraksa ring sariranta, reh nye marep purwwa, andeleng suryya, dawuh ro, dawuh telu, ma, úa, toya anyar -/-

20b. ketisang sugiang inum, pada ping 9. Desti leyak rep, salantang jalan kawasa, mantrannya iki : Om idep aku Sang Hyang Siwa Guna, sahurubing langit, gunanku guna tunggal, magni ring sariranku, murub makatar- kataran mesat aku ring akasa, tumurun aku angadeg, aku satampak lemah, asing delengku teke tekol, satru musuhku wong kabeh, yen harep ko mandeleng tan hana socan ku, yan arep ko lumaku tan hana sukunmu, yan arep ko mangrenga, tan -/-

21a.hana karnanku, teke rep sirep, satru musuh ku wong kabeh, gumatap-gumitip, segara danu, teke rep sirep, sakwehing matangan masuku macangkem bungkem, teka bungkem, 3x. Apan aku pangawakan Sang Hyang Siwagni, teka ngandeg, jeng. 3x.

Nyan kaputusan Sang Hyang Nata ring Girinata, sa, lontar tulisin mantra, gawa juga mawisesa dahat sira, sakwehing leyak baktya, sakwehing bhuta wedi, mwah bhuta kala dengen mawedi, mwah asing elik amati-mati pada wedi, mwah satampak saluning -/-

21b. pande besi, tan tumamah ring awak sariranku, lunga jati teka jati, jawanira tan kasoran dening bawa kawisesan sira, yan tan wruha ring mantra iki gawa juga lontar iki, dahat wisesa sira, ma, : Om idep aku ring Sang Hyang Nata ring Girinata ring Gunung Agung, tedun ring madya pada, haranku Bhatari Sapuh Jagat, kawisesanira Hyang Bhatari Durggha, sapa wani ring aku, apan aku mulaning wisesa sakti, aku mulaning guna pangaruh, aku Sang Hyang Sapuh Jagat, leyak -/-

22a. putih nembah ring aku, leyak abang nembah ring aku, leyak kuning nembah ring aku, leyak ireng nembah ring aku, leyak amanca warna nembah ring aku, leyak katon leyak tan katon nembah ring aku, bare buta kala dengen nembah ring aku, sakwehing satru pada baktya, asing krode asih sakwehing durga urung, apan aku masarira marupa Durggha, rupanku Bhatara Girinata, luwih aku sakti, gering lara wisya katulak denku, aku Sang Hyang Sapuh Jagat hana guna -/-

22b.ning satru wisesa, aku munahang kroda punika punah, sakwehing sanjata amati-mati pada punah, teke punggel tikel, aku luput ring sakriyaning satru, apan aku nataning wisesa, tan katamanan aku satru, aku weruh Sang Hyang Liwing Girinata, nataning dewata, Sang Hyang Om-karàdikel, 3x.

......(rusak).... 

23a. Iti Pangasih Bhuta, Pangasih Dewa, mwang Manusa, gelarakna rikala ngabhakti ring dewa, anggen pangraksa jiwa wenang, sengkernya sahuripnya, úa, lontar tulisan mantra, Kaputusan Sang Hyang Mpu Bahula, wenang maka pangalahaning leyak kabeh, gering wisya teka punah denya, ma, : Ingsun angidepakem Sang Hyang Acintya Suksma, sakti pangraksa jiwa, apinda manusa sakti, aran Sang Hyang Mpu Bahula, angiring de -/-.

23b. ning weda japa sakti, ingiring dening Dewa Catur Loka, ngelukat leyak kabeh, anglukat gering wisya kabeh, yan hana leyak halapaksane ring pakaranganku, teka dingkel, 3x. teka pupug punah, asing teka ko satrunku kabeh punah, teka nembah nungkul, ko ring pakaranganku tekeng aku, apan aku uriping sarwa wisesa, wenang teka waras, 3x, Ang Ah, Ang, telas.

Iti Sang Hyang Mretyu, nga, ma, : Ih metu Sang Hyang Mretyu ring pabahanku, murub kadi geni ujwala, aku- -/-

24a. amancut atmaning leyak kabeh, mungguh ring tungtunging nada Sang Hyang OM-kara Ngadeg, asing katon denku lah pada geseng teka pada tikel, suksma bungker, 3x syah, 3x. Rehnya nuding leyak.

Iki Pangesengan Bhatara Brahma, nga, Ih aku Bhatara Brahma Sakti, sang apa mapas aku teka geseng, bhuta mapas aku teka geseng, kumatap-kumitip mapas aku geseng, aku Bhatara Brahma Sakti, angrangsuk aku batu -/-

24b.wresani, hatateguh mahider bhuwana, sa, sakawenang.

I Sang Hyang Kober Kuning, pinaka ratuning kawisesan, rehnya rembah marep kulon, laju amati rana, Sang Hyang Kober Kuning nga, rong puluh, 7, rahina panunggunya, ma, :

Ong Sang Hyang Parahyang, aku Sang Hyang Guruning Hyang, aran ku Sang Hyang Sukla Wisesa, ingiring aku dening Sang Hyang Wisesa, Sang Hyang Sakti tan malih ring luhurku Sang Hyang Tunggal, ring arepku Sang Hyang Acintya Wisesa, Sang Hyang -/-

25a.brahma ring tebenku, sanghyang wisnu ring kiwanku, hyang iswara ring tengahku, bima rempak mider ring aku, geni murup pinaka kasnanku, sapa wani ring aku, jadma teka geseng satapak paluning pande wesi teke geseng, tikal tan palumya tekol, guna mati, pangaruh mati, wisesa sakti mati, paweh dewa mara mati, apan aku anggawe sahananing katon, sahananing tan katon, syapa wani lumiyat ring aku, wisya mara matemahan amreta, aku sanghyang sukma luwih, angawang awang Ih, Ih, -/-

25b.Ah, Ih, Uh, Eh, Oh, Ah Ang, 3x. telas.

Iki Sang Hyang Siwa Sumedang, nga, sengkernya sahuripnya, yen tan weruha ring mantra iki, kewala pejang ring luhur ing aturu, bantennya canang burat wangi ring kajeng kliwon, ma :
....... (rusak) Paramasiwa ya ne namah swaha, ; .....(rusak) metu Sang Hyang Siwa Sumedang, ri pantaraning ati, murub dumilah kadi surya siyu, ingiring sarwa tastra wisesa, ingiring -/-

26a.dening dewa bhatara kabeh, geni sagunung pinaka lalayanku, asing anglayang pinaka haranku, sagara adulun pinaka yasanku, sapa wani ring pakaranganku, tekeng aku, apan aku Sang Hyang Siwa Sumedang aweha ngentar ring aku, sahananing wisesa, ngentah ngeh leyak kabeh, sing teka satrunku wong kabeh -/-

26b.teka nembah teka nungkul, ring pakaranganku teken aku, apan Sang Hyang Siwa Sumedang, guruning aguru, guruning dewa bhatara kabeh, guruning japa mantra, guruning tastra kabeh, guruning guna pangaruh, guruning manusa kabeh, guruning leyak kabeh, guruning moro kabeh, -/-

27a.guruning pamonpokan kabeh ya ko pada wedi, nembah kabeh ring aku, ya ko pada wedi nembah ring aku paksane hengko, hala kira-kirane hulun, linipiting Sang Hyang Geni Pracandra dumilah, bininti dening sila mageng, binandem de nira Sang Hyang Bayu mageng, rempak remuk tan pasesa satru wong kabeh, kitane tan kawasa ngucap, angumik ring pakaranganku teken aku, asing teka satrunku -/-

27b.wong kabeh, teka nembah nungkul, ko ring pakaranganku teken aku, apan aku Sang Hyang Suksma Siwa Sumedang, sakti aku tan kaungkulan, sing teka satrunku wong kabeh, teka lupa, teka waras, Ong Sa Ba Ta A I, Na Ma .... (rusak) sarwa guna pangaruh winasaya, .... (rusak) sarwa satru winasaya, ...(rusak) sarwa satru winasaya, pangantya,
.....(rusak) , sing marere sami -/-

28a.pada mingmang, siyu weda samangkana, kaweruhakna haywa cawuh, kena soda de nira Sang Hyang Siwa Sumedang, poma.

28b. Aweda On Nama Swaha. Telas. Kasurat de I Ketut Tangsub, warsaning rat, maring Rangdilangit, Bangkasa. 


TEOLOGI NUSANTARA

KEMENTERIAN AGAMA RI
UNIVERSITAS HINDU NEGERI I GB. SUGRIWA DENPASAR
Jl. Nusantara Kubu Bangli Telp. (0366) 93788
Jl. Ratna No. 51 Tatasan Denpasar Telp. (0361) 226656
Website : http : //www.ihdn.ac.id e-mail : ihdndenpasar@kemenag.go.id
DENPASAR - BALI
===========================

UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) SEMESTER GENAP
TAHUN AKADEMIK 2022-2023 (1)

MATA KULIAH    :     TEOLOGI NUSANTARA
HARI / TANGGAL    :     RABU / 21 JUNI  2023
WAKTU                   :     07.00-08.30 WITA.
FAKULTAS           :     BRAHAMA WIDYA
JURUSAN           :     TEOLOGI
PRODI                   :  TEOLOGI HINDU
JENJANG           :   S1 (STRATA 1)
SEMESTER           :   IV (EMPAT) BANGLI                                                (PAGI)
DOSEN PENGAMPU :   I NYOMAN MANDIASA


Oleh :

Ni Nyoman Gandu Ningsih 
(Ida Sinuhun Siwa Putri Prama Daksa Manuaba)

Nim : 2112101045.

SOAL ;

1. Pranata adalah sebagai cikal bakal lahirnya satu agama, namun dalam pelaksanaannya bisa berbeda antara pemeluk dalam satu masyarakat dengan kelompok masyarakat lainnya walaupun Agama yang diyakini oleh masyarakat bersangkuta  adalah Agama  sama.
          Mengapa demikian, jelaskan !

Jawaban :
Karena persepsi atau sudut pandang tentang keyakinan beragama tidak bisa disamakan dengan logika , beragama  adalah tentang rasa dan kemampuan umat masing masing , jadi akan sulit untuk menyamakan persepsi karena kemampuan dan rasa seseorang didalam meyakini agama itu berbeda beda

2. Sebutkan dan jelaskan eksistensi Agama Agama asli Nusantara yang Sdr. ketahui.

Jawaban :
Eksistensi kepercayaan agama asli nusantara adalah kepercayaan terhadap leluhur di buktikan oleh suku bangsa austronesia serta bangsa di papua yang telah ada sebelum masuknya agama di nudantara , begitupula dengan dibali  eksistensi kepercayan terhadap leluhur masih berkembang hingga saat ini

3. Coba jelaskan konsep teologi (ketuhanan) yang tersurat dan tersirat dalam Lontar Tattwa Jnana.

Jawaban :
Tatwa Jnana adalah lontar yang mengajarkan tentang ajaran Sang Hyang Tatwa Jnana dan Sang Hyang Prayogasandhi. 
Tattwa = kebenaran
Jnana =  "pengetahuan". Ide pokok jñāna adalah bentuk penyingkapan pengetahuan yang dialami langsung, yang tidak dapat dipisahkan dari pengalaman total atas realitas, khususnya realitas ketuhanan (Brahman).
Tatwa Jnana berarti ilmu kebenaran atau pengetahuan tentang sifat tertinggi yang merupakan dasar dari semua tattwa (bungkahing tattwa kabeh) yang menggambarkan ajaran ilahi (tattwa). Lontar Tattwa jnana ini menempatkan Bhatara Siwa (Siwatattwa) sebagai kausal tertinggi dalam setiap ibadah. Ajaran keilahian yang terkandung adalah ajaran cetana dan acetana. Cetana adalah unsur mentalitas atau kesadaran atau kepribadian tertinggi yang abadi, abadi dan tak berujung, suci murni. Cetana terdiri dari Paramasiwa Tattwa (kesadaran tertinggi), Sadasiwa Tattwa (kesadaran tengah) dan Atmikasiwa Tattwa (kesadaran terendah). Acetana adalah elemen tanpa jiwa atau kesadaran yang abadi di alam.

4. Apa yang Sdr. ketahui tentang kepercayaan asli Nusantara mengenai Ketuhanan. Jelaskan !

Jawaban :
Kepercayaan asli nusantara adalah penghormatan terhada leluhur dengan seluruh warisan adat dan budayaanya , selain kapitayan , nusantara meyakini tuhan bersemayam di seluruh ciptaanya , terbukti hingga saat ini masyarakat indonesia masih melaksanakan ritual sebagai bentuk penghirmatan terhadap jasa luluhur alam juga sesama manusia yang hidup dibawah langit yang sama

5. Sebutkan beberapa persyaratan disiplin ilmu Teologi agar bisa diakui sebagai sebuah ilmu pengetahuan.

Jawaban:
Ilmu teologi sebagai pengetahuan ilmiah, berbeda dengan pengetahuan biasa, memiliki beberapa ciri pokok, yaitu:

1. sistematis; para filsuf dan ilmwan sepaham bahwa ilmu teologi adalah pengetahuan atau kumpulan pengetahuan yang tersusun secara sistematis. Ciri sistematis ilmu menunjukkan bahwa ilmu merupakan berbagai keterangan dan data yang tersusun sebagai kumpulan pengetahuan tersebut mempunyai hubungan-hubungan saling ketergantungan yang teratur (pertalian tertib). Pertalian tertib dimaksud disebabkan, adanya suatu azas tata tertib tertentu di antara bagian-bagian yang merupakan pokok soalnya.
 
2. empiris; bahwa ilmu teologi mengandung pengetahuan yang diperoleh berdasarkan pengamatan serta percobaan-percobaan secara terstruktur di dalam bentuk pengalaman-pengalaman, baik secara langsung ataupun tidak langsung. Ilmu mengamati, menganalisis, menalar, membuktikan, dan menyimpulkan hal-hal empiris yang bersifat faktawi (faktual), baik berupa gejala atau kebathinan, gejala-gejala alam, gejala kejiwaan, gejala kemasyarakatan, dan sebagainya. Semua hal faktai dimaksud dihimpun serta dicatat sebagai data (datum) sebagai bahan persediaan bagi ilmu. Ilmu, dalam hal ini, bukan sekedar fakta, tetapi fakta-fakta yang diamati dalam sebuah aktivitas ilmiah melalui pengamalaman. Fakta bukan pula data, berbeda dengan fakta, data lebih merupakan berbagai keterangan mengenai sesuatu hal yang diperoleh melalui hasil pencerapan atau sensasi inderawi.
 
3. obyektif; bahwa ilmu teologi menunjuk pada bentuk pengatahuan yang bebas dari prasangka perorangan (personal bias), dan perasaan-perasaan subyektif berupa kesukaan atau kebencian pribadi. Ilmu haruslah hanya mengandung pernyataan serta data yang menggambarkan secara terus terang atau mencerminkan secara tepat gejala-gejala yang ditelaahnya. Obyektifitas ilmu mensyaratkan bahwa kumpulan pengetahuan itu haruslah sesuai dengan obyeknya (baik obyek material maupun obyek formal-nya), tanpa diserongkan oleh keinginan dan kecondongan subyektif dari penelaahnya.
 
4. analitis; bahwa ilmu teologi berusaha mencermati, mendalami, dan membeda-bedakan pokok soalnya ke dalam bagian-bagian yang terpecinci untuk memahami berbagai sifat, hubungan, dan peranan dari bagian-bagian tersebut. Upaya pemilahan atau penguraian sesuatu kebulatan pokok soal ke dalam bagian-bagian, membuat suatu bidang keilmuan senantiasa tersekat-sekat dalam cabang-cabang yang lebih sempit sasarannya. Melalui itu, masing-masing cabang ilmu tersebut membentuk aliran pemikiran keilmuan baru yang berupa ranting-ranting keilmuan yang terus dikembangkan secara khusus menunju spesialisasi ilmu.
 
5. verifikatif; bahwa ilmu teologi mengandung kebenaran-kebenaran yang terbuka untuk diperiksa atau diuji (diverifikasi) guna dapat dinyatakan sah (valid) dan disampaikan kepada orang lain. Kemungkinan diperiksa kebenaran (verifikasi) dimaksud lah yang menjadi ciri pokok ilmu yang terakhir. Pengetahuan, agar dapat diakui kebenarannya sebagai ilmu, harus terbuka untuk diuji atau diverifikasi dari berbagai sudut telaah yang berlainan dan akhirnya diakui benar. Ciri verifikasif ilmu sekaligus mengandung pengertian bahwa ilmu senantiasa mengarah pada tercapainya kebenaran. Ilmu dikembangkan oleh manusia untuk menemukan suatu nilai luhur dalam kehidupan manusia yang disebut kebenaran ilmiah. Kebenaran tersebut dapat berupa azas-azas atau kaidah-kaidah yang berlaku umum atau universal mengenai pokok keilmuan yang bersangkutan. Melalui itu, manusia berharap dapat membuat ramalan tentang peristiwa mendatang dan menerangkan atau menguasai alam sekelilingnya. Contohnya, sebelum ada ilmu maka orang sulit mengerti dan meramalkan, serta menguasai gejala atau peristiwa-peristiwa alam, seperti; hujan, banjir, gunung meletus, dan sebagainya. Orang, karena itu, lari kepada tahyul atau mitos yang gaib. Namun, demikian, setelah adanya ilmu, seperti; vulkanologi, geografi, fisis, dan kimia maka dapat menjelaskan secara tepat dan cermat bermacam-macam peristiwa tersebut serta meramalkan hal-hal yang akan terjadi kemudian, dan dengan demikian dapat menguasainya untuk kemanfaatan diri atau lingkungannya. Berdasarkan kenyataan itu lah, orang cenderung mengartikan ilmu sebagai seperangkat pengetahuan yang teratur dan telah disahkan secara baik, yang dirumuskan untuk maksud menemukan kebenaran-kebenaran umum, serta tujuan penguasaan, dalam arti menguasai kebenaran-kebenaran ilmu demi kepentingan pribadi atau masyarakat, dan alam lingkungan.

Dapat disimpulkan bahwa Teologi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari hakikat tuhan dan sifat-sifatnya, serta pengetahuan yang dipunyai oleh manusia mengenai ketuhanan itu.



Selasa, 20 Juni 2023

Pahala Berbakti Pada Ibu, Ayah dan Guru

Pahala Berbakti Pada Ibu, Ayah dan Guru (Nabe) 
Imam lokam matrbhaktya
Pitribhaktya tu madhya-mam
Gurucicrusaya twewam
Brahma lokam samasnute

(Manawa Dharmasastra 11.233)

Maksudnya: Dengan berbakti pada ibu memeroleh kebahagiaan duniawi di bumi ini, dengan berbakti pada ayah memeroleh kebahagiaan rohani di dunia tengah. Dengan berbakti pada guru/nabe rohaninya akan mencapai Brahman.

Hidup tertib dan teratur di dunia ini sebagai salah satu syarat untuk mewujudkan kebahagiaan lahir batin. Pertama, berbakti pada ibu. Imam lokam matrbhaktya artinya mereka yang sungguh-sungguh berbakti pada ibunya dengan mengabdikan diri pada ibunya, kebahagiaan hidup di dunia ini atau mencapai jagathita sebagai pahalanya. Secara nyata, ibulah atau deha mata yang melahirkan kita. Dalam Nitisastra VIII.3 menyatakan, sang ametwaken, sang maweh bhinojana. Artinya yang melahirkan dan yang memberikan anak itu. Maka itulah swadharma atau kodratnya ibu. Meskipun di balik itu ada peran ayah. Swami Satya Narayana menyatakan, sesungguhnya manusia penghuni bumi ini memiliki lima ibu yaitu Deha Mata, Dewa Mata, Weda Mata, Bumi Mata dan Desa Mata.

Manusia yang berupaya mendapatkan kehidupan bahagia sekala dan niskala. Apalagi Canakya Nitisastra XII. 11 menyatakan satya mata yang artinya kebenaran itu adalah ibuku. Dari Ibulah anak mendapatkan arahan kebenaran dan kejujuran yang sejati. Dalam hidup ini kebenaran dan kejujuranlah sebagai dasar yang paling awal yang wajib kita jadikan landasan dalam menapaki hidup ini. Manawa Dharmasastra V.109 menyatakan, manah satyena suddhyanti. Artinya pikiran disucikan dengan kebenaran dan kejujuran (satya). Apa itu kebenaran dan kejujuran? Kebenaran/kejujuran menurut Hindu adalah langkah yang berada di jalan Tuhan. Berpikir, berkata dan berprilaku selalu berada di jalan Tuhan. Jalan Tuhan itu ada pada Weda yang juga disebut sebagai Weda Mata atau Weda sebagai Ibu.

Wedalah yang melahirkan berbagai tuntunan hidup dalam menapaki hidup ini. Di samping itu, bumi ini wajib kita hormati sebagai ibu. Karena ibu pertiwi ini juga disebut sebagai Bhumi Mata yang artinya bumi sebagai ibu. Dari bumi inilah kita mendapatkan berbagai hal untuk menyelenggarakan hidup ini. Membangun hidup bahagia sekala niskala di bumi atau di Bhur Loka itu sebagai modal untuk menuju kehidupan bahagia di Bhuwah Loka. Seperti mendapatkan kebahagiaan fisik material.

Sebagai istri, wanita kedudukannya sejajar dengan suaminya. Tetapi menurut Manawa Dharmasastra 11.145, wanita dalam kedudukannya sebagai ibu seribu kali lebih terhormat dari suaminya Karena ibulah sebagai pemberi landasan awal berupa kebenaran dan kejujuran sebagai dasar menjalani kehidupan ini.

Kedua, berbakti pada ayah. Pitribhaktya ina hyamam. Artinya berbal dengan mengabdi pada ayah akan memeroleh pahal hidup bahagia di Bhuwah Loka atau dunia tengah. Yang dimaksud dunia tengah ini adalah dunia kebhagiaan berupa kecerdasan dan mampu tampil bijaksana. Karena Canakya Ni sastra XII. 11 menyatakan pita jnyana artinya ilmu pengetahuan suci (jnyana) adalah sebagai ayah. Kebahagiaan fisik materi seperti hidup sehat, segar bugar, cukup sandang, pangan dan papan kalau tidak cerdas dan bijak menatanya dapat menjerumuskan menjadi orang yang arogan karena merasa hebat dan kaya.

Tetapi kalau bahagia fisik material itu mampu tampil cerdas dan bijak tentunya akan mejadi lebih sempurna. Karena arogansi kekayaan tergolong salah satu dari enam bahaya domestik yang tergolong penyakit sosial. Karena itu hormat, berbakti dan mengabdi pada ayah sesungguhn adalah prilaku yang menjadikan ilmu pengetahu suci (jnyana) sebagai media menata hidup. Menurut Manawa Dharmasastra V.109, buddhir jnyanena suddhyah. Artinya: buddhi atau hati nurani disucikan dengan ilmu pengetahuan suci (jnyana). Fungsi manah adalah menganalisa sedangkan budhilah yang mengambil keputusan.

Ilmu pengetahuan suci sebagai ayah itulah yang dapat memberikan nilai tambah untuk meningkatkan kebahagiaan duniawi menjadi lebih bernilai. Inilah yang disebut memperoleh kebahagiaan di dunia tengah atau madhyamam di Bhuwah Loka. Dengan ilmu pengetahuan suci itu berbagai realita kehidupan dapat diubah untuk diarahkan pada realita yang semakin baik mewujudkan tujuan hidup mencapai dharma, artha, kama dan moksha sebagaimana dinyatakan dalam Brahma Purana 45.228.

Ketiga, berbakti pada guru. Guru cucrusaya twewam Brahma lokam samasnute. Mengapa guru disebut guru. Menurut Swami Satya Narayana karena guru itu fungsinya ada dua yaitu guna tita dan rupa varjita. Bhagawad Gita XIV.25 menyatakan, guna tita yang artinya orang yang telah berhasil menguasai Tri Gunanya. Wrehaspati Tatwa 21 menyatakan bahwa kalau guna sattwam dan guna rajas seimbang menguasai pikiran (citta) maka guna sattwam menyebabkan manusia itu berniat baik dan guna rajas menyebabkan manusia berbuat baik. Dengan berniat dan berbuat baik itu akan membawa hidup mi mencapai surga. Sedangkan Rupavarjita berasal dari kata Rupa artinya wujud fisik manusia, Vara artinya utama dan Jita artinya menang atau unggul. Rupavarjita artinya kewajiban guru adalah menuntun murid memiliki keutamaan fisik yang unggul. Ini artinya guru tugasnya mengantarkan muridnya mencapai sifat-sifat atau karakter yang mulia dan fisik yang sehat, segar dan bugar.

Menurut Vana Parva 27.214, di dunia ini ada lima guru yaitu agni yaitu sinar suci Tuhan, atman yaitu hati nurani sebagai suara Sang Hyang Atma, mata yaitu ibu yang melahirkan, pita yaitu ayah dan acarya, yaitu guru yang mengajarkan ilmu pengetahuan suci secara formal atau di Bali disebut Guru Pengajian. Menghormati dan mengabdi pada guru yang disebut acarya inilah yang dimaksudkan oleh Manawa Dharmasastra yang dikutip di atas. Dengan menghormati acarya sebagai guru yang memberi tuntunan spiritual untuk membangun karakter dan kesehatan fisik. Keseimbangan jiwa dan raga atau purusa dan pradana ini akan membawa manusia mencapai Brahma lokam yaitu atau mencapai posisi yang seimbang karena bersinerginya jiwa dan raga secara berkelanjutan. Hal itulah yang akan mengantarkan Sang Hyang Atma ke surga.