KSAMAWAN atau KESABARAN BAGI SEMETON PASEK sangat DIPERLUKAN
Sebagai Pemangku saya sebenarnya tidak ingin berbicara di level Wangsa/clan/soroh karena wawasan seorang Pemangku apalagi Sulinggih adalah pada kesadaran "semua mahluk adalah bersaudara (vasudheva khutumbhakam), apalagi dalam tugas ngayah Nunasang secara niskale berbagai clan datang ke tempat saya.. Namun ada situasi di medsos (dunia maya) dan di dunia nyata, ke Pasekan ini bahkan Ida Bhatara Lelangit Mpu Gnijaya kadang disentuh dg kurang bijak, ini dilakukan lewat akun tidak jelas ada juga jelas tapi penuh nafsu kebencian. Yang bisa dilakukan adalah mengembalikan itu sebagai karma krn karma itu sifatnya pasti dan jika berlaku tidak baik di medsos itu sama dengan melipatgandakan karma negatif dalam diri. Dengan situasi ini saya sebagai warih bhatara kawitan merasa tergugah untuk turun tangan walau hanya lewat Jnana Punia.
Disamping kesadaran karma maka ada hal lain yg perlu kita lakukan yaitu berlaku sabar (ksamawan) dan tetap cermat serta cerdas dalam menyikapi sesuatu. Point inilah yg ingin saya share di forum ini. Ada beberapa hal yg sering dimunculkan agar semeton Pasek terpancing emosinya dan merasa tertekan/rendah, namun jangan terpengaruh dan waspadalah jangan hilang kesabaran serta tetap cermat dan cerdas. Point itu adalah :
1. Diragukan Babadnya :
Babad Pasek di counter dg babad lain yg isinya : Panca Tirta itu tdk ada, saudara Mpu Bharada hanya Mpu Kuturan tidak ada Mpu Gni Jaya. Pasek itu artinya Hadiah, dll dll.
Babad Pasek jelas dan berada di Pedukuhan Pedukuhan dan sekarang tersimpan di jero penglingsir atau Gria Sulinggih Mpu dan juga hasil copy oleh JM Gde Kt Subandi dari lontar Ki Dalang Tangsub dan lontar seorang Pedanda di bangli ketika beliau ditugaskan menyalin selalu dibuat copynya. Jadi yakinlah dengan Babad Pasek. Biarkan ada versi versi apapun tidak perlu digubris.
2. Sulinggihnya tidak diakui :
Mpu dianggap bukan Sulinggih bahkan disebut Pedanda Jaba. Kata Mpu diartikan bukan Wiku lalu bgm dengan Mpu Bharada siapa yg berani bilang bukan Pandita. Memang nabe dari Mpu pertama generasi kini adalah Pedanda Kutri dr Gianyar itu krn Penglingsir Pasek sadar bahwa tidak boleh Diksa Widhi (tanpa Nabe) jadi harus lewat Nabe walaupun secara in-formal Ke Panditaan semeton Pasek yg dulu lewat Padukuhan tetap terjaga, namun krn politis jaman itu (abad 15/16) hanya Pedanda yg diakui oleh kerajaan. Walaupun demikian lontar lontar terkait kawikon masih tersimpan di bbrp tempat . Terlepas dr itu Mpu generasi baru ini tetap hormat pada Ida Pedanda Kutri lagipula jika dirujuk Nabe nabe beliau sblumnya juga adalah Mpu. Jadi Sulinggih Mpu itu valid dan mumpuni boleh dibuktikan Ageman Pujanya dan bandingkan dg Sulinggih lainnya akan terlihat dimana bedanya. Yg jelas Mpu disamping milik semeton Pasek adalah juga milik semua umat yang sdh lepas dg wangsa. Tapi banggalah pada Sulinggih Mpu dan nuwur Beliau jika dirasa cocok krn Puja Kawitan akan baik dilantunkan.
3. Semeton Pasek agar menghayati Jati diri ke Pasekan :
Pasek=Pamikukuh Sesananing Kawitan (Kawikon) itu besar di bali dan sejak dulu merupakan Pacek/Paku/Pakis yg artinya selalu menjadi pancer jagat. Raja Solo juga memakai nama Paku dan beliau adalah Pasek krn Ken Dedes leluhurnya. Ken Dedes adalah adik Mpu Purwa yang di Bali keturunannya dikenal dg Pasek Tatar. Kebetulan tiang Warih Pasek Gelgel Aan Manuaba Bangkasa yg menerima kedatangan Raja Solo Sinuhun Paku Bhuwono XII di Griya Agung Bangkasa. Sukarno adalah trah Pasek Tatar. Seperti ada kekhawatiran pasek ini bersatu padahal Pasek paling taat dg bhisama seperti Bhakti ring Catur Parhyangan yaitu Lempuyang, Besakih, Silayukti dan Pura Panataran Agung Catur Parhyangan di Pundukdawa. Jangan menjadi Pasek paling, jangan mendebat/memusuhi sesama semeton, tetap berbahasa halus jangan bangras/kasar krn akan dituding Sudra, artinya Etika tetap utama.
Masih banyak point lainnya tapi cukup itu dulu., Yang paling utama ingin di share adalah ketika semeton Pasek ingin menjadi warih yang bhakti dan sujati, ketika ingin mengikat persaudaraan sesuai bhisama "jangan menganggap semeton Pasek lebih jauh dr sepupu", maka .... akan ada gangguan atau godaan tapi tetaplah sabar (ksamawan) biarkan saja toh akhirnya akan capai sendiri.
Lebih baik tingkatkan bhakti dan mari lantunkan Puja bhakti ring Panca Tirta bahwa beliau menang dulu ada. Sebagai Pretisentana Pasek trah Ida Bhatara Mpu Gnijaya (Sang Brahmana Pandita) merupakan suatu wajib untuk ngaturang bhakti kepada Hyang Kawitan sesuai bhisama yang kita maknai. Hal ini tidak lepas dari Trilogi Kepasekan yaitu Bhakti ring Kawitan. Dalam puja pengastawa kepada Ida Bhatara Ratu Pasek yang dilakukan oleh Pemangku Pasek ataupun Ida Pandita Mpu selalu melafalkan mantram-mantram Pasek. Hal inilah yang biasanya tidak dilakukan jika kita tidak nuwur Ida Pandita Mpu. Dalam mantram kepada Ida Bhatara Pasek ini juga termasuk Ida Bhatara Panca Rsi karena Ida Bhatara Ratu Pasek merupakan bagian dari Panca Rsi, Ida Bhatara Sapta Rsi yang menurunkan warga Pasek. Adapun mantram untuk sembah bhakti kepada Ida Bhatara Ratu Pasek sebagai berikut.
Om Siwa Rsi Maha Tirtham,
Panca Rsi Panca Tirtham,
Sapta Rsi Catur Yogam,
Lingga Rsi Mahalingam
Om Ang Gong Gnijaya Namah Swaha
Om Ang Gnijaya Jagat Patya Namah
Om Ung Manik Jayas Ca, Sumerus Ca, Sa Ghanas Ca, De Kuturan Bradah Ca ya Namu Namah Swaha
Om Om Panca Rsi Sapta Rsi paduka Guru bhyo Namah Swaha .
Om Ang Gni Jaya pradnya paramita dewam.
Jagatam tusti karanam.
Satwe somya pinam mitram.
Mudra pranamya ta hinam.
Panca Rsi Sapta Rsi Bhagawati nama syami.
Saradi matram dewatam.
Kumara matranam dewam.
Sarwa pradawa tan hine.
Twam namamy maha dewi.
Om am ah um Siwa Rsi iti matram'ca.
Yewama subiktwa klesam.
Aham banda namuktaye.
Om Om Panca Rsi Sapta Rsi paduka Guru bhyo Namah Swaha .
Rahajeng
Om Santih3 Om
#tubaba@griyangbang//pujakawitan#
Tidak ada komentar:
Posting Komentar