Sabtu, 16 April 2022

NGULAPIN

NGULAPIN
Sebuah Upacara Ngentegang Bayu Sabda Idep. (Mengembalikan Keseimbangkan Sang Catur Sak) 

Oleh : I Gede Sugata Yadnya Manuaba, S.S., M.Pd


Upacara Ngulapin atau Pengulapan adalah upacara yang wajib dilakukan umat Hindu setelah mendapatkan musibah hal ini dimaksutkan agar orang tersebut tidak lagi dibayangi oleh kejadian yang sudah dialaminya dan lebih tenang ketika dia akan menjalani aktivitasnya setelah melewati pintu rumahnya. Ngulapin juga dapat bermakna menenangkan jiwa raga dan pikirannya.
Begitu banyak tradisi yang ada di Bali  dengan beragam makna. Soal ritual Ngulapin misalnya, sungguh sangat banyak filosofi hidup yang terkandung di dalamnya. Bagaimana sejatinya upacara yang sering dilaksanakan ketika ada orang apes atau mengalami musibah di jalanan ini?

Ngulapin berasal dari kata ulap. Ulap adalah bahasa Jawa kuna dan juga bahasa Bali, yang artinya silau. Silau yang dimaksudkan di sini adalah seperti keadaan mata ketika menatap atau memandang sinar matahari. Kalau dijadikan kata majemuk menjadi ulap-ulap. Ulap-ulap dalam bahasa Bali  berarti suatu alat yang berbentuk empat persegi panjang atau bujur sangkar, terbuat dari secarik kain putih yang berisi tulisan hurup-hurup keramat yang  mempunyai kekuatan magis. 

Ulap-ulap biasanya itu diletakan pada halaman depan dari sebuah bangunan, di bawah atap pada kolong rumah, pada waktu  upacara ngulap ngambe   bangunan tersebut. Maksudnya,  untuk memohon kehadapan Tuhan yang Maha Esa atau Ida Sang Hyang Widhi, agar  jika ada unsur-unsur yang ingin mengganggu, menjadi silau atau ulap. Karena silau, maka unsur-unsur  tersebut sulit untuk mengganggu mata. 

Upacara Ngulapin merupakan bagian dari upacara Manusa Yadnya yang  dilakukan untuk menormalisasi kehidupan seseorang, setelah mengalami kejadian yang mengejutkan, seperti halnya kecelakaan atau masalah lainnya. Jika dibiarkan tanpa dilakukan suatu upacara, dapat membuat kehidupan seseorang menjadi tidak normal, seperti halnya bingung atau bisa mengakibatkan kegilaan. 


Biasanya upacara Ngulapin ini lebih sering dijumpai ketika ada seseorang yang mengalami kecelakaan. Ketika kecelakaan yang mengakibatkan benturan, lanjutnya, bayu yang ada pada diri manusia akan terlepas. Ini tentu akan berdampak negatif, karena bayu menjadi penggerak kehidupan manusia. 
Upacara pangulapan inilah yang akan mengembalikan bayu, sehingga hidup orang yang bersangkutan bisa kembali normal seperti sedia kala. Upacara pangulapan bisa dilakukan di perempatan terdekat, yang  tujuannya untuk memanggil bagian diri yang tertinggal di tempat kejadian. Namun, tak jarang masyarakat melaksanakan upacara Ngulapin di tempat kejadian. 

Selain itu, upacara Ngulapin juga dilakukan untuk menyeimbangkan empat saudara yang ada dalam diri manusia yang dikenal dengan sebutan catur sanak, yakni Anggapati, Prajapati, Banaspati, dan Banaspati Raja. Jika manusia terkejut, lanjutnya, maka keempat saudara yang ada pada diri seseorang akan menjadi tidak seimbang. Keseimbangan inilah yang akan dikembalikan melalui berbagai sarana yang digunakan dalam upacara pangulapan. Selain itu,  dengan upacara Ngulapin, dapat mengurangi atau menghilangkan trauma pada seseorang yang mengalami kecelakaan atau kejadian yang mengejutkan, sehingga yang bersangkutan dapat kembali beraktivitas sebagaimana biasa. 

Selain untuk upacara orang yang kecelakaan, di Bali dikenal beberapa macam upacara Ngulapin yang mempunyai maksud dan tujuan yang berbeda.  Pertama adalah Ngulapin Pitra. Upacara ini dilakukan sebelum pengabenan, yakni  upacara ngangkid atau ngulapin di setra. Tujuan dilaksanakannya upacara ini adalah untuk mencari galih atau tulang yang akan diaben. Upacara ini khusus dilaksanakan jika mayat seseorang dikubur terlebih dahulu sebelum diaben.

Selain akan melaksanakan Ngaben, Ngulapin Pitra juga dilaksanakan ketika hendak melaksanakan upacara Atma Wedana atau Mamukur, dan dilaksanakan di tepi pantai. Setelah pelaksanaan ini selesai maka terjadilah macam-macam versi, ada yang diajak pulang untuk sembahyang pada sanggah kemulan khususnya Ring Bhatara Hyang Guru. Selain itu, ada juga yang langsung diaben.  

Selanjutnya adalah Ngulapin Pretima. Yang dimaksud dengan upacara Ngulapin ini, apabila pretima itu pernah jatuh. Entah itu disebabkan karena disenggol oleh binatang, seperti kucing ketika dilaksanakan upacara di sekitar pratima itu. Selain itu, bisa juga jatuh karena tempatnya tidak baik atau dibawa oleh manusia. Pratima yang pernah dicuri juga harus dilaksanakan pangulapan, karena pratima itu sudah leteh (sial) yang mengakibatkan aura magisnya telah meninggalkan pratima tersebut. Khusus untuk Pratima, setelah Ngulapin biasanya dilaksanakan kembali upacara Guru Piduka, atau permohonan maaf atas kesalahan atau keteledoran. Selain kedua jenis pangulapan yang disebutkan, ada beberapa pangulapan lagi yang biasa dilaksanakan masyarakat Bali. Beberapa di antaranya adalah ketika seseorang baru  sembuh dari sakit keras dan untuk orang meninggal dunia. Kedua Ngulapin ini biasanya dilaksanakan di rumah sakit.

Diakuinya, di Bali banyak versi yang menjelaskan tentang bagaimana tetandingan banten pangulapan. Hal ini sangat erat kaitanya dengan Sima, Dresta atau kebiasaaan masyarakat dalam suatu daerah, Namun, upacara Pangulapan biasanya dipuput oleh pemangku. Bahkan  di beberapa daerah cukup dilaksanakan oleh tetua keluarga saja. 


BANTEN PENGULAPAN

Banten Pangulapan yang umum digunakan, yaitu menggunakan dasar tempeh, di atasnya diletakkan taledan gede menggunakan buah-buahan, tumpeng kecil sebanyak 11 biji yang diletakkan di atas ceper,  untek (tumpeng tetapi ujungnya tidak tajam) 22 biji diletakkan di atas ceper, kojong rangkadan, daksina 1, ketipat kelanan, ajuman atau sodaan alit, tulung sesayut, peras alit, panyeneng alit, wewakulan masampyan nagasari, sasedep tepung tawar, lis peselan, padma 1, sangga urip,tegteg,  canang pahyasan, coblong 1, payuk pere 1.

Dan yang tak kalah penting adalah panimpug yang menggunakan tiga ruas bambu, untuk selanjutnya dibakar dan menghasilkan bunyi ledakan. Bunyi inilah yang digunakan untuk memangil bayu atau tenaga manusia yang terlepas akibat kecelakaan. Selain itu, panimpug ini merupakan sarana untuk memanggil Bhuta Kala agar berkenan menjadi saksi upacara dan tidak mengganggu jalannya upacara.

BANTEN PENGULAPAN
Ong Ngadeg Sanghyang Teja Pengulapan, angadeg aken bayu keduk timbul bujana kulit, angawe pengulap ulap, angulapi prawetek sarwa pinuja (...atau nama yang diulapkan...), 
ATAU (angulapi prawetek parahyangan dewa). 

Teka ulap, pada ulap (3x),

Ong Ngadeg Sapta Petala, Sanghyang Panca Kosika gana, Sanghyang Panca Rupa, Pageh ring Sang tinulap-ulap, Ong Sidhi restu yenamah swaha.

 Sang, Bang, Tang, Ang, Ing, Nang, Mang, Sing, Wang, Yang. 
Mang, Ang, Ong, Ung, Yang. 
Ang, Ung, Mang, Ong. 
Ang, Ung Mang.
Ong. 

Dari persenyawaan ini (Ang, Ung Mang) akan melahirkan rwa bineda atau 2 hal yang bertentangan yang terdapat di kedua mata kita. Mata sebelah kiri terletak aksara ang dan sebelah kanan terletak aksara ah. Ang dan Ah bila disatukan akan menjadi OM, yang merupakan sebutan Sang Hyang Widhi.

NETEK LIS
Ong Tipat Lepas, Angelepasaken Sarwa Laro Roga, Riprewetek Sarwa Pinuja, Ong Tipat Lasan Ngelepas aken Sarwa Agering Sapsap Merana Riprewtek Sarwa Pinuja metemahan Atma Paripurna ye namahn Swaha, Sarira Paripurna Yeanamah Swaha.


NYEJE NGAYAB

Mantram-mantram
1. Pengambeyan
Ong Sanghyang Sapta Petala,
Sanghyang Kosika Gana,
mekadi Sanghyang Tri Premana Pageh Ring Sang Tinamben-amben.

2. Sesayut Pembersihan
Ong Ksemung Siwa Mertha Yenamah Swaha,
Ong Ksemung Sadha Siwa Mertha Yenamah,
Ong Ksmung Parama Siwa Mertha Yenamah Swaha

3. Sesayut Sida Purna,
Ong, Atma Paripurna, Yenamah Swaha, Ong, Jiwita Paripurna, Ong Sarira Paripurna Yenamah Swaha   

3. Dapetan
Ong Atma Tatwatma Sudha Nirmala Yenamah,
Ang Ah Mertha Sanjiwa Yenamah Swaha.

4. Sesayut Siwa Sampurna,
Ang, Ung, Mang Ong Siwa Sampurna Yenamah Swaha.

5. Sesayut Amerta Wija
Ang, Ah Mertha Sanjiwa Yenamah Swaha.

4. Sesayut Paripurna
Ong Atma Paripurna Yenamah Swaha,
Ong Jiwita Paripurna Yenamah Swaha.

5. Tebasan Pemiak Kala
Ong Butha Piak, Kala Piak, pisaca pihak,
Teke pada piak (3 x) …. Yenamah Swaha.

6. Tebasan Lara Mararadan
Ong Nirmala, Niroga, Nirwigena, Yenamah Swaha.

7. Sesayut Pageh Urip.
Ong Dirgayusa Jati Ning Nirmala Yenamah Swaha.

8. Sesayut Atma Rauh.
Ong Atma Antaratma,
Niratma Suksma Nirmala Yenamah Swaha
Ong Sarwa Wisia Winayasa,
Sarwa Lara Wimoksanam,
Ong Sri Wenamu Namah Swaha.

9. Semua Peras                               
Ongkara Mukti Ayet                               
Sarwa Peras Presida Sudha                  
Yenamah Swaha.                                      

10. Pemuktian Banten
Ong Buktiyantu Sarwa Ta Dewa
Buktiyantu Sri Loka Nata
Segenah Sapari Warah
Suarga Sadha Siwasce
Ang Ah Mertha Sanjiwa Yenamah Swaha
Ang Ung Mang Siwa Mertha
Yenamah Swaha.

11. Pengeramped (Penutup)
Ong Jala Sidhi Maha Sakti,
Sarwa Sidhi Maha Tirta,
Sarwa Tirta Manggala Ya,
Sarwa Karya Presidanku.

12. Mantra Sesedep
Ong Ngadeg Sang Hyang Surya Candra
Mekadi Surya Candra,
Mangkana Langgeng Uripe Sang Adruwe Weton.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar