Kamis, 04 Juli 2024

NGABEN

Memahami Upacara Ngaben Beserta Jenis dan Tata Caranya

Upacara Ngaben – Kita pernah mendengar istilah kremasi? Istilah ini mengacu kepada membakar seseorang yang sudah meninggal hingga menjadi abu. Abu dari orang yang sudah meninggal ini biasanya akan dibuang ke laut. Selain itu, ada juga kemungkinan abu diletakkan ke dalam guci kecil dan disimpan oleh orang terdekatnya.

Proses kremasi ini dapat dikatakan cukup umum ditemukan di berbagai negara baik itu di Asia, Eropa, Afrika, hingga Amerika. Terdapat berbagai macam alasan di balik seseorang dikremasi, mulai dari alasan keagamaan, alasan kemudahan dalam proses, sampai bahkan alasan estetika.


Meskipun begitu, kremasi bukanlah sesuatu yang umum ditemukan pada masyarakat Indonesia. Mayoritas orang-orang di Indonesia lebih memilih mengubur orang yang sudah meninggal ke dalam tanah dibandingkan dengan membakar mayat tersebut sampai menjadi abu.


Meskipun begitu, terdapat satu lokasi yang terkenal dengan melakukan kremasi, sampai-sampai mereka mengadakan upacaranya tersendiri untuk melakukan proses tersebut. Lokasi ini adalah Pulau Bali, dan upacara yang mereka lakukan bernama Upacara Ngaben.

I. Mengenal Upacara Ngaben
1. Jenis Upacara Ngaben
a. Ngaben Sawa Wedana
b. Ngaben Asti Wedana
c. Swasta
d. Ngelungah
e. Warak Kruron

II. Tata Cara Upacara Ngaben secara umum bagi welaka niki banyak aeedannya dan bantennya 
1. Ngulapin
2. Nyiramin atau Nusang
3. Ngajum Kajang
4. Ngaskara
5. Mameras
6. Papegatan
7. Pakiriman Ngutang
8. Ngeseng
9. Nganyud
10. Mangelud atau Mangoras
11. Ngangkid
12. Nyekah
13. Prelina sekah
14. Ngelinggihang
15. Ngadegan tapakan lingga catur dasa pitara
16. Nilapati

Kalau utk sulinggih niki ring kesannya:
Tata Cara Upacara Ngaben
1. Ngulapin/wawu lebar mekarya tapakan dan rantasan
2. Nyiramin atau Nusang tdk menggunakan seperti welaka, cukup dilukat oleh namanya atau sulinggih maraga Nabe, pengusapan air cendana, penyiratan tirtha2, sembah antuk kwangen lalu diletakan di sekujur layon, ringkes dengan menggunakan bhusana agung sulinggih, antenya diganti dg santog dan atau genitri. 
3. Ngajum Kajang sulinggih satu lembar
Point 4, 5 dan 6 diringkes karena sampun maraga siwaning jagat

7. Pakiriman Ngutang
8. Ngeseng, nyiramang Galih langsung munggah sekah matur upakara panyekahan, prelina sekah
9. Nganyud
10. Ngadegan/ngangkid 
11. Upacara Siwa Yadnya/Nilapati
12. Ngelinggihang ring Meru/Kemulan Rong Tengah tingkatan paling atas

Upacara Ngaben mungkin sudah menjadi istilah yang tidak asing bagi kita semua. Banyak masyarakat yang tidak berasal dari Pulau Bali tetapi mengetahui keberadaan Upacara Ngaben karena terbilang unik dan tidak lumrah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. 

Meskipun begitu, masih banyak orang menganggap bahwa Upacara Ngaben merupakan proses kremasi orang meninggal yang dilakukan secara besar-besaran. Namun, kenyataannya jauh dari pemikiran seperti itu. Upacara Ngaben lebih dari sekadar membakar mayat saja.

Pada dasarnya, Upacara Ngaben merupakan ritual yang dipercaya oleh masyarakat Pulau Dewata untuk mengembalikan unsur panca maha bhuta dan roh orang yang sudah meninggal kembali ke alam asalnya dengan lebih cepat dibandingkan dengan penguburan biasa lewat tanah.

Berdasarkan etimologi, kata “ngaben” sendiri konon berasal dari kata “ngabu” yang bisa diartikan sebagai “menjadi abu”. Hal ini tentunya sesuai dengan prinsip dasar Upacara Ngaben, di mana mayat seseorang akan dibakar sampai tidak tersisa apapun dari badannya dan akan menjadi abu.

Masyarakat Pulau Bali, yang mayoritas merupakan umat Hindu, punya kepercayaan bahwa terdapat 5 komponen untuk membentuk badan manusia. 5 komponen ini disebut juga dengan istilah “Panca Maha Bhuta” atau dalam istilah modern lebih dikenal dengan sebutan “elemen klasik”.


Kelima komponen Panca Maha Bhuta ini adalah pertiwi atau zat padat, apah atau zat cair, teja atau zat panas, bayu atau angin, dan akasa atau ruang hampa. Kelima komponen tersebut jika menjadi satu akan membentuk tubuh manusia yang nantinya akan diisi oleh sebuah roh atau disebut dengan istilah “Atma” dalam kepercayaan Hindu.

Ketika seseorang meninggal, Atma yang dimiliki seseorang masih akan tersimpan di dalam tubuh seseorang. Upacara Ngaben ini diadakan oleh masyarakat dengan tujuan untuk membebaskan Atma yang belum bisa keluar dari tubuh mereka, agar bisa kembali ke Yang Maha Kuasa.

Setelah itu, Atma yang telah berpulang ke Yang Maha Kuasa, dipercaya oleh umat Hindu akan bereinkarnasi suatu saat nanti. Tidak sedikit anggota keluarga atau kerabat orang yang sudah meninggal ini berharap bahwa mereka bisa bertemu kembali dengan sosok ini di kehidupan berikutnya.

Kepercayaan Agama Hindu memang banyak mengajarkan banyak hal terkait kehidupan dan spiritualisme bagi penganutnya. Tidak ada salahnya jika orang-orang dengan latar belakang agama berbeda ingin mempelajari kepercayaan Agama Hindu, karena agama ini memang banyak mengajarkan hal baik. Buku “Dari Siwaisme Jawa ke Agama Hindu Bali” bisa menjadi bahan bacaan bagi pembaca yang tertarik dengan topik ini.

I. Jenis Upacara Ngaben
Dan perlu diketahui juga bahwa Upacara Ngaben sendiri memiliki beberapa jenis berbeda. Perbedaan ini dilandasi dari beberapa hal, mulai dari status sosial di masyarakat, usia orang yang meninggal atau situasi orang yang sudah meninggal. Perbedaan-perbedaan ini nantinya akan mempengaruhi tata cara Upacara Ngaben.

Setidaknya, ada 5 jenis Upacara Ngaben yang bisa pembaca pelajari. Pada sesi singkat ini, kita akan membahas apa saja 5 Upacara Ngaben yang biasa dilakukan oleh masyarakat Pulau Dewata, serta kapan mereka akan melaksanakan upacara jenis ini.


A. Ngaben Sawa Wedana
Istilah Upacara Ngaben yang pertama mungkin menjadi istilah paling umum dibandingkan dengan istilah lainnya. Ini dikarenakan Ngaben Sawa Wedana merupakan jenis Upacara Ngaben di mana seseorang yang nantinya akan dikremasi masih memiliki tubuh fisik. Sampai Upacara Ngaben dimulai, tubuh jenazah akan diusahakan agar tidak membusuk.

B. Ngaben Asti Wedana
Berbeda dengan Ngaben Sawa Wedana sebelumnya, Ngaben Asti Wedana merupakan jenis Upacara Ngaben yang dilakukan setelah jenazah dikubur. Biasanya, jenazah yang akan dikremasi hanya berupa tulang-belulang yang tersisa pasca digali dari makam dia berada.


C. Swasta
Swasta artinya Upacara Ngaben yang dilakukan tanpa ada adanya jenazah untuk dikremasi. Hal ini tidak jarang terjadi, mengingat ada sejumlah peristiwa di mana jenazah bisa menghilang atau tidak ditemukan seperti adanya kecelakaan pesawat atau peristiwa terorisme. Jenazah ini nantinya akan diganti berupa lukisan atau foto jenazah dengan kayu cendana replika jenazah.

D. Ngelungah
Ngelungah merupakan jenis Upacara Ngaben pertama yang didasarkan oleh kategori usia seseorang. Pada Ngelungah, Upacara Ngaben berarti diadakan untuk anak-anak yang belum tanggal gigi atau berganti gigi susu. Dengan ini, bisa disimpulkan bahwa jenazah anak yang akan dikremasi biasanya berkisar usia 5-6 tahun.


E. Warak Kruron
Jenis Upacara Ngaben terakhir yang akan kita bahas adalah Warak Kruron. Jika Ngelungah di atas akan mengkremasi anak-anak berusia sekitar 5-6 tahun, Warak Kruron akan mengkremasi anak-anak yang masih berusia 3-12 bulan, atau masuk ke dalam kategori bayi.


II. Tata Cara Upacara Ngaben
Perlu ketahui bahwa Upacara Ngaben memakan persiapan yang tidak sedikit dan waktu yang cukup panjang. Orang-orang yang ingin melakukan Upacara Ngaben untuk orang terdekat mereka harus mempersiapkan berbagai macam hal untuk keperluan ritual ini.

Selain itu, biaya dari Upacara Ngaben juga tidak bisa dikatakan murah, sehingga hanya beberapa golongan masyarakat saja yang bisa mengadakan ritual ini. Namuni, tentunya banyak umat Hindu di Bali yang ingin mengupayakan untuk melakukan Upacara Ngaben terlepas dari biayanya.


Agar kita bisa mengetahui alasan di balik panjangnya Upacara Ngaben, kita akan mempelajari bersama-sama terkait prosedur dan tata cara Upacara Ngaben. Setidaknya, ada 10 langkah atau prosedur yang perlu ketahui mengenai Upacara Ngaben.


10 rangkaian Upacara Ngaben ini yaitu Ngulapin, Nyiramin atau Nusang, Ngajum Kajang, Ngaskara, Mameras, Papegatan, Pakiriman Ngutang, Ngeseng, Nganyud, dan terakhir Mangelud atau Mangoras. Penjelasan lebih detail akan ada dipaparkan di bawah sebagai berikut.


1. Ngulapin
Ngulapin merupakan langkah awal dalam tata cara Upacara Ngaben, di mana seseorang memanggil Sang Atma atau roh dari jenazah yang sudah meninggal. Ngulapin bisa dilakukan di berbagai macam lokasi sesuai dengan kebutuhan, dan memiliki prosedur berbeda sesuai dengan tradisi dan kepercayaan keluarga.

2. Nyiramin atau Nusang
Selanjutnya, jenazah akan dimandikan disertai dengan berbagai simbolisme seperti bunga melati di rongga hidung, pecahan kaca di atas alis dan sebagainya. Proses ini dinamakan sebagai nyiramin atau ngemandusin dan bertujuan agar reinkarnasi dari jenazah bisa lahir dengan kondisi tubuh baik tanpa adanya kecacatan.


5. Ngajum Kajang
Pada prosedur ini, akan ada sebuah kertas putih, atau disebut juga dengan istilah “kajang”, yang akan ditulis oleh aksara-aksara hindu. Keluarga dan kerabat dari orang yang meninggal ini nantinya akan menekan kertas atau kajang ini sebanyak 3 kali, menunjukan bahwa mereka siap melepas kepergian jenazah.

6. Ngaskara
Ngaskara memiliki arti sebagai “penyucian roh”. Maksudnya, roh dari orang yang sudah meninggal ini akan disucikan sesuai dengan kepercayaan dari masing-masing penyelenggara Upacara Ngaben. Ngaskara dilakukan agar nantinya roh atau Atma bisa kembali kepada Yang Maha Esa dan suatu saat bisa dipertemukan lagi dengan keluarga dan kerabatnya.

7. Mameras
Prosedur mameras hanya akan dilaksanakan jika orang yang meninggal sudah memiliki cucu. Mameras sendiri berasal dari kata “peras” yang dalam kepercayaan sana dapat diartikan sebagai “sukses”, “berhasil”, atau “selesai”. Cucu dari orang yang meninggal diharapkan bisa menuntun orang ini ke jalan yang benar.

8. Papegatan
Papegatan memiliki kata dasar pegat, yang artinya “putus”. Dalam prosedur papegatan, tandanya keluarga dan kerabat sudah mengikhlaskan kepergian dari orang yang meninggal ini. Papegatan biasanya disertai dengan sarana sesaji sebagai katalisnya, dan bertujuan agar keluarga dan kerabat tidak menghalangi roh untuk kembali ke Yang Maha Esa karena ketidak ikhlasan mereka dalam melepas jenazah.

9. Pakiriman Ngutang
Setelah Papegatan, proses selanjutnya bernama Pakiriman Ngutang, yaitu pengiriman jenazah ke makam. Prosedur ini akan dilakukan dengan cukup meriah, di mana jenazah akan dibawa di dalam keranda dan diiringi musik gamelan khas Bali. Keranda juga akan diputar-putar sebanyak 3 kali di sejumlah lokasi sebagai simbol perpisahan.

10. Ngeseng
Setelah seluruh prosedur di atas dilakukan, tiba saatnya bagi anggota keluarga dan kerabat untuk melakukan ngeseng, yaitu membakar jenazah dari orang yang sudah meninggal. Ngeseng sendiri dipimpin oleh pemuka agama atau pendeta, dan nantinya abu serta tulang yang tersisa dari orang ini dikumpulkan, digilas, dan dimasukkan ke dalam buah kelapa.

11. Nganyud
Nganyud adalah istilah yang digunakan di mana anggota keluarga dan kerabat dari orang yang sudah meninggal akan menghanyutkan abu jenazah ke laut atau sungai. Nganyud dilakukan dengan tujuan agar kotoran atau ketidaksucian dari jenazah bisa “hanyut” atau hilang dari dunia ini, dan pergi ke alam lain.

12. Mangelud atau Mangoras
Biasanya, 12 hari pasca meninggalnya seseorang, akan dilakukan prosedur bernama mangelud atau mangoras, di mana keluarga akan menyucikan serta membersihkan lingkungan rumah mereka yang bisa saja masih dipenuhi kesedihan dan rasa duka setelah meninggalnya anggota keluarga.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar