Minggu, 08 Oktober 2023

Siswa Membawa HP ke Sekolah



Siswa Membawa HP ke Sekolah

Menurut saya, siswa dapat membawa hp ke sekolah tergantung bagaimana pihak sekolah menyikapinya. Karena hp merupakan salah satu sarana yang baik dan cepat dalam penyebaran informasi. Tetapi dengan alasan kegiatan belajar-mengajar, komunikasi bersama orangtua (jemputan) dan hal penting lainnya. Sebelum ada aturan boleh atau tidaknya membawa hp ke sekolah, sebaiknya dirundingkan terlebih dahulu bersama seluruh warga sekolah, orangtua siswa dan komite sekolah dan melakukan tahap percobaan terlebih dahulu selama beberapa hari. Misalkan, besok siswa boleh membawa hp ke sekolah, jika besok tidak terjadi masalah yang dikarenakan boleh membawa hp ke sekolah, maka aturan membawa hp atau tidaknya ke sekolah bisa dirundingkan serta diawasi dalam penggunaan hp saat jam pelajaran.

Saat bel pagi berbunyi, siswa diharapkan mengumpulkan hp mereka pada locker yang kuncinya dipegang oleh guru atau seseorang yang dipercaya dapat bertanggung jawab atau tempat yang telah di sediakan agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan, seperti kehilangan HP, penggunaan HP saat jam pelajaran yang tidak ada kaitannya dengan pembelajaran sehingga dapat mengganggu aktivitas pembelajaran. Sebelum pulang sekolah siswa mengambil HP mereka yang diwakili oleh ketua kelas.

Siswa atau guru juga dapat membuat kesepakatan atau aturan serta konsekuensi atau sanksi tentang membawa hp ke sekolah. Contohnya, siswa tidak menggunakan hp di kelas jika tidak mendapat izin dari guru, tidak menggunakan hp saat kegiatan belajar-mengajar. Apabila siswa ada yang melangar akan mendapat sanksi yaitu HPnya disita dan dikembembalikan saat pulang sekolah.

Membawa hp ke sekolah memeberikan beberapa dampak positif seperti:

-mempermudah kegiatan belajar-mengajar

-memperlancar komunikasi bersama orangtua

-menambah wawasan tentang cara menggunakan teknologi

-hp dapat dijadikan akses menambah informasi pendidikan tanpa batas

-Bahkan bisa memacu semangat dan kreativitas siswa

Tetapi membawa hp ke sekolah juga dapat menganggu pelajaran dikarenakan:

-beberapa siswa bermain hp saat kegiatan belajar-mengajar

-interaksi antara siswa satu dengan siswa lain lumayan berkurang dikarenakan salah satu siswa sibuk bermain hp

-siswa memposting video/foto saat disekolah tanpa izin dari guru

-ada kemungkinan terjadinya cyberbullying

Harapannya semoga kita semua dapat menggunakan HP yang kita miliki untuk hal-hal yang positif yang dapat membantu menunjang proses pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar