Selasa, 31 Oktober 2023

Literasi

LITERASI 


CERITA KEMATIAN ABIMANYU BAGI PARA SISWA-SIWI SEBAGAI GENERASI MUDA

"Abimayu adalah gabungan kekuatan A-rjuna, Bima, dan Yu- distira. Ia sungguh ksatria muda yang tak terkalahkan."

"Namun Abimayu terjebak dalam pusaran formasi tempur Chakravyuha pasukan kerajaan Dwaraka yang berpihak pada Korawa."

"Formasi para prajurit tangguh itu membentuk lingkaran labirin prajurit berani mati. Siapa pun terjebak masuk ke dalamnya akan sulit keluar. Akhirnya akan mati tak berdaya di sana."

"Abimayu juga terjebak dan tidak bisa keluar. Akhirnya ia gugur karena dikeroyok para ksatria Korawa yang hilang sifat ksatrianya, mengeroyok Abimayu muda yang gagah dan tak terkalahkan."

"Di ujung hidupnya, ia bahkan menghembuskan napas terakhir di ujung pedang uwaknya sendiri, Raden Karna yang kasihan oleh penderitaannya yang penuh luka."

"Sebenarnya Abimayu bisa menembus keluar dari formasi Chakravyuha itu. Sebab ia sejak dalam kandungan sudah mendengarkan kisah kehebatan formasi mematikan itu."

"Namun saat ayahnya, Sang Arjuna, mengisahkan jalan rahasia menembus labirin mematikan itu, Subadra tertidur. Sehingga ilmu rahasia terakhir tidak mengalir ke dalam DNA Abimayu yang masih dalam kandungan."

"Abimayu tidak tuntas mendengarnya, sehingga hilangnya sebagian cerita itu menjadi sebab kematiannya yang tragis."

#tubaba@griyangbang//Nah, sebagai siswa-siswi//anak remaja, ksatria muda dalam kehidupan, janganlah sampai kau seperti Abimayu yang tidak utuh mendengarkan informasi, berita, cerita, atau ilmu apa pun#

#Sebab jika kau sampai terjebak dalam pusaran cerita hoax, isu buruk, atau berita yang tidak jelas dan tidak tuntas//betapa pun hebatnya kepintaran dan ilmumu, akhirnya kau akan mati gaya dan mati akal oleh apa yang kau dengar//Seperti Abimayu akhirnya gugur di tangan Karna, yang juga berarti telinga#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar