Minggu, 13 Agustus 2023

Ida Bhatara Hyang Sinuhun Siwa Putra Prama Daksa Manuaba (Griya Agung Bangkasa di desa Bongkasa) sebagai pelopor pendirian Pura Panataran Agung Catur Parhyangan Linggih Ida Bhatara Mpu Gana di Pundukdawa

Om swastiastu

Punduk Dawa belakangan ini tidak bisa dilepaskan dari kebangkitan Pasek dari tindakan Diskriminasi ketertekanan fiodalisme yang berusaha mencari solusi damai berkiblat dari perjalanan Lelangit kita KYAI I GUSTI AGUNG PASEK GELGEL meninggalkan kerajaan Gelgel yg penuh konflik dari Pegatepan Gelgel menuju Aan, Akah, Menduang, Budaga, Sangkanbuana, dan setelah kondisi politik stabil Putra bungsu beliau kembali ke Pegatepan Gelgel.

Sekarang ke enam tempat ini menjadi Pura Dadia Agung Pasek Gelgel bagi masing masing trah Putra Putra beliau.
Pindahnya salah satu pura catur parahyangan Ratu Pasek, yaitu parahyangan linggih Ida Bhatara Mpu Ghana dari pura Dasar Bhuana Gelgel ke bukit Desa Punduk Dawa adalah pilihan cerdas menuju Pasek yang harmonis dan bersatu, Ida Bhatara Hyang Sinuhun Siwa Putra Prama Daksa Manuaba (Griya Agung Bangkasa di desa Bongkasa) sebagai pelopor pendirian Pura Panataran Agung Catur Parhyangan Linggih Ida Bhatara Mpu Gana di Pundukdawa menyadari konflik dengan saudara sendiri yang sesama Hindu, apalagi yang di adu sesama Pasek adalah potret buruk bagi generasi sekarang dan yang akan datang, kalah jadi arang menang jadi abu, ungkapan itulah yg paling tepat di berikan kalau di cari pilihan dengan kekerasan penyelesaian konflik diskriminasi tersebut.

Pemindahan parahyangan Ida Bhatara Mpu Ghana ke Desa Punduk Dawa tidak serta merta akan mengubah nama Pasek menjadi Pasek Punduk Dawa,.!!! 
Tidak,..karena yg pindah secara fisik adalah pemujaan beliau,.. Yg pindah hanyalah konsep Catur Parahyangan, yg dulu Ida Bhatara Mpu Ghana kita sungsung di Pura Dasar Bhuana Gelgel sekarang setelah keputusan lembaga tertinggi Pasek yaitu MGPSSR pusat dan pemelastian 9 april 2017 Ida Bhatara Mpu Ghana sudah diistanakan di Bukit Punduk Dawa di kawasan Kecamatan Dawan Klungkung.

Perlu diingat perpindahan salah satu pura catur parahyangan tidak diikuti pemindahan penduduk secara physik, yg nanti melahirkan keturunan baru di Desa Punduk Dawa. Pura catur Parahyangan yg sekarang disebut Pura Penataran Agung Catur Parahyangan Ratu Pasek linggih Ida Bhatara Mpu Ghana ring Desa Punduk Dawa.

Kenapa di sebut Pura Penataran Agung Catur Parahyangan???
Karena di Pura yg sekarang terdiri dua Pelataran Agung yaitu Pelataran Utamaning Utama Mandala dan Pelataran Madyaning Utama Mandala Pelinggih yg di bangun di madyaning Utama Mandala selain Pelinggih Utama Ida Bhatara Mpu Ghana berupa Meru tumpang tiga, selatannya ada Meru tumpang lima linggih Ida Bhatara Panca tirta (Mpu Gnijaya, Mpu Semeru, Mpu Kuturan, Mpu Ghana, dan Mpu Bradah) dan meru tumpang pitu sebagai pemujaan para lelangit yg menurunkan panca tirtha.

Kemudian dihuluning/di utamaning utama mandala di bangun Pelinggih Ida Hyang Pasupati berupa Padma Anglayang yg merupakan penyungsungan semua klan atau soroh dan linggih Hyang Tri Purusa (Hyang Gnijaya, Hyang Putranjaya, lan Hyang Dewi danuh) berupa Padma tiga. Nah Pura ring luhuring/utamaning utama mandala merupakan penyungsung gumi lintas soroh/klan, sehingga merupakan Pura pemersatu umat dan terbuka untuk semua umat Hindu sembahyang mendoakan kedamaian dan keselamatan kita bersama. Di Madyaning utama mandala merupakan pelinggih Ratu Pasek.
Ada pertanyaan yg menggelitik hati, apakah karena perpindahan dari Gelgel yg nyungsung atau sembahyang ke Punduk Dawa hanya dari Trah Gelgel??
Jawabannya adalah TIDAK. Pura parahyangan Ratu Pasek linggih Ida Bhatara Mpu Ghana yg ada di bukit Punduk Dawa Desa Punduk Dawa adalah pura penyungsungan seluruh Trah Pasek keturuna Mpu Gnijaya yg menurunkan semua Pasek yg ada di Bali bahkan di nusantara.

Kenapa demikian??
Karena kalau kita baca sejarah dan Babad bahwa Ida Bhatara Mpu Ghana bersaudara Lima, Mpu Bradah kembali ke Desa Lemah Tulis di Jawa Timur, dan ke empat kakak beliau menetap di Bali dan dari keempat beliau hanya Mpu Gnijaya yg mempunyai istri dan keturunan yaitu Sang Sapta Pandita atau lebih sering di sebut Sapta Rsi.

Sedangkan Mpu Semeru sane melinggih ring Besakih, Mpu Kuturan sane melinggih ring Silayukti dan Mpu Ghana yg dulunya melinggih ring Dasar Bhuana tidak memiliki keturunan Purusa secara langsung karena Mpu semeru dan Mpu Ghana nyukla brahmacari, sedangkan Mpu Kuturan beliau bercerai dengan Nateng Rareng Girah dan memiliki keturunan seorang putri Dyah Ratna Manggali yg menikah dengan Mpu Bahula putra Mpu Bradah yg menurunkan para Arya dan klan Ida Bagus.

Sedangkan Mpu Semeru memiliki putra angkat dari penduduk Bali Mula yg menurunkan Pasek Kayu Selem.

Pertanyaan yg muncul sekarang kalau beliau yg bertiga ini tidak memiliki keturunan Purusa langsung, maka siapa yg bertanggung jawab secara purusa dan memiliki kewajiban untuk menyembah dan memelihara parahyangan beliau?
Tentu keturuna Bhatara Hyang Gnijaya yg merupakan kawitan Pasek yg melinggih di Pura Lempuyang Madya Karangasem, dengan demikian sangat tepatlah kalau catur parahyangan linggih Ida Bhatara Mpu Ghana merupakan Pura pemersatu umat dan Pura pemersatu seluruh warga Pasek senusantara keturunan Sang Sapta Pandita.
Ngiring sareng sareng nyakupang lima ring kawitan sampun nyihnayang bakti ring kawitan,
ELING lan SATYA ring BISAMA lan nyuktiang GUYUB ring PASEMETONAN..!!
OM SANTIH, SANTIH ,SANTIH OM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar