Senin, 29 Mei 2023

Studi Tiru

STUDI TIRU 
SMP N 4 Abiansemal ke SMP N 1 Mengwi – Tiru SEKOLAH ADIWIYATA
Studi Tiru adalah sebuah Konsep Belajar yang dilakukan pada suatu institusi atau lembaga yang dianggap lebih kompeten dalam suatu hal dengan maksud peningkatan mutu, perluasan usaha, perbaikan sistem, penentuan kebijakan baru, perbaikan dan peraturan perundangan. Sedangkan makna lain dari Studi Tiru adalah merupakan hal yang umum dilakukan antar komunitas, organisasi, ataupun instansi, yang mana memiliki tujuan untuk meniru pengalaman atau keterampilan keberhasilan prestasi yang diraih instansi/tempat yang telah dikunjungi.
Adapun Latar belakang dari dasar diadakannya suatu Studi Tiru ini, bergantung pada sifat kebutuhan pada lembaga atau instansi yang telah menjadi prioritas sasaran Kinerja. Dan harus menyesuaikan sasaran tempat atau tujuan yang akan ditirukan, baik berupa program, tata kelola manajemen dan bentuk lainnya.
Studi tiru dilaksanakan dengan salah satu tujuan untuk membawa manfaat, meningkatkan sinergi, dan membangun kerja sama antara masing-masing lembaga pelaksana Studi Tiru. Pada kegiatan Studi Tiru biasanya diisi dengan berbagi praktik baik yang telah dilaksanakan maupun peninjuan di area kerja yang menjadi tujuan sasaran Studi Tiru.

Pada kesempatan ini, 30 Mei 2023, bapak kepala sekolah SMP N 4 Abiansemal (I Made Antara, S.Pd) bersama para guru tim Adiwiyata melakukan Studi Tiru ke SMP N 1 Mengwi  terkait dengan predikat Sekolah Adiwiyata Mandiri.
Acara diawali dengan sambutan kepala sekolah SMP N 1 Mengwi kemudian dilanjutkan pemaparan materi oleh sekretaris team Adiwiyata SMP N 1 Mengwi. 
Para guru SMPN 4 Abiansemal sangat antusias bertanya dan menggali informasi bagaimana penerapan sekolah Adiwiyata dalam pembelajaran dengan pendekatan. Mulai dari bagaimana konsep dasarnya, hingga dampak yang diperoleh dari penerapan tersebut.
Studi tiru berupa presentasi oleh team Adiwiyata SMP N 1 Mengwi dan diskusi tanya jawab semua peserta studi tiru. Kegiatan berlangsunh di ruang aula SMPN 1 Mengwi mulai pukul 10.30 hingga 12.00 Witta. 

Poin utama konsep sekolah Adiwiyata adalah melatih siswa untuk peka, empati, dan peduli dengan lingkungannya terutama terkait dengan kebersihan dan keindahan serta pelayanan publik di lingkungan sekolahnya. 
Sekolah Adiwiyata mengusung konsep untuk mengajak siswa memiliki keterampilan dasar 4C, jiwa ataupun karakter. Tujuan akhirnya adalah agar siswa menumbuhkan sikap peduli dan peka dengan lingkungan sekitar.
Hasil dari penerapan Sekolah Adiwiyata dalam pembelajaran salah satunya adalah dapat meningkatkan kemampuan siswa 4C ( critical thinking, collaborative, communicatif, creative). Konsep yang diterapkan dalam Sekolah Adiwiyata terkesan sederhana, namun mampu memberikan dampak yang luar biasa.
Kompetisi ini adalah suatu ajang inovasi dalam meningkatkan pelayanan publik. Konsep dalam Sekolah Adiwiyata inilah yang ingin dipelajari oleh SMPN 4 Abiansemal dari SMP N 1 Mengwi.

Sasaran yang ingin dicapai SMP N 4 Abiansemal adalah, tidak hanya terjadi Komparasi alih tekhnologi, akan tetapi dapat langsung meniru keberhasilan SMP N 1 Mengwi dalam pengembangan satu sitem sekolah Adiwiyata atau aplikasi tekhnologi yang sudah berjalan di sekolah yang dijadikan percontohan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar