Sabtu, 07 Mei 2022

Tentang Naben

Tentang pelaksanaan Upacara Ngaben yang sederhana juga disebutkan dalam Lontar Amretingkahing Sawa, druwen Ki Dalang Tangsub, Griya Agung Bangkasa, sebagai berikut :

๐™„๐™ ๐™ž ๐™ฅ๐™–๐™ฌ๐™–๐™ง๐™–๐™ ๐™Ž๐™–๐™ฃ๐™œ ๐™ƒ๐™ฎ๐™–๐™ฃ๐™œ Siwa Prajapati, ๐™ข๐™–๐™ ๐™– ๐™จ๐™ž๐™™๐™๐™–๐™ฃ๐™ž๐™ฃ๐™œ ๐™ฉ๐™ž๐™ฃ๐™œ๐™ ๐™–๐™๐™ž๐™ฃ๐™œ ๐™–๐™ฃ๐™œ๐™ช๐™ฅ๐™–๐™ ๐™–๐™ง๐™– ๐™จ๐™–๐™ฌ๐™ฃ๐™ž๐™ฃ๐™œ ๐™ฌ๐™–๐™ฃ๐™œ ๐™ข๐™–๐™ฉ๐™ž ๐™ฃ๐™ž๐™จ๐™ฉ๐™– ๐™ข๐™–๐™™๐™ฎ๐™– ๐™ช๐™ฉ๐™ฉ๐™–๐™ข๐™–, ๐™ ๐™š๐™ฌ๐™–๐™ก๐™–๐™ฌ๐™–๐™ฃ๐™œ๐™š ๐™ข๐™–๐™ฉ๐™ž ๐™—๐™š๐™ฃ๐™š๐™ง, ๐™ข๐™–๐™œ๐™š๐™จ๐™š๐™ฃ๐™œ ๐™ช๐™œ๐™ž ๐™ฅ๐™ง๐™–๐™จ๐™ž๐™™๐™๐™– ๐™ข๐™ช๐™ก๐™ž๐™ ๐™ข๐™–๐™ง๐™ž๐™ฃ๐™œ ๐˜ฝ๐™๐™–๐™ฉ๐™–๐™ง๐™– ๐˜ฝ๐™ง๐™–๐™๐™ข๐™–, ๐™ฎ๐™–๐™™๐™ฎ๐™–๐™ฅ๐™ž ๐™ฉ๐™–๐™ฃ ๐™ฅ๐™–๐™—๐™ฎ๐™–, ngaran nisprateka nirprabhawa, ngaran ๐™จ๐™ฌ๐™–s๐™ฉ๐™– ๐™ง๐™ž๐™ฃ๐™œ ๐™Ž๐™–๐™ฃ๐™œ๐™๐™ฎ๐™–๐™ฃ๐™œ ๐˜ผ๐™œ๐™ฃ๐™ž๐™ฅ๐™ง๐™š๐™จ๐™ž๐™™๐™™๐™๐™–, kinentasaken de Sang Brahmana Pandita, ๐™ข๐™–๐™ฃ๐™œ๐™œ๐™ž๐™ ๐™–๐™ฎ๐™ช ๐™Ž๐™–๐™ฃ๐™œ๐™๐™ฎ๐™–๐™ฃ๐™œ ๐˜ผ๐™ฉ๐™ข๐™–.

Terjemahaannya:
Inilah sabda Sang Hyang Siwa Prajapati sesuaikan dengan kemampuan mengupacarai orang yang meninggal lakukan dengan upacara nista, madya, dan utama, asal mati betul (tidak salah/ulah pati) bakarlah juga akan sampai juga pada Brahma, meskipun dengan biyaya dengan sederhana, namanya juga pengabenan nis prateka nir prabhawa, lakukanlah ngaben swasta pada Bhatara Agni, dihentaskan oleh Ida Sang Sulinggih sebagai Brahmana Pandita, maka akan berhasil pula mendapatkan kerahayuan Sang Hyang Atma.


SEKILAS SIMBOL DALAM UPACARA NGABEN

Secara keseluruhan, simbol-simbol yang terdapat dalam upacara ๐™ฃ๐™œ๐™–๐™—๐™š๐™ฃ, baik yang tercermin pada sarana upacara, pelaksanaan prosesi upacara ๐™ฃ๐™œ๐™–๐™—๐™š๐™ฃ, dan alunan bunyi ๐™ฉ๐™š๐™ฉ๐™–๐™—๐™ช๐™๐™–๐™ฃ yang mengiringi, menunjukkan konsep masyarakat Bali tentang kosmologi. Dalam upacara ๐™ฃ๐™œ๐™–๐™—๐™š๐™ฃ, unsur-unsur ๐™ฅ๐™–๐™ฃ๐™˜๐™– ๐™ข๐™–๐™๐™–๐™—๐™๐™ช๐™ฉ๐™– tubuh manusia (mikrokosmos/๐™—๐™๐™ช๐™ฌ๐™–๐™ฃ๐™– ๐™–๐™ก๐™ž๐™ฉ) dikembalikan kepada ๐™ฅ๐™–๐™ฃ๐™˜๐™– ๐™ข๐™–๐™๐™–๐™—๐™๐™ช๐™ฉ๐™– ๐™—๐™๐™ช๐™ฌ๐™–๐™ฃ๐™– ๐™–๐™œ๐™ช๐™ฃ๐™œ (makrokosmos) lewat proses kremasi atau pembakaran jenazah dengan kelengkapan sarana upacaranya, jiwatman dikembalikan kepada sumbernya (Hyang Widhi), dan diiringi ๐™ฉ๐™š๐™ฉ๐™–๐™—๐™ช๐™๐™–๐™ฃ yang juga diyakini sebagai doa atau ‘mantram’ di samping mantram yang dilantunkan oleh ๐™ฅ๐™ž๐™ฃ๐™–๐™ฃ๐™™๐™ž๐™ฉ๐™– dan atau Brahmana Pandita yang memimpin upacara tersebut. Semua ini mencerminkan hubungan mikrokosmos, makrokosmos, dan metakosmos, sebagai pengejawantahan konsep keseimbangan hidup orang Bali yaitu ๐“๐ซ๐ข ๐‡๐ข๐ญ๐š ๐Š๐š๐ซ๐š๐ง๐š.

๐™๐™š๐™ฉ๐™–๐™—๐™ช๐™๐™–๐™ฃ secara tekstual sarat dengan aspek kosmologis berkaitan erat dengan aspek kontekstualnya yaitu upacara ๐™ฃ๐™œ๐™–๐™—๐™š๐™ฃ itu sendiri. ๐™‰๐™œ๐™–๐™—๐™š๐™ฃ sebagai bentuk ritual penyucian roh fase pertama juga berhubungan dengan aspek-aspek kosmologis, terlihat pada penggunaan beberapa sarana upacara dan pelaksanaan prosesi upacara ๐™ฃ๐™œ๐™–๐™—๐™š๐™ฃ seperti ๐™ฅ๐™–๐™ข๐™š๐™ง๐™š๐™ข๐™–๐™ฃ berupa ๐™ฅ๐™–๐™™๐™ข๐™–, ๐™ฌ๐™–๐™™๐™–๐™, ๐™—๐™–๐™™๐™š, ๐™Ÿ๐™ค๐™ก๐™ž atau ๐™ฅ๐™–๐™ฅ๐™–๐™œ๐™–, ๐™ฅ๐™–๐™ฉ๐™ช๐™ก๐™–๐™ฃ๐™œ๐™–๐™ฃ berupa ๐™ก๐™š๐™ข๐™—๐™ช, dan pelaksanaan prosesi ๐™ฅ๐™ง๐™–๐™จ๐™–๐™ฌ๐™ฎ๐™–..

๐™‹๐™–๐™ข๐™š๐™ง๐™š๐™ข๐™–๐™ฃ adalah tempat untuk mengusung jenazah ketika dibawa ke ๐™จ๐™š๐™ฉ๐™ง๐™–/kuburan. Ada beberapa sarana pengusung jenazah yang biasa digunakan dalam upacara ๐™ฃ๐™œ๐™–๐™—๐™š๐™ฃ di antaranya: ๐™ฅ๐™–๐™™๐™ข๐™–, ๐™—๐™–๐™™๐™š, ๐™ฌ๐™–๐™™๐™–๐™, ๐™Ÿ๐™ค๐™ก๐™ž atau ๐™ฅ๐™–๐™ฅ๐™–๐™œ๐™–. ๐™‹๐™–๐™™๐™ข๐™– adalah sarana pengusung jenazah dalam upacara ๐™ฃ๐™œ๐™–๐™—๐™š๐™ฃ yang bentuknya sangat mendekati ๐™ฅ๐™–๐™™๐™ข๐™– ๐™˜๐™–๐™ฅ๐™–๐™ dan tidak memakai atap. Sarana ini umumnya digunakan untuk mengusung jenazah orang yang sudah suci seperti ๐™ฅ๐™–๐™ฃ๐™™๐™ž๐™ฉ๐™– atau ๐™จ๐™ช๐™ก๐™ž๐™ฃ๐™œ๐™œ๐™ž๐™. Berbeda dengan ๐™ฅ๐™–๐™™๐™ข๐™– yang tidak memakai atap, ๐™—๐™–๐™™๐™š menggunakan atap bertumpang (berjumlah lima, tujuh, sembilan, atau sebelas), dan menggunakan ๐™ฅ๐™–๐™ก๐™ž๐™ dan ๐™ ๐™š๐™ ๐™–๐™ง๐™–๐™ฃ๐™œ๐™–๐™ฃ yang lebih lengkap. Sementara ๐™ฌ๐™–๐™™๐™–๐™ menggunakan atap tetapi tidak bertumpang. ๐™…๐™ค๐™ก๐™ž merupakan sarana untuk mengusung jenazah yang sangat sederhana, dapat digunakan oleh semua umat dengan tidak memandang tingkatan ๐™ฌ๐™–๐™ฃ๐™œ๐™จ๐™–. Bentuk terakhir adalah ๐™ฅ๐™–๐™ฅ๐™–๐™œ๐™– yang diduga sebagai bentuk tertua sebagai sarana pengusung jenazah di Bali, kemudian berkembang menjadi bentuk ๐™ฌ๐™–๐™™๐™–๐™ atau ๐™—๐™–๐™™๐™š dengan berbagai kreasi dan filosofinya (Wiana, 2004: 78-79).

Penggunaan ๐™ฅ๐™–๐™ข๐™š๐™ง๐™š๐™ข๐™–๐™ฃ dalam upacara ๐™ฃ๐™œ๐™–๐™—๐™š๐™ฃ mengandung maksud-maksud tertentu. Dilihat dari bentuknya, ๐™ฌ๐™–๐™™๐™–๐™ atau ๐™—๐™–๐™™๐™š adalah simbol dari gunung. Dalam ๐™†๐™–๐™ ๐™–๐™ฌ๐™ž๐™ฃ ๐˜ฟ๐™๐™–๐™ง๐™ข๐™– ๐™Ž๐™ช๐™ฃ๐™ž๐™– dinyatakan bahwa wujud nyata dari Tuhan adalah ‘alam semesta’/๐™—๐™๐™ช๐™ฌ๐™–๐™ฃ๐™– ๐™–๐™œ๐™ช๐™ฃ๐™œ. Simbol ringkas dari alam semesta adalah gunung. Oleh karena ๐™ข๐™š๐™ง๐™ช adalah simbol dari gunung, maka ๐™ฌ๐™–๐™™๐™–๐™/๐™—๐™–๐™™๐™š adalah simbol dari ๐™—๐™๐™ช๐™ฌ๐™–๐™ฃ๐™– ๐™–๐™œ๐™ช๐™ฃ๐™œ (Wiana, 2004: 75).

Sarana lainnya ada ๐™ฅ๐™–๐™ฉ๐™ช๐™ก๐™–๐™ฃ๐™œ๐™–๐™ฃ yaitu sarana upacara dalam upacara ngaben yang bentuknya dapat berupa ๐™ก๐™š๐™ข๐™—๐™ช, ๐™จ๐™ž๐™ฃ๐™œ๐™–, ๐™ฃ๐™–๐™œ๐™–๐™ ๐™–๐™–๐™ฃ๐™œ, atau ๐™œ๐™–๐™Ÿ๐™–๐™๐™ข๐™ž๐™ฃ๐™–, dipakai sebagai tempat untuk membakar jenazah setibanya di ๐™จ๐™š๐™ฉ๐™ง๐™– atau kuburan. ๐™‡๐™š๐™ข๐™—๐™ช adalah wahana Dewa Siwa yang disebut Nandini. Penggunaan ๐™ก๐™š๐™ข๐™—๐™ช untuk ๐™ฅ๐™–๐™ฉ๐™ช๐™ก๐™–๐™ฃ๐™œ๐™–๐™ฃ secara filosofi mengandung maksud mengantarkan roh seseorang yang wafat menghadap kepada Dewa Siwa (Purwita, 1989/1990: 78).

Dalam prosesi upacara ngaben ada gerakan ๐™ฅ๐™ง๐™–๐™จ๐™–๐™ฌ๐™ฎ๐™–, yaitu gerakan memutar tiga kali berlawanan arah dengan arah jarum jam. Sarana yang diputar adalah ๐™ฅ๐™–๐™ข๐™š๐™ง๐™š๐™ข๐™–๐™ฃ dan ๐™ฅ๐™–๐™ฉ๐™ช๐™ก๐™–๐™ฃ๐™œ๐™–๐™ฃ. ๐™‹๐™ง๐™–๐™จ๐™–๐™ฌ๐™ฎ๐™– biasanya dilakukan di beberapa tempat seperti di perempatan atau persimpangan jalan dan di pintu masuk atau di ๐™จ๐™š๐™ฉ๐™ง๐™– itu sendiri.

๐™‹๐™ง๐™–๐™จ๐™–๐™ฌ๐™ฎ๐™– dengan pemutaran tiga kali adalah lambang mengantarkan pendakian ๐™Ž๐™–๐™ฃ๐™œ ๐™ƒ๐™ฎ๐™–๐™ฃ๐™œ ๐˜ผ๐™ฉ๐™ข๐™– menuju ๐™ฉ๐™ง๐™ž ๐™ก๐™ค๐™ ๐™–, dari ๐™—๐™๐™ช๐™ง ๐™ก๐™ค๐™ ๐™– menuju ๐™—๐™๐™ช๐™ฌ๐™–๐™ ๐™ก๐™ค๐™ ๐™– dan ๐™จ๐™ฌ๐™–๐™ ๐™ก๐™ค๐™ ๐™–. Dalam ๐™‡๐™ค๐™ฃ๐™ฉ๐™–๐™ง ๐™‚๐™–๐™ฎ๐™– ๐™๐™ง๐™ždinyatakan bahwa saat upacara ๐™ฃ๐™œ๐™–๐™—๐™š๐™ฃ ๐™Ž๐™–๐™ฃ๐™œ ๐™ƒ๐™ฎ๐™–๐™ฃ๐™œ ๐˜ผ๐™ฉ๐™ข๐™– diantarkan dari ๐™—๐™๐™ช๐™ง ๐™ก๐™ค๐™  menuju ๐™—๐™๐™ช๐™ฌ๐™–๐™ ๐™ก๐™ค๐™ ๐™–, sedangkan saat upacara ๐™–๐™ฉ๐™ข๐™– ๐™ฌ๐™š๐™™๐™–๐™ฃ๐™– mengantarkan ๐™Ž๐™–๐™ฃ๐™œ ๐™ƒ๐™ฎ๐™–๐™ฃ๐™œ ๐˜ผ๐™ฉ๐™ข๐™– menuju swah loka. Tujuan akhir dari ๐™ฅ๐™ง๐™–๐™จ๐™–๐™ฌ๐™ฎ๐™– dalam upacara ๐™ฃ๐™œ๐™–๐™—๐™š๐™ฃ adalah mengantarkan ๐™–๐™ฃ๐™œ ๐™ƒ๐™ฎ๐™–๐™ฃ๐™œ ๐˜ผ๐™ฉ๐™ข๐™– mendapatkan tirtha amertha atau kehidupan yang kekal abadi di alam niskala seperti di ๐™—๐™๐™ช๐™ฌ๐™–๐™ ๐™ก๐™ค๐™ ๐™– dan ๐™จ๐™ฌ๐™–๐™ ๐™ก๐™ค๐™ ๐™–
 (Wiana, 2004: 84). Dengan demikian, penggunaan sarana upacara (๐™ฅ๐™–๐™ข๐™š๐™ง๐™š๐™ข๐™–๐™ฃ atau ๐™ฅ๐™–๐™ฉ๐™ช๐™ก๐™–๐™ฃ๐™œ๐™–๐™ฃ) dan prosesi ๐™ฅ๐™ง๐™–๐™จ๐™–๐™ฌ๐™ฎ๐™– mencerminkan konsep kosmologis dalam upacara, berkaitan erat dengan aspek-aspek kosmologis ๐™ฉ๐™š๐™ฉ๐™–๐™—๐™ช๐™๐™–๐™ฃ dalam upacara ๐™ฃ๐™œ๐™–๐™—๐™š๐™ฃ.

Pelaksanaan upacara ritual yang didasarkan atas ๐™ฉ๐™–๐™ฉ๐™ฉ๐™ฌ๐™–/filsafat yang benar (๐™จ๐™–๐™ฉ๐™ฎ๐™–๐™ข), dilaksanakan dengan ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ด๐˜ถ๐˜ค๐˜ช ๐˜ฏ๐˜ช๐˜ณ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข (๐™จ๐™ž๐™ฌ๐™–๐™ข), dan dalam bentuk/wujud sarana atau persembahan yang indah (๐™จ๐™ช๐™ฃ๐™™๐™–๐™ง๐™–๐™ข), diharapkan dapat mencapai tujuan upacara yang sebenarnya. Demikian pula ๐™ฉ๐™š๐™ฉ๐™–๐™—๐™ช๐™๐™–๐™ฃ yang disajikan dengan berlandaskan konsep ๐™จ๐™–๐™ฉ๐™ฎ๐™–๐™ข, ๐™จ๐™ž๐™ฌ๐™–๐™ข, dan ๐™จ๐™ช๐™ฃ๐™™๐™–๐™ง๐™–๐™ข dalam setiap upacara menjadikan pelaksanaan upacara tidak saja benar secara konseptual, tetapi juga suci/khidmat dalam prosesinya, serta penuh dengan sentuhan kreativitas seni.

Keterlibatan tetabuhan dalam upacara ๐™ฃ๐™œ๐™–๐™—๐™š๐™ฃ dapat berfungsi sebagai sarana ritual, sarana pembangkit semangat, dan untuk menambah kekhidmatan suasana upacara. Penggunaannya disesuaikan dengan tingkatan upacara ngaben yaitu ๐™ฃ๐™œ๐™–๐™—๐™š๐™ฃ ๐™ฃ๐™ž๐™จ๐™ฉ๐™– (๐™–๐™ก๐™ž๐™ฉ), ๐™ฃ๐™œ๐™–๐™—๐™š๐™ฃ ๐™ข๐™–๐™™๐™ฎ๐™–, ๐™–๐™ฉ๐™–๐™ช ๐™ฃ๐™œ๐™–๐™—๐™š๐™ฃ ๐™ช๐™ฉ๐™–๐™ข๐™– (๐™–๐™œ๐™š๐™ฃ๐™œ). Semakin tinggi tingkatan pelaksanaan upacara ๐™ฃ๐™œ๐™–๐™—๐™š๐™ฃ, maka semakin kompleks juga tetabuhan yang digunakan dalam prosesinya. Secara filosofi, kehadiran tetabuhan dalam upacara ๐™ฃ๐™œ๐™–๐™—๐™š๐™ฃ dipandang sebagai bagian dari doa. Diyakini bahwa vibrasi gelombang bunyi yang dihasilkan oleh suara gamelan adalah sebuah ‘mantram’ atau suara puja kepada salah satu ista dewata. Suara tersebut diyakini bersumber dari alam (๐™ฅ๐™–๐™ฃ๐™˜๐™– ๐™ข๐™–๐™๐™–๐™—๐™๐™ช๐™ฉ๐™–) menyebar ke seluruh penjuru mata angin (๐™ฅ๐™–๐™ฃ๐™œ๐™ž๐™™๐™š๐™ง ๐™—๐™๐™ช๐™ฌ๐™–๐™ฃ๐™–), dikelompokkan menjadi laras pelog dan slendro yang merupakan manifestasi Semara – Ratih, mempertegas bahwa di dalamnya terkandung aspek kosmologis. Lantunan ๐™ฉ๐™š๐™ฉ๐™–๐™—๐™ช๐™๐™–๐™ฃ berlaras pelog dan slendro yang dihasilkan oleh barungan gamelan dalam upacara ๐™ฃ๐™œ๐™–๐™—๐™š๐™ฃ, menjadi salah satu sarana ritual, bagian dari doa keluarga atau masyarakat yang melaksanakan upacara, untuk mengantarkan perjalanan ๐™จ๐™–๐™ฃ๐™œ ๐™–๐™ฉ๐™ข๐™– dari alam ๐™—๐™๐™ช๐™ง ๐™ก๐™ค๐™ ๐™– (๐™จ๐™š๐™ ๐™–๐™ก๐™–) menuju alam ๐™—๐™๐™ช๐™ฌ๐™–๐™ ๐™ก๐™ค๐™ ๐™– dan ๐™จ๐™ฌ๐™–๐™ ๐™ก๐™ค๐™ ๐™– (๐™ฃ๐™ž๐™จ๐™ ๐™–๐™ก๐™–).

Menyimak Lontar Amretingkahing Sawa, druwen Ki Dalang Tangsub, Griya Agung Bangkasa, diatas inti dari pengabenan itu adalah api atau pembakaran dan sang pemuput atau sulinggih (Brahmana Pandita). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar