Minggu, 08 September 2024

MANFAAT Air Bambu

MANFAAT AIR BAMBU

Bambu dapat menyimpan air karena memiliki sistem akar yang rumit dan batang berongga yang berfungsi sebagai reservoir alami. Berikut beberapa hal yang perlu diketahui tentang air di dalam bambu: 

1. Bambu dapat menyerap hingga 90% air hujan yang turun. 

2. kar rimpang bambu yang kuat memungkinkan bambu untuk mengikat tanah dan air dengan baik. 
 
3. Satu rumpun bambu dapat menyimpan hingga 5.000 liter air. 
 
4. Bambu dapat menjadi tanaman pengatur tata air. 
 
5. Di beberapa kasus, keberadaan bambu dapat memunculkan mata air baru. 
 
6. Air yang didapat dari bambu dapat diminum langsung dari sumbernya. Batang bambu berfungsi sebagai penyaring alami sehingga airnya sangat bersih. 
 
7. Minum air bambu dapat membantu sistem pencernaan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. 
 
8. Air bambu merupakan sumber antioksidan yang baik. 
 
Bambu merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak ditemui di Indonesia. Selain untuk keperluan pembangunan, bambu ternyata memiliki banyak manfaat ketika dikonsumsi. Salah satunya adalah air yang ada pada rongganya. Lalu, apa manfaat air bambu?

Menurut penelitian yang sudah dilakukan, ada beberapa manfaat dari air bambu. Selain air, bagian lain yang biasa dimanfaatkan manusia adalah bambu muda atau biasa dikenal dengan rebung.

5 Manfaat Air Bambu

Jangan heran jika bambu bisa mengeluarkan air dalam rongga batangnya, dikutip dari buku Klinik Rumah Sehat, Mahditia Paramita, (Carirtra) dijelaskan bahwa bambu merupakan tanaman yang bisa menyerap air hujan dengan sangat baik.

Bambu bisa menyerap 90 persen air hujan yang turun, sehingga dalam batangnya kaya akan kandungan air. Air bambu sendiri memiliki warna yang bening seperti air pada umumnya.

Yang membedakan hanya sumbernya berasal dari dalam bambu. Air bambu memiliki kandungan mineral dan oksigen yang cukup tinggi. Sehingga air ini memiliki banyak manfaat, berikut adalah lima manfaat air bambu.

1. Memperlambat Proses Penuaan

Manfaat air bambu yang pertama adalah memperlambat proses penuaan karena air bambu mengandung antioksidan yang tinggi. Mengonsumsi air bambu juga bisa mendukung perbaikan dan pencegahan kerusakan DNA karena radikal bebas.

2. Menjaga Kesehatan Rambut

Manfaat selanjutnya dari ari bambu adalah menjaga kesehatan rambut. Hal ini karena di dalam air bambu ada kandungan mineral yang bisa membantu meningkatkan produksi kolagen.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan silika dalam air bambu juga bisa membantu kesehatan tulang. Dengan memiliki kesehatan tulang yang baik, maka akan terhindar dari berbagai gangguan tulang, seperti osteoporosis dan lain sebagainya.

4. Menurunkan Kolesterol

Manfaat lain dari air bambu adalah membantu menurunkan kolesterol sehingga dapat mencegah seseorang terserang penyakit mematikan, seperti stroke dan kardiovaskular.

5. Anti Inflamasi

Manfaat terakhir dari air bambu adalah anti inflamasi, karena air bambu memiliki kandungan mineral dan oksigen yang tinggi. Sehingga air bambu cocok untuk digunakan membasuh muka yang memiliki kulit sensitif.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar