Kamis, 24 Maret 2022

WIKU

.                 " WIKU / WIKU - WIKUAN "


    Orang yang bagaimana disebut WIKU ? Pertanyaan seperti itu kerap muncul dalam perbincangan banyak orang . Melalui pertanyaan itu mereka seakan INGIN MEMBEDAKAN yang mana WIKU dan yang mana WIKU - WIKUAN . Keinginan MEMISAHKAN yang ASLI dengan yang PALSU adalah WAJAR dan MANUSIAWI . 

KARENA DALAM PERTEMUAN BANYAK WIKU MISALNYA . TIDAK LAGI MUDAH MENUNJUK YANG MANA WIKU - WIKUAN DAN YANG MANA WIKU SEJATI . 
KEDUANYA MENAMPAKKAN DIRI DENGAN ATRIBUT DAN AKSESORIS YANG NYARIS TIDAK BERBEDA . 

        Istilah WIKU - WIKUAN bukan buatan karena MERASA IRI  ( TIDAK ) ini murni karena melihat PRAKTEK DIMASYARAKAT . 
Istilah itu tercantum dalam beberapa PUSTAKA tentang WIKU dan KEWIKUAN . Kenyataan itu menandakan bahwa Fenomena WIKU - WIKUAN ternyata sudah menjadi KELUHAN JAGAT sejak dahulu bahkan sebelum teks - teks itu disusun . 

Sekarang kembali kita pertanyakan , SIAPAKAH YANG SEBENARNYA YANG DISEBUT WIKU ITU ? 

PERTANYAAN IN TENTU SANGAT RELEVAN . KARENA SEKARANG INI PERKEMBANGAN JUMLAH WIKU SANGAT PESAT . 

      Dari berbagai Pustaka tentang WIKU dan KEWIKUAN , kita mendapat berbagai petunjuk bagaimana caranya mengenali sosok WIKU . 
Tiga diantara petunjuk itu adalah : 
1) . WIKU adalah ORANG SUCI 
       WI berarti TIDAK 
       KU berarti KOTOR 
      ( secara harfiah seorang wiku adalah orang 
         Yang tidak kotor , atau orang suci . 
         Apanya yang suci ? 
         Suci badan kasarnya . Suci badan halus - 
         nya . dan suci pula badan pembungkus 
         Atmanya ) . 

2) . WIKU adalah seorang SADHAKA . 
      ( yang disebut SADHAKA adalah orang yang 
         Menggelar SADHANA .  yang dinamakan 
         SHADANA adalah YOGA ) . 

3) . WIKU adalah orang yang Bertongkatkan 
       SHASTRA . 
       ( Maksudnya ..... Orang yang disebut wiku 
          Adalah orang yang menggunakan 
          SHASTRA sebagai pegangan . 
          SHASTRA menjadi pegangan sang wiku
          Ketika menempuh hidup . dan ketika 
          menyongsong mati ) . 

                       ITULAH SEBABNYA 
                DALAM BERBAGAI CERITA 
             DIANALOGIKAN BAHWA WIKU 
                YANG TIDAK BERSHASTRA 
                             TIDAK BEDA 
                DENGAN ORANGTUA RENTA 
                         TANPA TONGKAT .

     Seperti itulah barangkali jadinya apabila WIKU TIDAK BERTONGKAT SHASTRA . Keadaannya SANGAT MEMPRIHATINKAN dan sekaligus SANGAT MEMBAHAYAKAN ! . karena bagaimana mungkin seorang WIKU akan berhasil MERAHAYUKAN JAGAT . apabila MERAHAYUKAN DIRINYA SENDIRI saja ia TIDAK MAMPU . mana bisa seorang WIKU mengentaskan kesengsaraan ATMA  orang banyak . Sedangkan ATMA SENDIRI belum tentu bebas dari PAPA  dan SENGSARA . 

                         ITULAH SEBABNYA 
                  KEADAAN SEORANG WIKU
                     YANG TIDAK MEMILIKI 
                       TONGKAT SHASTRA 
         ATAU YANG KEHILANGAN SHASTRA
                SANGAT MEMPRIHATINKAN .
          KEHADIRANNYA  JUGA DIPANDANG
                      SANGAT BERBAHAYA 
                        BAGI KERAHAYUAN 
          SEGALA YANG HIDUP DI JAGAT INI .

     Ajaran tentang TONGKAT SHASTRA sebenarnya TIDAK HANYA DITUJUKAN kepada para WIKU . Pesan NITI SHASTRA itu terutama di TUJUKAN kepada para CALON WIKU . BAIK CALON YANG SUDAH MATANG .
HAMPIR MATANG . CALON SETENGAH MATANG ATAU MATANG SEPARO . ATAUPUN CALON YANG MASIH MENTAH . 

apa yang dikatakan NITI SHASTRA itu tidak ubahnya sebagai sebuah PERINGATAN KERAS agar jangan sampai TIDAK MEMPERCAYAI AJARAN TONGKAT SHASTRA . 

Kalau sampai TIDAK MEYAKINI KEBENARAN PESAN itu . Maka akan TERJADI seperti tertulis dalam karya Shastra SALAMPAH LAKU 

        " HANA WONG PANGRESEK JAGAT "

Maksudnya ....
       
                      ADA ORANG ( CALON )
                      YANG KEHADIRANNYA 
                              TIDAK LEBIH 
                      SEKEDAR MENAMBAH
                    JUMLAH ORANG ( WIKU )
           DI DUNIA YANG SEMAKIN SESAK INI

OM NAMA SIWA YA . 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar