Rabu, 08 Maret 2023

Peran Guru

Guru Sebagai Pendidik, Orang Tua, Sekaligus Sahabat Bagi Siswa

Oleh: I Gede Sugata Yadnya Manuaba, S.S., M.Pd
Spenfourab. Newsweek. Dalam dunia pendidikan guru adalah salah satu faktor terpenting dalam kegiatan belajar mengajar. Guru menjadi fasilitator dalam transformasi ilmu kepada siswa. Guru bertanggung jawab atas penyampaian ilmu selama siswa mengikuti pendidikan, guru bukan hanya menjadi pengajar, ia bukan hanya bertugas mengajar.
Namun guru sebagai pendidik dan pengajar anak. Guru diibaratkan seperti ibu kedua yang mengajarkan berbagai macam hal yang baru dan mengembangkan potensi dasar dan kemampuannya secara optimal.
Guru harus menyadari jika anak ada waktu dan masa. Masa anak tetaplah anak. Kecenderungan bermain akan lebih besar. Cenderung bersuka ria akan lebih besar. Tidak bisa terus menerus dibawa kepada serius


Guru mulai menjalankan perannya sebagai sahabat siswa, dimana guru dapat memahami keprabadian siswanya yang berbeda – beda dan mendengarkan serta memberi solusi atas masalah yang dihadapi siswa. Memang bukanlah hal yang mudah untuk memahami setiap kepribadian dan masalah yang dihadapi siswa, akan tetapi dengan cara seperti itulah yang membuat hubungan guru dan siswa lebih terikat. 
Persahabatan antara murid dan guru bisa menghasilkan seorang murid yang berpendidikan luas. berikut tips menjadi guru favorit bagi murid :

1. Ikhlas dalam mengajar

2. Gunakan Panggilan lembut

3. Bercanda dengan siswa

4. Bijaksana dengan siswa

Karakter guru favorit siswa diantaranya adalah atraktif, ramah, bersahabat, humoris
Guru hanya sebatas menjadi pengajar saja tidak cukup bagi seorang guru, tetapi menjadi sahabat siswa akan sangat berarti dan dihormati oleh siswa. oleh karena itu, peran guru tidak hanya sebagai teladan dari siswa akan tetapi juga harus mampu menjadi seorang sahabat bagi siswanya. Semoga kita bisa menjadi guru yang tidak hanya sebagai pengajar akan tetapi juga bisa menjadi sahabat untuk siswa. 

#tubaba@griyangbang//spenfourab//semangat berkarya, berinovasi kreatif#


Tidak ada komentar:

Posting Komentar