Sabtu, 26 Juli 2025

Informatika

Kelas VII

1. Memahami Konsep Himpunan Data Terstruktur dalam Kehidupan Sehari-hari

Tujuan Pembelajaran:

1.1.1 Peserta didik dapat mengidentifikasi dan mengelompokkan data terstruktur yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

1.1.2 Peserta didik dapat menjelaskan manfaat penggunaan himpunan data terstruktur dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.

1.1.3 Peserta didik dapat memberikan contoh nyata penerapan himpunan data terstruktur di berbagai bidang, seperti:

Perdagangan

Kesehatan

Pendidikan



2.6. Mendeskripsikan Komponen, Fungsi, dan Cara Kerja Komputer

Tujuan Pembelajaran:

  • 2.6.1 Peserta didik dapat mengidentifikasi komponen-komponen dasar komputer.
  • 2.6.2 Peserta didik dapat menjelaskan fungsi masing-masing komponen komputer.
  • 2.6.3 Peserta didik dapat mendeskripsikan cara kerja komputer secara keseluruhan.

2.5. Memahami Pemanfaatan Perangkat Teknologi Pengolah Dokumen, Lembar Kerja, dan Presentasi

Tujuan Pembelajaran:

  • 2.5.1 Peserta didik dapat membuat dan menyunting dokumen sederhana.
  • 2.5.2 Peserta didik dapat membuat tabel data sederhana dan menyusun data secara sistematis.
  • 2.5.3 Peserta didik dapat membuat presentasi sederhana dengan desain slide yang sesuai.

2.1. Memahami Cara Kerja dan Penggunaan Mesin Pencari di Internet

Tujuan Pembelajaran:

2.1.1 Peserta didik dapat mengenal jenis-jenis mesin pencari di internet.

2.1.2 Peserta didik dapat menjelaskan mekanisme kerja mesin pencari di internet.

2.1.3 Peserta didik dapat menggunakan mesin pencari untuk menemukan informasi secara efektif.

2.1.4 Peserta didik dapat menyusun strategi pencarian yang efisien dengan menggunakan kata kunci yang tepat.

---


2.2. Mengetahui Kredibilitas Sumber Informasi Digital

Tujuan Pembelajaran:

2.2.1 Peserta didik dapat mengevaluasi kredibilitas sumber informasi digital.

2.2.3 Peserta didik dapat membedakan antara sumber informasi yang kredibel dan tidak kredibel.



2.3. Mengenal Ekosistem Media Pers Digital


Tujuan Pembelajaran:

2.3.1 Peserta didik dapat menjelaskan ekosistem media pers digital.

2.3.2 Peserta didik dapat menyebutkan komponen-komponen ekosistem media pers digital.

2.3.3 Peserta didik dapat menjelaskan dampak ekosistem media pers digital.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar