Selasa, 09 Juli 2024

Ayaban Tumpeng 11

Banten Ayaban Tumpeng 11        

PEDOMAN TETANDINGAN BANTEN AYABAN ASOROH 

#PANGRESIKAN/PANYUCIAN: 


1. BANTEN TATEBASAN BAYAKAONAN:
Medasar antuk tatempeh utawi sidhi mesusun antuk taledan, medaging beras ajumput, benang lan tampelan asiki, duwur nyane dagingin kulit peras antuk don pandan, duwur kulit peras nyane dagingin nasi maslekos sumping ( slekos segi tiga ) utawi tumpeng asiki, kojong rangkadan asiki, lis bebuhu, isuh – isuh atakir, taluh siap matah asiki, sepet sambuk, danyuh metegul, raka woh-wohan, canang pahyasan, sampiyan nagasari, sasedep tepung tawar, tatebus benang barak, coblong asiki, payuk pere asiki, sami eteh – eteh nyane melakar antuk don andong barak.



2. BANTEN TATEBASAN DURMANGALA:
Medasar antuk tatempeh, mesusun kulit sayut, raka woh – wohan sarwa galahan, tumpeng injin asiki, limas medaging nasi penek mecongger bawang jahe matusuk, limas malih asiki medaging nasi penek mecongger terasi ( sere ) matusuk, nasi nyane metatakan antuk kampil, kojong rangkadan, daksina asiki, pras tulung sayut, ketipat kelanan, base tulak mewadah takir, canang pahyasan, taluh bekasem, lis peselan, padma, penyeneng alit, bungkak nyuh gadang asiki, sampiyan nagasari, sasedep tepung tawar, tatebus benang selem, lis peselan, padma asiki, coblong asiki, payuk pere asiki, sami eteh-eteh nyane melakar antuk selepan.


3. BANTEN TATEBASAN PRAYASCITTA:
Medasar antuk tatempeh masusun kulit sayut, raka woh – wohan, nasi bunter maklongkong, nasin nyane medasar antuk don tabya bun lima bidang, jahit mangdane bunter, duwur nasine tancebin muncuk don dapdap lan padang lepas pada telung katih, kojong rangkadan, peras alit asiki, penyeneng alit asiki, sasedep tepung tawar, tatebus benang putih, sampiyan nagasari, canang pahyasan asiki, kalungah nyuh gading asiki, lis prayascitta, padma asiki, coblong asiki, payuk pere asiki, sami ateh-eteh nyane melakar antuk busung.

4. BANTEN TATEBASAN PENGULAPAN:
Medasar antuk tatempeh mesusun antuk taledan gede, dagingin raka woh-wohan jangkep, tumpeng alit solas bungkul dados aceper, untek duang dasa dua bungkul dados aceper, kojong rangkadan, daksina asiki, ketipat kelanan, ajuman/ sodaan alit, peras tulung sesayut, peras alit, penyeneng alit, wewakulan masampiyan nagasari, sasedep tepung tawar, lis peselan, padma asiki, sangga urip, tegteg, canang pahyasan, coblong asiki, payuk pere asiki.


#Komponen Banten Ayaban Tumpeng 11 antara lain:
1. Banten Peras: 2 tumpeng
Tetandingan banten pras, alasnya bernama Taledan yg terbuat dari janur, lalu diatasnya diletakkan kulit pras, dibawah kulit pras diletakkan sejumput beras (sebagai simbol sifat tamas), benang putih dan base tampel, setelah itu diatas kulit Pras letakkan 2 buah tumpeng penek.

Didepan tumpeng letakkan buah, kue dan sampiyan Penyeneng, dibelakang tumpeng letakkan kojong rangkadan yg berisi,
kacang, 
serundeng, 
sambel bawang dan uyah, 
irisan ketimun dan daun kemangi, 
dpt ditambahkan ayam ingkung.
Di atas ayam diletakkan sampiyan Pras dan canang sari.

2. Banten Pengambian: 2 tumpeng
3. Banten Dapetan: 1 tumpeng
4. Banten Guru: 1 tumpeng
5. Banten Penyeneng: 3 tumpeng
6. Banten Pengiring (2 soroh): 1 tumpeng

7. Banten Gebogan.
8. Banten Sesayut.
#ITI SESAYUT SARASWATI:

Medasar antuk dulang duwur nyane susunin antuk aled sesayut masibeh, duwur nyane dagingin penek barak, penek putih, penek selem padha asiki soang-soang warna, kojong rangkadan medaging rerasmen, sesanganan saraswati, raka-raka sejangkep nyane, Pras Daksina, Suci 1, Banten Saraswati 1, penyeneneng alit 1, pras alit 1, sampyan nagasari, canang pahyasan, canang lenge wangi burat wangi, tatebus nganutin warnanin penek, maulam endog itik, segehan mancawarna. 
Sesayut puniki ka-atur ring Ida Sang Hyang Aji Saraswati.

9. Banten Rayunan.
10. Banten Teterag.
11. Banten Pajrimpenan

12. Jerimpen Jaja
13. Jerimpen Sate
14. Banten Pengeluaran Pengeluwuran
- Tipat sirikan
- Jaja Kukus
- Bantal
- Canang

15. Segehan, arak dan berem
Segehan
Upacara Bhuta Yadnya dalam tingkatan yang kecil disebut dengan “Segehan“, Sega berarti nasi (bahasa Jawa: sego). Oleh sebab itu, banten segehan ini isinya didominasi oleh nasi dalam berbagai bentuknya, lengkap beserta lauk pauknya. Bentuk nasinya ada berbentuk nasi cacahan (nasi tanpa diapa-apakan), kepelan (nasi dikepal), tumpeng (nasi dibentuk kerucut) kecil-kecil atau dananan. Wujud banten segehan berupa alas taledan (daun pisang, janur), diisi nasi, beserta lauk pauknya yang sangat sederhana seperti “bawang merah, jahe, garam” dan lain-lainnya. dipergunakan juga api takep (dari dua buah sabut kelapa yang dicakupkan menyilang, sehingga membentuk tanda + atau swastika), bukan api dupa, disertai beras dan tatabuhan air, tuak, arak serta berem.

Jenis-jenis segehan ini bermacam-macam sesuai dengan bentuk dan warna nasi yang di gunakannya. Adapun jenis-jenisnya adalah Segehan Kepel dan Segehan Cacahan, Segehan Agung, Gelar Sanga, Banten Byakala dan Banten Prayascita.

Segehan ini adalah persembahan sehari-hari yang dihaturkan kepada Kala Buchara / Buchari (Bhuta Kala) supaya tidak mengganggu. Penyajiannya diletakkan di bawah / sudut- sudut natar Merajan / Pura atau di halaman rumah dan di gerbang masuk bahkan ke perempatan jalan.

Fungsi segehan ini sebagai aturan terkecil (dari caru) untuk memohon kehadapan Hyang Widhi agar terbina keharmonisan hidup, seluruh umat manusia terhindar dari segala godaan sekala niskala, terutama terhindar dari gangguan para bhuta-kala (Kala Bhucara-Bhucari). Segehan yang besar berbentuk caru.

Warna segehan disesuaikan dengan warna kekuatan simbolis kedudukan di dikpala dari para dewa (Istadewata) yang dihaturi segehan. Pada waktu selesai memasak, dipersembahkan segehan cacahan (jotan, yadnya sesa, nasinya tidak dikepel, tidak dibuat tumpeng) kehadapan Sang Hyang Panca Maha Bhuta. Segehan ini dihaturkan di tempat masak (api), di atas tempat air (apah), di tempat beras (pertiwi), di natah/halaman rumah (teja), dan di tugu penunggu halaman rumah (akasa). Dalam hal ini bahan yang dimasak (nasi, sayur, daging, dan lauk-pauk lainnya) itu diyakini terdiri atas bahan panca mahabhuta. Segehan ini dihaturkan sebagai tanda terima kasih umat terhadap Hyang Widhi karena telah memerintahkan agar para bhuta (panca maha bhuta) membantu manusia sehingga bisa memasak dan menikmati makanan, dapat hidup sehat, segar dan sejahtera.

Ada pula segehan yang dihaturkan di perempatan jalan, di halaman rumah, di luar pintu rumah, dan sebagainya. Itu disebut segehan manca warna, kepel, atau agung. Segehan manca warna ini di timur berupa nasi berwarna putih (Dewa Iswara), di selatan nasi berwarna merah (Dewa Brahma), di barat nasi berwarna kuning (Dewa Mahadewa), di utara nasi berwarna hitam (Dewa Wisnu), dan di tengah-tengah nasi berwarna manca warna atau campuran keempat warna tadi (Dewa Siwa), sesuai dengan kekuatan Istadewata yang berkedudukan di dikpala, di empat penjuru arah mata angin ditambah satu di tengah-tengah.


Penjelasan:
1. Banten Peras
Kata “Peras” berarti “Sah” atau “Resmi”, dengan demikian penggunaan banten “Peras” bertujuan untuk mengesahkan dan atau meresmikan suatu upacara yang telah diselenggarakan secara lahir bathin. Secara lahiriah, banten Peras telah diwujudkan sebagai sarana dan secara bathiniah dimohonkan pada persembahannya. Disebutkan juga bahwa, banten Peras, dari kata “Peras” nya berkonotasi “Perasida” artinya “Berhasil”. Dalam pelaksanaan suatu upacara keagamaan, bilamana upakaranya tidak disertai dengan Banten Peras, maka penyelenggaraan upacara itu dikatakan “Tan Peraside”, maksudnya tidak akan berhasil atau tidak resmi/sah. Makna banten peras tersebut adalah sebagai lambang kesuksesan. Artinya dalam banten peras tersebut terkemas nilai-nilai berupa konsep hidup sukses. 

2. Banten Pengambean
Pengambean berasal dari akar kata “Ngambe” berarti memanggil atau memohon. Banten Pengambeyan mengandung makna simbolis memohon karunia Sang Hyang Widhi dan para leluhur guna dapat menikmati hidup dan kehidupan senantiasa berdasarkan Dharma di bawah lindungan dan kendali Sang Hyang Widhi dan para Leluhur. Sehingga memunculkan makna untuk memohon tuntunan dan bimbingan hidup agar diarahkan dan diberikan penyinaran demi kehidupan yang lebih berkualitas.

3. Banten Dapetan
Banten dapetan disimbolkan sebagai wujud permohonan kehadapan Sang Hyang Widhi agar dikaruniai atau dikembalikan kekuatan Tri Pramana termasuk kekuatan Tri Bhuwananya. Selain itu, Banten ini mengandung makna seseorang hendaknya siap menghadapi kenyataan hidup dalam suka dan duka. Harapan setiap orang tentunya berlimpahnya kesejahteraan dan kebahagiaan, panjang umur dan sehat walafiat. Banten ini juga sebagai ungkapan berterima kasih, mensyukuri karunia Tuhan Yang maha Esa karena telah diberikan kesempatan menjelma sebagai manusia.

4. Banten Guru

5. Banten Penyeneng
Penyeneng berasal dari asal kata “nyeneng” (bahasa bali) yang artinya hidup, mendapat awalan pe yang mengandung kata kerja menjadi penyeneng yang berarti dapat dijadikan hidup. Jadi penyeneng memiliki makna permohonan kehadapan Sang Hyang Widhi, agar dianugerahi kehidupan baik untuk bhuwana agung dan bhuwana alit dalam keseimbangan/keselarasannya. Banten penyeneng ini berfungsi untuk mendudukan atau menstanakan Ida Sang Hyang Widhi Wasa atau Ida bhatara di tempat yang telah disediakan.
Selain itu Banten Penyeneng sebagai lambang konsep hidup yang berkeseimbangan, dinamis dan produktif sebagaimana disebutkan penyeneng dalam banten sebagai penguatan konsep hidup, dijelaskan bahwa hidup yang seimbang mengandung suatu arti dalam visualisasi dari konsep hidup yang tiga ini diwujudkan dengan bentuk sampian yang beruang tiga.

6. Banten Pengiring
Banten pengiring adalah sesajen yang alasnya adalah sebuah taledan/tamas, kemudian secara berturut-turut diisi pisang, buah-buahan, tebi, kue, dua buah tumpeng, sampian tangga dan canang genten.

7. Banten Gebogan
Gebogan merupakan simbol persembahan dan rasa syukur pada Tuhan/Hyang Widhi. Gebogan atau juga disebut Pajegan adalah suatu bentuk persembahan berupa susunan dan rangkaian buah buahan dan bunga. Umumnya gebogan dibawa ke pura untuk rangkaian upacara panca yadnya. Arti kata gebogan itu sendiri dalam bahasa Bali sebenarnya berarti ''jumlah''. Maksudnya bahwa gebogan dibuat dari berbagai jumlah dan jenis buah yang merupakan hasil bumi sebagai ungkapan rasa syukur kepada Ida Sanghyang Widhi.

8. Banten Sesayut
Menurut Ida Sinuhun Siwa Putri Pramadaksa Manuabs, dalam bukunya Tetandingan Banten Panca Yadnya, menjelaskan bahwa banten sesayut berasal dari kata “sayut” atau “nyayut” dapat diartikan mempersilakan atau mensthanakan, karena sayut disimbulkan sebagai lingga dari Ista Dewata, sakti dari Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Sedangkan menurut Dunia dalam Kata Pengantar bukunya Nama-Nama Sesayut (2008: vi) menjelaskan bahwa sesayut berasal dari kata “sayut” yang berarti tahan, cegah (Zoetmulder, 1995; 1063). Untuk menahan, mencegah orang agar terhindar dari mala, gangguan yang merusak, kemalangan, atau penyakit maka dibuatkanlah sesaji atau sejajen yang disebut sesayut (Kamus Bali-Indonesia, 1978; 506).


9. Banten Rayunan
Rayunan juga sering disebut sebagai Ajuman/Sodan/Ajengan, yang mana dipergunakan tersendiri sebagai persembahan ataupun melengkapi daksina suci dan lain-lain. Apabila dimakanai, rayunan ini memiliki makna sebagai persembahan makanan kepada Ida Sanghyang Widhi/Dewa/Bhatara/maupun leluhur. Bila ditujukan kehadapan para leluhur, salah satu peneknya diisi kunir ataupun dibuat dari nasi kuning, disebut “perangkat atau perayun” yaitu jajan serta buah-buahannya di alasi tersendiri, demikian pula lauk pauknya masing-masing dialasi ceper/ituk-ituk, diatur mengelilingi sebuah penek yang agak besar. Di atasnya diisi sebuah canang pesucian, canang burat wangi atau yang lain.

10. Banten Teterag
Banten Teterag merupakan banten yang digunakan dalam upakara Yadnya dan difungsikan sebagai bentuk penyucian buana agung dan buana alit.

11. Jerimpen
Jerimpen berasal dari dua suku kata yaitu: jeri dan empen. Jeri berasal dari kata Jari dan empen dari kata Empu. Dari kata jari menjadi asta (Asta Aiswarya) yang diartikan delapan penjuru dunia, sedangkan empu berarti Sang Putus (Maha Suci), diilustrasikan sebagai Sang Hyang Widhi, karena Sang Hyang Widhilah yang mengatur dan memutuskan segala yang ada di alam semesta.Dengan demikian banten jerimpen adalah merupakan simbol permohonan kehadapan Tuhan beserta manifestasiNya (Asta Aiswarya) agar Beliau memberikan keputusan berupa anugrah baik secara lahiriah maupun bathiniah. Oleh karena itu jerimpen selalu dibuat dua buah dan ditempatkan di samping kanan dan kiri dari banten lainnya, memakai sampyan windha (jit kokokan), windha berasal dari kata windhu yang artinya suniya, dan suniya diartikan Sang Hyang Widhi. Dua buah jerimpen mengandung maksud dan makna sebagai simbol lahiriah dan bathiniah.

12. Jerimpen Jaja
13. Jerimpen Sate


Tidak ada komentar:

Posting Komentar