Minggu, 26 Februari 2023

PENGARUH PENYEBARAN AGAMA HINDU NUSANTARA

Om Swastyastu. 
Om Awignamastu nama siddham. 
Semoga pikiran yang baik datang dari segala penjuru. 


Umat Hindu Nusantara yang berbahagia.
Masuknya Hindu di nusantara dimulai pada awal masehi, melalui jalur perdagangan.
Hal ini dipengaruhi oleh posisi Indonesia yang sangat srategis dalam bidang pelayaran dan perdagangan.
Pengaruh Hindu di Indonesia sudah bukan hal asing lagi jika budaya dan agama Hindu sudah ada sejak lama di Indonesia. Bahkan, sudah ada sejak abad ke-5 hingga abad ke-15. Datangnya budaya dan agama Hindu menghasilkan sebuah akulturasi budaya dengan budaya Indonesia. Maka dari itu, banyak sekali bangunan bersejarah Indonesia yang bercorak Hindu.

Akulturasi budaya Hindu dengan budaya Indonesia dapat terjadi karena adanya pencampuran budaya tidak menghilangkan budaya asli Indonesia. Bahkan, sampai saat ini banyak sekali ilmuwan dan masyarakat Indonesia yang sangat ingin mengetahui lebih dalam tentang akulturasi budaya ini.

Adanya akulturasi budaya Hindu dengan budaya Indonesia memberikan pengaruh bagi kehidupan masyarakat Indonesia. 

Dengan demikian maka umat Hindu akan dapat berjalan seiring, selaras, serasi dan seimbang dengan umat lain karena memiliki dasar pandangan yang sama di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.  Dalam pada itu, maka  suasana kebersamaan dan kerukunan umat  beragama, maupun  sinergi suku, ras, antar golongan yang penuh perdamaian dan didorong oleh rasa kesadaran nasional, niscaya akan terwujud dengan harmonis. Kesadaran nasional sebagai esensi bangsa, yang memiliki kehendak untuk bersatu harus mempunyai sikap mental, jiwa, dan semangat kebangsaan (nasionalisme) sebagaimana menjadi tekad suatu masyarakat untuk secara sadar membangun masa depan bersama, terlepas dari perbedaan ras, suku ataupun agama warganya".

Umat Hindu Nusantara yang berbahagia. Begitu luar biasanya ajaran Sanatana Dharma kita ini. Marilah kita pelajari,  kita pahami dan kita aktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, niscaya semua sendi-sendi  kehidupan akan dapat terwujud dan terlaksana dengan selaras, dan seimbang. Dengan demikian, rasa kemanusian akan tumbuh, keharmonisan akan terjaga, toleransi terpelihara dan perdamaian akan terwujud dimuka bumi ini. 

Om Shanti-Shanti-Shanti Om

Tidak ada komentar:

Posting Komentar