Minggu, 26 Februari 2023

PENGARUH PENYEBARAN AGAMA HINDU NUSANTARA

Om Swastyastu. 
Om Awignamastu nama siddham. 
Semoga pikiran yang baik datang dari segala penjuru. 


Umat Hindu Nusantara yang berbahagia.
Masuknya Hindu di nusantara dimulai pada awal masehi, melalui jalur perdagangan.
Hal ini dipengaruhi oleh posisi Indonesia yang sangat srategis dalam bidang pelayaran dan perdagangan.
Pengaruh Hindu di Indonesia sudah bukan hal asing lagi jika budaya dan agama Hindu sudah ada sejak lama di Indonesia. Bahkan, sudah ada sejak abad ke-5 hingga abad ke-15. Datangnya budaya dan agama Hindu menghasilkan sebuah akulturasi budaya dengan budaya Indonesia. Maka dari itu, banyak sekali bangunan bersejarah Indonesia yang bercorak Hindu.

Akulturasi budaya Hindu dengan budaya Indonesia dapat terjadi karena adanya pencampuran budaya tidak menghilangkan budaya asli Indonesia. Bahkan, sampai saat ini banyak sekali ilmuwan dan masyarakat Indonesia yang sangat ingin mengetahui lebih dalam tentang akulturasi budaya ini.

Adanya akulturasi budaya Hindu dengan budaya Indonesia memberikan pengaruh bagi kehidupan masyarakat Indonesia. 

Dengan demikian maka umat Hindu akan dapat berjalan seiring, selaras, serasi dan seimbang dengan umat lain karena memiliki dasar pandangan yang sama di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.  Dalam pada itu, maka  suasana kebersamaan dan kerukunan umat  beragama, maupun  sinergi suku, ras, antar golongan yang penuh perdamaian dan didorong oleh rasa kesadaran nasional, niscaya akan terwujud dengan harmonis. Kesadaran nasional sebagai esensi bangsa, yang memiliki kehendak untuk bersatu harus mempunyai sikap mental, jiwa, dan semangat kebangsaan (nasionalisme) sebagaimana menjadi tekad suatu masyarakat untuk secara sadar membangun masa depan bersama, terlepas dari perbedaan ras, suku ataupun agama warganya".

Umat Hindu Nusantara yang berbahagia. Begitu luar biasanya ajaran Sanatana Dharma kita ini. Marilah kita pelajari,  kita pahami dan kita aktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, niscaya semua sendi-sendi  kehidupan akan dapat terwujud dan terlaksana dengan selaras, dan seimbang. Dengan demikian, rasa kemanusian akan tumbuh, keharmonisan akan terjaga, toleransi terpelihara dan perdamaian akan terwujud dimuka bumi ini. 

Om Shanti-Shanti-Shanti Om

Kamis, 23 Februari 2023

Catur Guru

Catur guru ne ingetang
Ceritanen...! pira pinten gatikunang lawas ikang kala, mijil Sanghyang
Suniantara kadi gelap kumerasah sumusuping rangdu praja mandala.
Gumeter...! gatinikang Pertiwitala Apah Teja Bayu Akasa, Wintang
Teranggana muang ikang Surya Candra. Gumerep ri sahinganing
Sanghyang Premana, swasta ya paripurna tan kecawuhing pangila-ila
muang tekang sotsot sapa. Antyanta menggalaning sembahingulun ri
padanira sira Hyang. Mijil...! Sanghyang Ringgit ya ta molah cara, wet
tinuduh denira Sanghyang Peramakawi, ekanira Sanghyang Guru Reka,
paran ri sepretingkahira ya iketa sang maka manggeh Dang Guru
Carita, purwa ikang krama-wada, Mpu Beradah mangarcana ketatwaning
carita, pangiwa lawan panengen, aweci lawan dharma, yata matemahan
carita Calonarang. Ah...ah..ah..ah. hoh...hoh...hoh...hoh...! leyak mai-mai
mapupul sedaya. Yata panunguning setra matunggalan lawan sariranku.
Pamurtyaning Betari, Candi Kusuma mungguh ring jajeleg, Krak
Kumuda ring Papusuhan. Belah Sanghyang Ibu Pertiwi...! mijil
pamuktyaning leak gundul, kita dadi patapakan suku kiwa – tengen.
Mai.. mai.. mai...! hah...hah...hah... hoh...hoh...hoh...! Saksana mijil...!
Sanghyang Kawiswara murti amunggel punang carita, mara sadanira sira
Nateng Kediri Pura nora tan ana waneh, sedeng ahum agendurasa ana
marikanang sabha, iniring tekap kriana patih, ndatan doh cerakanira maka ruang siki. Samangkana....!pamurwaning carita!


Pangelengkara
adalah sebagai berikut:
Henengakena kemantian lampahira Ratna Menggali mewali tan tulus
umanjinga maring Kediri Pura. Waneh punang carita , caritanan
marewentening Tanjung Pura, Diah Padmayoni kelawan para watek
pretakjananira angentiakena kedatengen nanakira Ni Diah Ratna
Menggali ! samangkana...!



Papeson Delem
Pada adegan ini, keluarlah punakawan Delem dan Sangut menari-nari diiringi oleh
gending bapang Delem. Punakawan Delem di saat menari sambil bernyanyi (bertembang)
sebagai berikut:
Byati tan sang aneng asrama, sedeng angiwa dyana lawan semadi.
Sangkep samanta mantri saha bala balawan kapwa bela. Mangke
lobanidi kahyangan, kat kat luklak saluklik lika lika luluting wiwalik, pukpuk peksa ngupeksa ngipik-ipiki yan tangkuak kupu-kupu, prit sarjawojar
mangucapi...!


Om Swastyastu
            Para diaksa, miwah para uleman sami sane wangiang titiang, taler para semeton sami sane tresnasihin titiang.
            Angayu bagia aturang titiang majeng ring Ida Sang Hyang Widhi Wasa,duaning sangkaning asung kertha wara nugrahan Ida mawinan iraga kacunduk sakadi mangkin. Ring galahe sane becik puniki titiang pacang matur-atur samatra ngeninin indik “guru susrusa” utawi subhakti ring guru.
            Ida dane miwah semeton sinamian sane kusumayang titiang. Iraga dados sisia patut pisa nglaksanayang Guru Susrusa. Napike Guru Susrusa punika ? Guru Susrusa punika mateges subhakti ring Catur Guru. Napike Catur Guru punika ? Catur Guru mateges petang soroh guru sane patut subhaktinin, luire : Guru Swadhyaya, Guru Rupaka, Guru Pengajian, miwah Guru Wisesa.
            Sane kasinanggeh Guru Swadhyaya inggih punika Ida Sang Hyang Widhi Wasa sane satata nuntun iraga saking jagat niskala.
            Sane kasinanggeh Guru Rupaka inggih punika rerama sane ngembasang iraga miwah ngupapira iraga sarahina-sarahina.
            Sane kasinanggeh Guru Pengajian inggih punika guru sane ngajahin ilmu pengetahuan.
            Sane kasinanggeh Guru Wisesa inggih punika pemerentah sane nuntun lan nreptiang kasukertan jagate.
            Ida dane miwah pamilet sinamian sane subhatini titiang. Mangda samian para Catur Guru inucap marasa bagia, ngiring sareng sami ngawit mangkin mangda jemet melajah, nenten dados Alpaka Guru. Iraga patut rajin ngaturang bhakti ring Ida Sang Hyang Widhi Wasamiwah Bhatara-Bhatari sasuhunan sami. Iraga patut subhakti ring rerama, mangda I rerama bagia, iraga patut rajin nulungin magarapan. Iraga patut subhakti ring gurune ring sekolah, rajin mlajah lan satinut ring sapituduh guru. Yening subhakti ring Guru Wisesa iraga patut satinut ring awig-awig ( undang-undang ) sane kamanggehang ring nagara Indonesia.
            Inggih wantah asapunika titiang prasida matur-atur ring galahe sane becik puniki, manawita wenten iwang atur titiange, titiang nglungsur geng rena sinampura. Untatin titiang antuk nguncarang parama santi : “Om Santih, Santih, Santih, Om”.



Guru reka ne pertama
Ngembasang lan ngadakang
Melantaran manah asih
Tan pegat ya mangastiti

Mangda putrane ke pungkur
Dados manusa utama
Pengajianne ping kalih
Sandang gugu, tunasin kancan kawikan

Wacakane kaping tiga
Guru wisesa sujati
Ne ngarsayang panegara
Mula nyandang kebkatinin
Mungguh guru nyayubin gumi

Ucap mangkin ne ping catur
Mungguh guru swadiyaya
Tan liyan Ida Sanghyang Widhi
Lintang luhur, kocap Sanghyang Jagat Karana

Putrane ngaturang sembah
Nyuksmayang tutur jati
Bapannye raris manimbal
Bape mangkin ngawewehin
Tutur biange jati luwih

Sandang punika pituhun
Reh manut sastra agama
Resepang dewa pang becik
Boya patut, punika pacang katungkas



MANTRA CATUR GURU:

Guru Rupaka (Orang Tua dan Roh-Roh Suci Leluhur),
Guru Pengajian (Guru Pendidikan),
Guru Wisesa (Pemerintah),
Guru Svadhyaya (Hyang Widhi)
त्वमेव माता च पिता त्वमेव ।
त्वमेव बन्धुश्च सखा त्वमेव ।
त्वमेव विद्या द्रविणम् त्वमेव ।
त्वमेव सर्वम् मम देव देव ॥

Twameva mata cha pita twameva
Twameva bandhus cha sakha twameva
Twameva vidya dravinam twameva
Twameva sarvam mama deva deva.

Artinya:

Engkau adalah ibuku, Engkaulah ayahku;
Engkaulah kerabatku yang sejati, Engkaulah sahabat yang sejati;
Engkau sendiri adalah pengetahuanku, Engkaulah kekayaanku;
Engkau adalah segalanya bagiku Oh Tuhan segala Tuhan adalah Engkau sendiri.

Minggu, 19 Februari 2023

Peserta Lomba

Peserta lomba nyurat putra :
Nama: I Gede Agus Indra Putra (Kls 9 A; No Absen 5) 

Tempat / tgl lahir:
Badung, Taman 16 Juni 2008

Peserta lomba nyurat putri :
Nama: Ni Putu Eka Febri Andini Putri (Kls 9 F; No Absen 30

Tempat/tgl lahir:
Badung, Kapal 18 Februari 2008




Kamis, 16 Februari 2023

Paku dan Kayu

Suatu hari kayu mengeluh kepada paku, wahai paku teganya kamu menyakiti dan melubangi aku. Lalu paku menjawab “wahai kayu, sesungguhnya jika engkau tahu apa yang terjadi pada diriku, betapa kepalaku dipukul dengan palu besi yang besar, kamu pasti tidak akan mengatakan itu terhadap diriku. Si kayupun kembali mengeluh, tapi kenapa kamu melubangi aku? si paku kembali menjawab, “Duuh, jika kamu tahu apa yang terjadi pada diriku, niscaya kamu tidak akan marah terhadap diriku, justru kamu akan berterima kasih sebab aku lebih menderita dibanding dirimu.


Inilah kunci kehidupan, bahwa manusia itu seharusnya wang sinawang (memandang orang lain lebih baik). Kadang di mata kita, orang lain terlihat enak dan bahagia, padahal yang sebenarnya orang lain rasakan tidak seperti yang kita lihat dan kita pikirkan, begitupun sebaliknya sebagaimana kisah paku dan kayu tadi. Sehingga tidak ada alasan untuk tidak bersyukur karena sesedih dan sesakit apapun diri kita, ternyata ada orang lain yang lebih lebih sakit dan menderita dibanding kita.

Oleh karena itu, mari kita manusia jangan saling berburuk sangka, jangan saling berprasangka jelek. Terima apa yang kita dapatkan, tidak perlu berpikir yang dimiliki dan diraih orang lain. Apapun yang kita senangi, apapun yang kita dapatkan dari Ida Sang Hyang Widhi Wasa itu kita terima dan kita syukuri.

Andai saja tadi paku mengatakan, “biarkan saja, mau ku sakiti atau tidak, terserah aku”, maka kejadiannya akan berbeda, kayu mungkin akan marah dan tersinggung hingga akhirnya keduanya akan berselisih bahkan terjadi perkelahian.

Tapi apa terjadi sungguh berbeda ketika paku menyampaikan kepada kayu tentang apa yang sebenarnya ia rasakan, paku ternyata lebih menderita dibanding kayu. Kayu hanya dilubangi, sementara paku dipukuli dan dipaksa menancap ke batang kayu hingga paku merasakan sakit yang teramat di tubuhnya.

Oleh karena itu, marilah kita tanamkan tenggang rasa di hati kita, jadikan penderitaan sesama adalah penderitaan kita juga. Kegembiraan sesama adalah kegembiraan kita. Marilah kita hidup saling berdampingan, jangan saling berburuk sangka. Marilah kita saling membantu dan meyakini bahwa orang lain lebih baik daripada diri kita. Tidak hanya selalu berpikir tentang kekurangan dan kesalahan orang lain, tapi sebaiknya menyibukkan diri dengang menghitung-hitung kesalahan diri sendiri.
Kalau keyakinan seperti itu yang kita tanamkan, Astungkara hidup kita akan damai, tenang dan bahagia.

#tubaba@griyangbang//Semoga kita dapat mengambil hikmah dari kisah paku dan kayu tadi//Swaha#

Minggu, 12 Februari 2023

Tentang Ngaben

TATANAN PELAKSANAAN
PENGABENAN

Secara global tatanan pelaksanaan Atiwa Tiwa atau cara pengabenan disebutkan sebagai berikut :
1. APRATIWA (WAHYA NGESENG BYANTARA NGIRIM)
Maksudnya : pembakaran dilakukan sesuai dewasa harinya nuju Beteng, ngirim buang abu dilaksanakan hari esoknya disebut kajeng atau byantara.

2. TANDANG MANTRI (BYANTARA NGESENG BYANTARA NGIRIM)
Maksudnya : pelaksanaan pembakaran dan buang abu dalam satu hari.

3. TUMANDANG MANTRI (BYANTARA NGESENG BYANTARA NGIRIM LANJUT NYEKEH NGERORAS)
Maksudnya : pembakaran dan buang abu dilaksanakan dalam satu hari, dilanjutkan upacara nyekeh pada hari itu juga, puput sadina disebut ngelanus.

Dari ketiga cara pengabenan tersebut, dalam kaitannya atas mayat yang akan diaben, senantiasa diawali dengan prosesi MRETEKA SAWA.

Kegiatan itu meliputi : memandikan, menyucikan sawa ditiwakin tirtha pebersihan, pemanahan dan sarana lainnya, sampai sawa dibungkus digulung dengan pengulung yang disediakan. Setelah mayat terbungkus atau dilelet sebagaimana mestinya, lalu dinaikkan ke atas bale-bale yang terbuat dari bambu kuning dan diletakkan pada sebuah bangunan BALE GDE atau SAKANEM, dapat pula pada BALE TIANG SANGA yang khusus dibangun untuk kegiatan upacara agama. Setelah sawa diletakkan pada bale Tumpang Salu kemudian dipasangi kerangka kurungan dari bambu yang disebut pelengkungan, dibungkus dengan tikar halus majerumat, seolah-olah membentuk sebuah kuburan. Dipasangi kain rurub, kajang, ukur, sekar sinom dan kwangen. Di atasnya diletakkan angenan, rantasan dan beberapa sarana lainnya seperti : gegutuk, peneteh, penaring, adegan, tatukon, pisang jati, bunteh, tulup, ganjaran, cegceg, tah yang diletakkan di sekitar letak sawa. Tidak luput sebuah dammar kurung dipancang di depan samping pintu pekarangan rumah, dinyalakan apabila diadakan upacara tarpana (pemberian suguhan pada Pitra yang dipandu oleh sulinggih).

Kegiatan mreteka sawa dimaksud, kadangkala dilaksanakan jauh sebelum hari dewasa pengabenan, mengingat prosesi ngaben yang diinginkan agar tampak megah meriah, dengan segala fasilitas sarana lainnya seperti : wadah/bade, bale salunglung, kreteg, patulangan persiapannya memerlukan banyak waktu. Dengan demikian sering tampak di suatu lingkungan pemukiman Hindu, peleletan nyekeh sawa atau ngeringkes sampai berbulan-bulan bahkan ada tahunan.

Setelah dewasa atau hari yang dipilih untuk pelaksanaan ngaben dipastikan atau disebut NEGEM DEWASA, dan segala sarana yang diperlukan sudah siap, maka rangkaian karya diawali MIN LIMA HARI BUANG ABU, dengan susunan acara sebagai berikut :

HARI PERTAMA : disebut penangian atau penundunan dengan kegiatan pitra puja tarpana.

HARI KEDUA : disebut bengang atau masa hari tenang untuk introspeksi.

HARI KETIGA : disebut pebaktian dengan kegiatan pitra puja tarpana bakti sentana.

HARI KEEMPAT : disebut mageseng dengan kegiatan pitra puja tarpana mapepegat.

HARI KELIMA : disebut Ngasti dengan kegiatan pitra puja tarpana pakiriman.

Susunan karya pengabenan seperti tersebut dinamakan APRATIWA.

Selanjutnya TANDANG MANTRI dan TUMANDANG MANTRI, kiranya akan dapat terpikirkan sebagaimana perbedaan-perbedaannya yang telah disebutkan di depan.
Disamping perbedaan tersebut, dan mengingat upacaranya diselesaikan dalam satu hari, maka prosesi mreteka sawa atau ngeringkesnya dapat disederhanakan yaitu ngeringkes di PATULANGAN juga tidak membutuhkan : angenan, ukur, tatukon, pisang jati, pengawak, dammar kurung, pelengkungan, wadah dan balai buncal. 

Peleletan dilaksanakan MIN SATU HARI PENGABENAN. Adanya penyederhanaan tersebut akan merupakan jawaban awal bagi yang kurang beruntung dan tidak perlu berkecil hati. Dalam BHAGAWADGITA disebutkan :
TAD AHAM BHAKTYOPAHRTAM, ASNAMI PRAYATATMANAH. (BG IX.26)
Yang maksudnya : bukan tingkatan besar-kecilnya persembahan menjadi ukuran, melainkan kesungguhan keikhlasan dan kesucian hati.

Selain tatanan Pitra Yajna ngaben yang disebutkan di atas, masih ada cara atau indik ngaben yang mengacu pada lontar PURWA YAMA TATTWA.
ITI SASTRA PURWA YAMA TATTWA :  
Sedeng Bhatari Durgha hanaring gaganantara, tumon atma sasaring kawah gni sara, wastu ksana hapalih warna bhatari harupa Sang Hyang Yamadipati, sira hang gamel hala hayuning hatma. 
Waneh pwa sira halungguh ring Yamaniloka, tumedun maring Wantipura nitibhumi, dadya ta somya nira hawarna Bhatari Huma, sira Hyangning Kahyangan Dalem huluning setra.
Kunang kalanira ring madhyaning setra agung rumaga sira Bhatari Durgha Dewi, hnengakna.
Mangke wasitaakna PANDYA SANG HATAPA HENDER, jumujuging palinggihira bhatari sedheng awarna Durgha Dewi, dadya kagiat bhatari, mangrak mangrik aptya manadaha sang pandya.
Saksana dateng Bhatara Brahma sumurup suksmeng brahmaangga sang pandya, apan sang Brahmana hinangken putra de Bhatara Brahma, hirika linesu gelengire Bhatari, ksana Sang Hatapa Hender haminta nugraha Bhatari, bwat kasidyaning adnyana kreta siksa, humilangakna letuh hatmaning wang mati, siddha mulihing swarga bhawana.
Mangkana bhatari hapalih warna harupa SANGHYANG YAMADIPATI, maha krura rupa Rudra Murti tulya, tandwa hasung warah-warah ring Sang Pandya sapari kramaning pangaci sawaning wang mati, hala ayu, ikang yogya lawan tan yogya.
Yata nimitaning hana SASTRA PURWA YAMA TATTWA, kabyakta de sang Sadaka ri kuna-kuna ring bhumi Pasuruan Blambangan Jawadwipa katekeng BALI RAJYA.


NIHAN PAWARAH SANGHYANG YAMA :
Maka siddhaning tingkah angupakara sawaning wang mati, hagung-halit/nistha madyotama maka pamatuting ulah, kewala mati bener, haja pinendem, gesenge juga presiddha mulih maring Bhatara Brahma, apituwi NIS PRATEKA NIR PRABHAWA swastaakna ring Sanghyang Agni putusa dening tirtha pangentas, dulurana daksina sanunggal, canang pitung tanding kunang beras catur warna macemper lawan kategepikang kajang kawitan.
Riwus geseng bhasmi sawa ika, reka harengnya laju Sang pandya pamutus karya hanggelar sakramaning puja tarpana pakiriman, praline mituduhang nuli hanyut mareng we pangrarungan.
Wekasan sekama-kama wenang ngeroras nyekeh, sidha pada hanemu hayu, bhatara sama sukha mahiyang ring sapanagara Sri haji.

Dari pawarah tersebut di atas, khusus dalam pengabenan NIS PRATEKA NIR PRABHAWA, tampak memang sangat sederhana pelaksanaannya. Pada hari dewasa pengabenan sawa dimandikan dibersihkan dengan sarana atau eteh-eteh pasiraman, metoya pebersihan wang mati, mapangulung tikeh lante, rurub sekar sinom masih di pepaga ayabin punjung. Kemudian sawa dibawa ke setra, di tempat pembakaran ditiwakin tirta pengentas, beserta sarana daksina satu, canang tujuh tanding, beras catur warna dan jangan lupa dilengkapi dengan kajang kawitan sebagaimana disebutkan di atas, lalu dibakar. Menjelang berakhir pembakaran haturi saji geblagan, diterapkan sarana penyeheb berupa : menyan astanggi, air kelapa gading, gadang, kelapa dhanta dan toya penyeheb. Setelah abunya dipunggut, disirami air kumkuman lalu direka dengan kwangen pangrekaan, lanjut Sang Sulinggih yang meminpin upacara menggelar puja tarpana pakiriman, sebagaimana biasanya NGUTPTI, STITI, MRELINA mituduhang dan berakhir dengan buang abu.

Untuk patokan dalam pengabenan NIS PRATEKA NIR PRABHAWA penataan bantennya sebagai berikut :
- DI SANGGAR SURYA DAN PRAJAPATI, masing-masing suci satu soroh.
- DI SOR SURYA, gelar sanga dan segehan.
- DI SANDING PITRA, peras idehan, sodayan, katipat pesor, perangkatan, ajengan dahar sai, pendetan, bayuan dan blonyoh.
- BANTEN TEBEN, jangkep peras, angkeb, bubuh pirata, banten gowak, geledegan, panjang ilang matah-rateng, panjang penyenuk, peras cucu.
- PANGRESIKAN, kerik kuramas, lis, buhu, toya siram, tehenan, rantasan, palukatan, padudusan, sibuh pepek, sekarura.
- HAREPAN PAMUTUS KARYA, suci, daksina, canang, punya.
- PENGAYUT, banten pejatian.

Lain halnya dengan pengabenan yang disebut APRATIWA, dimana prosesinya berhari-hari meliputi utpti, stiti dan prelina yang berulang kali, maka akan membutuhkan upakara banten berulang kali juga.
Selanjutnya, dalam menguraikan susunan jalannya upacara ngaben, akan banyak mempergunakan kata-kata atau bahasa bali, disamping sebagai proses pembelajaran pengenalan istilah-istilah dalam kegiatan Pitra Yajna, juga akan menambah gaung kesakralan.     

# tubaba@griyangbang//NIS PRATEKA NIR PRABHAWA//kematian adalah perjalanan suci#

Rasa Malas

MENGUBAH RASA MALAS MENJADI KEGIATAN PRODUKTIF
Apa benar rasa malas itu buruk bagi kehidupan? 

Rasa malas dapat mengantarkan pada kesuksesan? 

Mungkin pertanyaan itu sempat tebesit di pikiran Anda kala membaca judul buku ini. 

Tapi, itulah kenyataannya. 

Di dunia ini ada rasa malas yang positif.

Melalui buku ini, Anda bisa memahami bahwa rasa malas itu tidak selalu merugikan Anda. 

Sebuah perspektif baru perihal rasa malas disuguhkan secara komprehensif dan lengkap. 

Rasa malas merupakan manifestasi motivasi dalam hidup yang melahirkan kreativitas dan inovasi. 

Ini adalah pelajaran hidup yang tidak diajarkan di sekolah, bahkan di keluarga dan masyarakat.

Rasa malas pasti identik dengan hal-hal negatif. Cobalah buka mata dan pikirkan baik-baik, jangan malu untuk mengakui diri Anda adalah seorang pemalas. 

#tubaba//griyangbang//rasa malas itu buruk bukanlah garis final#


Sapta Rsi dan Keturunannya

Sapta Rsi dan Keturunannya
Panca Rsi/ Panca Tirtham merupakan lima Brahmana putra Mpu Tanuhun yaitu Sang
Brahmana Pandita (Mpu Gnijaya), Mpu Semeru, Mpu Ghana, Mpu Kuturan dan Mpu
Bradah. Beliau berlima merupakan leluhur masyarakat Bali yang menurunkan Warga
Pasek, Brahmana, Satria Dalem dan Arya.
Sang Brahmana Pandita (Mpu Gnijaya) berputra tujuh orang yang dikenal yaitu Sapta
Rsi, diantaranya Mpu Ketek, Mpu Kananda, Mpu Wiradnyana, Mpu Withadharma, Mpu
Ragarunting, Mpu Preteka dan Mpu Dangka. Beliau bertujuh inilah yang menurunkan
seluruh Warga Pasek yang tergabung dalam “Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi”
(MGPSSR). Maha Gotra berarti keluarga besar, Pasek Sanak Sapta Rsi yaitu Pasek
putra/keturunan dari Sapta Rsi.
Keturunan Sapta Rsi sebagai berikut.
1. Mpu Ketek berputra Sang Hyang Pemacekan dan Arya Kepasekan yang menurunkan
Pasek Tohjiwa, Pasek Padang Subadra, Pasek Badak, Pasek Kurubadra, dan Dukuh.
2. Mpu Kananda berputra Sang Kuldewa menurunkan Pasek Sorga.
3. Mpu Wiradnyana berputra Mpu Wiranatha menurunkan Pasek Tatar, Pasek Pipid,
Pasek Bale Agung (Ibu dari Presiden Soekarno “Ida Ayu Nyoman Rai Srimben”).
4. Mpu Withadharma berputra Mpu Wiradharma menurunkan Pasek Gelgel, Bendesa
dan Tangkas. (Kyayi I Gusti Agung Pasek Gelgel “Raja Bali” setelah dinasti Warmadewa). Dan disebutkan pula keturunan Mpu Withadharma, masing-masing memakai nama pungkusan :
  • Pasek Gelgel, 
  • Pasek Bandesa, 
  • Pasek Tangkas, 
  • Pasek Dukuh Bungaya dan 
  • Pasek Dukuh Subandi. 


5. Mpu Ragarunting berputra Mpu Wirarunting menurunkan Pasek Pasek Salahin, Pasek
Kubayan, Pasek Tutwan.
6. Mpu Preteka berputra Mpu Pretekayadnya menurunkan Pasek Preteka dan Pasek
Kubakal.
7. Mpu Dangka berputra Mpu Wiradangkya menurunkan Pasek Dangka, Pasek Gaduh,
Pasek Ngukuhin dan Pasek Penida
Babad dan Bhisama Bhatara Kawitan Pasek

Senin, 06 Februari 2023

Kriteria penilaian lomba membaca cerita beraksara Bali

Kriteria penilaian lomba membaca cerita beraksara Bali

1. Penghayatan : penghayatan dalam sebuah cerita bertujuan untuk menyampaikan isi dari cerita secara ekspresif.

2. Penampilan : kalau penghayatan ceritanya dapat, tapi penampilannya tidak menudukung sama saja dengan bohong kan. Jadi penampilan dalam bertutur cerita perlu diperhatikan.

3. Intonasi : sebuah cerita akan memiliki ruang di telinga dan hati para pendengar dengan intonasi nada yang tepat dan teratur. Sesuai dengan rima dari cerita itu.

4. Pelafalan : pelafaan sangat penting, pembedaan vokal dan konsonan yang dipertegas menyodorkan karakteristik cerita.

5. Vokal : tinggi rendah nada di atur di sini. Tak perlu keras-keras asal tepat dan lantang. Keras juga boleh tergantung isi cerita itu sendiri.

6. Mimik : kalau dari ke lima syarat di atas sudah terpenuhi, tanpa mimik atau ekspresi muka yang mendukung apa jadinya??

Drive Sekolah

https://drive.google.com/drive/folders/1CpjtpAWj2_CjY6t-XitIKPcKTnreYlVN

Minggu, 05 Februari 2023

Kreteria Lomba Baligrafi

Syarat dan Ketentuan Lomba Baligrafi
Oleh : I Gede Sugata Yadnya Manusia, S.S., M.Pd

Lomba baligrafi merupaka salah satu lomba yang paling sering diadakan dalam kegiatan bulan bahasa Bali. Membuat baligrafi gampang-gampang susah. Gampang untuk yang sudah sering membuat dan susah untuk yang baru pertama kali membuat. Baligrafi adalah kegiatan merangkai aksara bali agar menjadi suatu gambar/bentuk yang indah dan bermakna. 

Berikut ini syarat dan ketentuan lomba baligrafi.

Kreasi dan Inovasi Tanpa Batas!

Syarat dan Ketentuan Lomba Baligrafi

1.   Peserta merupakan siswa/i SMP Negeri 4 Abinasemal

2.   Masing-masing kelas mengirim 1 peserta (putra atau putri) 

3.   Peserta dilarang  membawa contoh (sejenisnya) Baligrafi pada saat perlombaan berlangsung 
    
4.   Peserta dilarang meminjam peralatan milik orang lain.

5.   Panitia tidak menyediakan cat air dan pensil

6.   Alat  yang digunakan adalah cat air , ATK  (boleh menggunakan lainnya, kecuali cetakan hiasan dll)

7.  Durasi mengerjakan maksimal  2 jam

9.   Pengerjaan di kerjakan pada kertas A3 yang telah di sediakan oleh panitia.

10. Pengerjaan dilakukan perorangan.

11. Tema Baligrafi ”Studetns Spenfourab Are Ceative and Innovative”

12. Peserta yang terlambat tidak akan diberi tambahan waktu pengerjaan.

13. Kriteria penilaian :
Kriteria atau rubik penilian penting untuk diperhatikan misalnya:
a. ketepatan kaidah dalam penggunaan aksara
b. kebersihan dan keindahan
c. kreativitas (keserasian warna dan ornamen/hiasan) dan keutuhan gambar secara utuh
14. Pelaksaan kegiatan lomba Kaligrafi :

Techincal Meeting :

Hari/Tanggal   : 

Pukul               : 08.00 – Selesai

Tempat            : 

Pelaksanaan Lomba :

Hari/Tanggal   : 

Pukul               : 07.30 – Selesai

Tempat            : 


CONTACT PERSON
HP. 

15.  PENDAFTARAN PESERTA 
   

Audensi

Om Swastiastu
Atur piuning titiang sane jagi arsa ngiring Ida Sinuhun audensi ke kantor Gubernur inggih punika:

1. Ida Sinuhun Putri
2. Ida Buruan
3. Ida Dharma (Pas dalem) 
4. Ida Kayusakti
5. Ida Rsi Renon
6. Ida Padang sumbu
7. Ida Bhawati Lumintang
8. I Gede Sugata Yadnya Manusia
9. Mangku Dimas
10. Jro Wiryalaksana

Duaning asapunika, ledang nunas sekali daging suwalapatra, inggian galah utawi perubahan jadwal saking Bapak Gubernur nanti titiang WA, matur suksma. 

Om Shanti, Shanti, Shanti Om

Rabu, 01 Februari 2023

Ketentuan – Lomba Dharma Wacana

Panduan Lomba Debat dan Dharma Wacana Agama Hindu I

======================================

Ketentuan UMUM

Lomba debat dan dharma wacana I ini akan diadakan selama 1 hari (satu hari).

A.     Jenis Lomba

1.      Debat Agama Hindu

·       Tingkat Siswa SMP

2.      Dharma Wacana Agama Hindu

·       Tingkat Siswa SMP


B.     Kehadiran di Lokasi Lomba

1.      Peserta diharapkan hadir 30 menit (tiga puluh menit) sebelum lomba dimulai dan akan diadakan pemanggilan 3 kali (tiga kali) jika tidak ada maka peserta dinyatakan gugur.

2.      Selama lomba berlangsung seluruh peserta tidak diperkenankan meninggalkan tempat lomba.

 

C.      Teknis Lomba

1.      Nomor tampil akan diadakan pengundian sebelum berjalannya lomba.

2.      Selanjutnya mengenai teknis lomba akan dibahas pada masing-masing lomba.

 

D.     Official

1.      Setiap peserta/lembaga yang mengikuti lomba didampingi oleh seorang pendamping yang nantinya akan bertanggungjawab terhadap peserta lomba.

2.      Pada setiap pelaksanaan official bertugas :

a.      Mendaftarkan peserta sekaligus menyelesaikan administrasinya.

b.      Mengikuti technical meeting.

c.      Menghubungi pihak panitia sesuai dengan keperluannya.

 

E.      Penetapan Pemenang

1.      Lomba Debat Agama Hindu

Juara I : regu yang memiliki nilai tertinggi

Juara II : regu yang memiliki nilai kedua tertinggi

Juara III : regu yang memiliki nilai ketiga tertinggi

2.      Lomba Dharma Wacana

Juara I : peserta yang memiliki nilai tertinggi

Juara II : peserta yang memiliki nilai kedua tertinggi

Juara III : peserta yang memiliki nilai ketiga tertinggi

 

 

F.      Pakaian dan Atribut

Pada saat lomba peserta dapat memilih pakaian nasional atau pakaian khas budaya daerah Bali dan atau sesuai kesepakatan saat technical meeting.

 

G.     Biaya Pendaftaran

Peserta dikenakan biaya pendaftaran sebesar

-         Lomba debat : Rp 45.000 (lima puluh ribu rupiah) per regu.

-         Lomba Dharma Wacana : Rp 15.000 (lima belas ribu rupiah) per peserta.

 


Ketentuan Khusus

A.    Lomba Dharma Wacana

 

I.        Babak Penyisihan

Peserta membuat naskah dharma wacana yang nantinya akan dinilai untuk menentukan peserta yang lolos ke babak selanjutnya. Peserta diharapkan membawa alat tulis secukupnya dan saat lomba berlangsung tidak diperkenankan pinjam meminjam alat dan jika meninggalkan tempat harus mendapat ijin dari pengawas lomba. Naskah dharma wacana ditulis/disusun oleh peserta lomba saat pelaksanaan lomba, dengan ketentuan :

a.      Ditulis tangan pada lembar yang telah dibagikan oleh panitia.

b.      Setiap naskah berisikan judul yang sesuai dengan tema.

c.      Penulisan disesuaikan dengan penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar (sesuai dengan kaidah penulisan bahasa Indonesia yang disempurnakan).

d.      Penulisan naskah dibatasi dengan waktu yaitu waktu penulisan selama 1,5 jam (90 menit).

e.      Jumlah halaman maksimal 3 (tiga) halaman folio.

f.       Nama dan nomor peserta dicantumkan pada halaman terakhir lembar jawaban.

g.      Panitia akan memberikan 5 tema untuk dipelajari peserta. Tema yang akan dilombakan adalah salah satu dari 5 tema yang telah diberikan oleh panitia. Tema diberitahukan bersamaan dengan pembagian lembar jawaban saat pelaksanaan babak penyisihan lomba Dharma Wacana dimulai.

h.      Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.

*catatan: Pada babak penyisihan jumlah peserta tidak dibatasi dan akan diseleksi 5 orang terbaik untuk lolos ke babak selanjutnya.

 

II.           Babak Final

Pedoman babak final Lomba Dharma Wacana:

1.      Peserta yang masuk ke babak final adalah sebanyak 5 orang untuk setiap kategori Tingkat Siswa SMP.

2.      Pada waktu penampilan peserta menyampaikan panganjali dan diakhiri dengan paramasanthi.

3.      Saat dharma wacana topik yang dipidatokan sesuai dengan naskah yang telah dibuat sebelumnya.

4.      Waktu yang diberikan untuk menyampaikan Dharma Wacana adalah maksimal 10 menit.

5.      Setelah penanda dibunyikan maka peserta diberikan kesempatan selama 2 menit untuk mengakhiri penyampaian dharma wacana. Jika penanda berbunyi sekali lagi maka peserta lomba berhenti berpidato.

6.      Waktu dimulai saat peserta mengucapkan salam pembuka dan waktu berakhir setelah peserta mengucapkan salam penutup.

7.      Peserta diijinkan membawa naskah yang telah dibuat sebelumnya.

8.      Peserta final dharma wacana menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan.

9.      Urutan peserta yang akan tampil akan diundi sebelumnya, yaitu sebelum babak final dimulai.

10.  Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.

 

III.         Kriteria Penilaian

 

A.           Babak Penyisihan

 

No

Kriteria yang Dinilai

Bobot

1

Naskah :

 

·       Teknik penulisan naskah dan sistematika penulisan naskah.

2

·     Isi / materi naskah

6

·     Penggunaan bahasa Indonesia dengan baik dan benar sesuai dengan EYD

2

 

TOTAL

10

 

B.           Babak Final

 

No

Kriteria yang Dinilai

Bobot

 

1

Kesesuaian pidato dengan Naskah :

2

 

2

Penampilan

1

·     Sikap

 

 

3

Ekspresi

1

·     Mimik

·     Penjiwaan

·     Gaya

 

4

Bahasa

3

·     Menggunakan kaidah-kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar

·     Lugas, tegas, jelas, pasih

 

5

Kemampuan menguasai audience

2

 

6

Ketepatan waktu

1

 

 

JUMLAH

10

 

IV.         Bagan Pertandingan

 

Babak

Penyisihan

 

Babak

Final

 

Juara I,II,III

 

 

 

 

 

A

 

 

 

 

B

 

 

 

 

C

 

 

 

 

D

 

B

 

 

E

 

D

 

D

F

Seleksi

E

Seleksi

E

G

 

G

 

K

H

 

K

 

 

I

 

 

 

 

J

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B.    Lomba Debat Agama Hindu

 

Debat yang digunakan adalah ‘debat kusir’ yaitu debat yang ditengahi oleh seorang moderator sehingga kedua regu yang sedang bertanding tidak langsung saling menyanggah tetapi tiap regu mengemukakan pendapatnya baik pro maupun kontra kepada moderator dan Tiap regu terdiri dari 3 (tiga) orang.

I.                   Babak Penyisihan

 

1.      Pada babak penyisihan lomba debat maksimal terdiri dari 16 regu

2.      Lomba akan diadakan jika peserta lomba minimal 8 regu.

3.      Masing-masing lembaga/perguruan tinggi hanya dapat mengirimkan satu regu. Jika peserta lomba masih kurang dari 16 regu dari batas waktu yang ditentukan maka tiap lembaga/perguruan tinggi dapat mengirimkan regu lebih dari satu sampai total regu yang mengikuti lomba berjumlah 16 regu dengan.

4.      Regu yang terdaftar merupakan regu yang paling awal/tercepat melakukan pendaftaran.

5.      Delapan regu yang menang pada babak penyisihan akan lolos kebabak perempat final.

6.      Pada babak penyisihan tiap regu mengambil undian untuk menentukan lawannya.

7.      Sebelum lomba debat dimulai tiap regu akan mengambil undian untuk menentukan posisi regunya apakah pro ataupun kontra terhadap tema/masalah yang diajukan oleh juri, tema/masalah tersebut nantinya diambil oleh juri secara acak dari berbagai tema/masalah yang telah disediakan panitia.

8.      Penyampaian pendapat akan didahului oleh regu yang bersifat pro kemudian ditanggapi oleh regu yang bersifat kontra setelah dipersilahkan oleh moderator.

9.      Moderator memimpin jalannya lomba debat.

10.  Pada babak penyisihan ini setiap regu yang bertanding diberikan waktu sebanyak 15 menit diawali oleh bunyi penanda dan diakhiri juga oleh bunyi penanda.

 

II.                 Babak Perempat Final

 

1.      Pada babak perempat final lomba debat agama Hindu ini terdiri dari 8 regu

2.      Empat regu yang menang pada babak perempat final akan lolos kebabak semi final

3.      Ketentuan lomba pada babak perempat final sama dengan babak sebelumnya (babak penyisihan)

 

III.               Babak Semi Final

 

1.      Pada babak semi final lomba debat terdiri dari 4 regu

2.      Dua regu yang menang pada babak semi final akan lolos kebabak final untuk menentukan juara I dan II ; dan 2 regu yang kalah akan menentukan juara III.

3.      Ketentuan lomba pada babak semi final sama dengan babak sebelumnya (babak perempat final)

 

IV.              Babak Final

 

1.      Pada Babak final akan menentukan juara I, II, dan III lomba debat agama Hindu

2.      Penentuan juara III akan dilaksanakan terlebih dahulu kemudian perebutan juara I dan II.

3.      Sebelum lomba debat dimulai tiap regu akan mengambil undian untuk menentukan posisi regunya apakah pro ataupun kontra terhadap tema/masalah yang diajukan oleh juri, tema/masalah tersebut nantinya diambil oleh juri secara acak dari berbagai tema/masalah yang telah disediakan panitia.

4.      Penyampaian pendapat akan didahului oleh regu yang bersifat pro kemudian ditanggapi oleh regu yang bersifat kontra setelah dipersilahkan oleh moderator.

5.      Pada babak penyisihan ini setiap regu yang bertanding diberikan waktu sebanyak 20 menit diawali oleh bunyi penanda dan diakhiri juga oleh bunyi penanda.

 

V.                Kriteria Penilaian

 

No

Kriteria yang Dinilai

Bobot

1

Penyampaian Pendapat

2

·     Sikap

·     Intonasi

·     Komunikaitif dengan lawan bicara

 

2

Kemampuan mempertahankan pendapat

3

·     Alasan logis

·     Sumber Data

·     Meyakinkan Pendengar

 

3

Bahasa

2

·     Menggunakan kaidah-kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar

·     Tidak berbicara kasar/ tidak sopan

·     Jelas, lugas, tegas dan pasih

 

4

Kemampuan menguasai materi/topik yang didebatkan

3

·     Merespon argumen pro maupun kontra dengan cepat

 

TOTAL

10

 

VI.              Bagan Pertandingan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

A

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

I

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

P

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

A

vs

I

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

H

vs

P

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

A

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

I

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

H

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

P

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

A

 

 

 

 

 

 

H

 

 

 

 

 

 

 

I

 

 

 

 

 

 

P

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

A

 

 

D

 

 

E

 

 

H

 

 

 

I

 

 

L

 

 

M

 

 

P

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

A

B

 

 

C

D

 

 

E

F

 

 

G

H

 

 

 

I

J

 

 

K

L

 

 

M

N

 

 

O

P